Advertorial

Gandeng IIWAS dan TRISENSES, Kemendagri Luncurkan Gerakan #Gilasampah di Bali

Kompas.com - 24/03/2022, 16:52 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkolaborasi dengan Indonesia International Waste Expo (IIWAS) dan TRISENSES untuk meluncurkan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Sampah (#Gilasampah) di Bali.

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Keamanan dan Hukum Sang Made Mahendra Jaya mengatakan, gerakan tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan Tim Pendamping Percepatan Penanganan Sampah di Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan (Sarbagita). 

Tim tersebut, lanjutnya, melakukan pemetaan terkait dengan potensi dan permasalahan-permasalahan sampah yang perlu diatasi menjelang pelaksanaan Group of Twenty (G20) di Bali.

“Permasalahan penumpukan sampah perlu diatasi menjelang pelaksanaan G20 di Bali. Jika lingkungan terlihat bersih, kearifan lokal di Bali menjadi lebih asri dan memesona,” ujar Mahendra dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (24/3/2022).

Sementara itu, Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga menyampaikan bahwa gerakan #Gilasampah dapat menjadi inovasi untuk mengatasi masalah sampah yang terjadi di daerah lain.

“Kami sedang menciptakan sebuah gerakan sosial dengan tagar #Gilasampah di kawasan Sarbagita,” ujar Kastorius.

Kegiatan #Gilasampah akan mempertemukan pemerintah, pelaku usaha, organisasi nirlaba (NGO), akademisi, dan masyarakat dalam rangka percepatan penanganan sampah di kawasan Sarbagita, Bali. 

#Gilasampah diharapkan dapat menjadi sumber penghidupan yang menghasilkan peluang usaha untuk masyarakat Bali di tengah pandemi Covid-19.

Adapun acara puncak #Gilasampah akan berlangsung pada Selasa (12/4/2022) hingga Rabu (13/4/2022) di Park 23 Mall, Badung, Bali. 

Acara tersebut terdiri dari serangkaian kegiatan, mulai dari talk showpodcastworkshop, hingga pertunjukan budaya seni musik dan karya visual.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com