Advertorial

PEM Akamigas Siap Cetak Lulusan Berkualitas untuk Wujudkan Kemandirian Energi

Kompas.com - 23/03/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas memasuki masa penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Adapun proses pendaftaran mahasiswa sudah dibuka mulai dari 15 Maret hingga 15 April 2022.

Wakil Direktur I PEM Akamigas Erdila Indriani mengatakan bahwa pada tahun akademik 2022/2023, PEM Akamigas membuka kuota mahasiswa baru sebanyak 300 orang untuk lima program studi.

Adapun rinciannya, yakni Teknik Produksi Minyak dan Gas dengan kuota 50 orang, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas 60 orang, Teknik Instrumentasi Kilang 60 orang, Teknik Mesin Kilang 65 orang, dan Logistik Minyak dan Gas 60 orang.

“Jurusan tersebut terbuka untuk calon mahasiswa berlatar lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliah (MA) IPA, serta sekolah menengah kejuruan (SMK) Teknik dengan tahun lulus selambat-lambatnya 2020 hingga 2022,” kata Erdila dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Penerimaan mahasiswa pada tahun akademik 2022/2023, lanjut Erdila, berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, proses penerimaan mahasiswa menggunakan aplikasi Seleksi Nasional (Selena).

Dengan demikian, proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran, pembayaran, hingga proses ujian.

Erdila menambahkan bahwa tidak ada kenaikan biaya pendaftaran dan uang kuliah tunggal di PEM Akamigas pada tahun ajaran saat ini.

“Kami juga juga masih menyediakan beasiswa dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) dan kurang mampu,” ujarnya.

Terkait sertifikasi, Erdila mengatakan bahwa lulusan PEM Akamigas dibekali dengan sertifikat lolos uji kompetensi sesuai bidang keilmuan masing-masing. Sebagai contoh, sertifikasi lolos uji kompetensi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan uji bahasa Inggris atau TOEFL.

Sertifikasi tersebut berguna bagi mahasiswa sebagai modal untuk masuk ke dunia kerja, terutama di bidang industri minyak dan gas bumi (migas). Hal ini sekaligus membuktikan bahwa alumni PEM Akamigas sudah tidak perlu lagi diragukan kompetensinya di dunia kerja.

“Saat ini, banyak alumni PEM Akamigas yang langsung diterima di industri migas nasional dan internasional. PEM Akamigas selalu siap menghasilkan lulusan berkualitas untuk mewujudkan energi dalam negeri yang unggul,” kata Erdila.

Sebagai informasi, PEM Akamigas merupakan perguruan tinggi vokasi yang menganut sistem pembelajaran full day school dan berasrama. Sistem pembelajaran di perguruan tinggi ini menekankan bobot pada aspek praktik yang mencapai 60 persen dan teori 40 persen.

Lulusan PEM Akamigas akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan atau STr. Gelar ini setara dengan Strata 1 (S1).

Seluruh persyaratan mahasiswa baru di PEM Akamigas telah diatur dalam Edaran nomor 01.Ed/DL.10.03/BPP/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Tahun Akademik 2022/2023.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PEM Akamigas, calon pendaftar bisa mengunjungi laman https://pmb.akamigas.ac.id/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com