Advertorial

Dorong UMKM Naik Kelas, PNM Selenggarakan Mandalika Experience EXPO 2022

Kompas.com - 24/03/2022, 15:45 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyelenggarakan Mandalika Experience EXPO 2022 di Area Parkir Timur Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Acara tersebut ditujukan untuk mengenalkan dan menjual produk dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nasabah PNM Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) dan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Selain mengenalkan dan menjual produk, PNM juga menggelar pendampingan bagi pelaku UMKM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Hal ini dilakukan agar UMKM yang terbina dapat unggul, tangguh, dan inovatif sehingga bisa naik kelas.

Harapannya, pendampingan dari PNM dapat memberikan bekal pengetahuan baru yang bisa berdampak kepada nasabah PNM Mekaar.

Adapun produk UMKM binaan PNM yang ditampilkan meliputi aneka minuman, seperti daun teh kelor oleh nasabah PNM ULaMM Cabang Mataram dan olahan rumput laut oleh nasabah PNM Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Pameran tersebut juga menampilkan berbagai kerajinan dari UMKM binaan PNM, seperti ketak oleh nasabah PNM ULaMM Cabang Praya, kain tenun oleh nasabah PNM Mekaar Cabang Pujut, tas tali kur oleh nasabah PNM PKBL, lampu hias pelepah kelapa oleh nasabah PNM PKBL, bambu oleh nasabah PNM PKBL, serta usaha serbat jahe merah oleh nasabah PNM ULaMM Cabang Narmada.

Selama penyelenggaraan Mandalika Experience Expo 2022, omzet penjualan UMKM binaan PNM mencapai Rp 200.000 per hari.

Pameran yang diselenggarakan PNM Cabang Mataram, NTB, tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PNM Arief Mulyadi, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PNM Kindaris, dan Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki.

Selanjutnya, Direktur Utama PNM Investment Management (IM) Bambang Siswaji, Direktur Utama PNM Venture Capital (VC) Rahfie Syaefulshaaf, serta Sekretariat Perusahaan L Dodot Patria Ary.

Sebagai informasi, hingga 21 Maret 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 117,19 triliun kepada 11,5 juta nasabah PNM Mekaar

Saat ini, PNM memiliki 3.193 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia. Kantor ini melayani UMKM di 34 Provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PNM, Anda bisa mengunjungi laman www.pnm.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com