Advertorial

Bersama Holding UMi, PNM Dorong Penciptaan Inklusi Keuangan lewat Kultur Brigade Madani

Kompas.com - 24/03/2022, 20:29 WIB

KOMPAS.com PT Permodalan Nasional Madani (PNM) secara konsisten menyalurkan pembiayaan dan pengembangan kapasitas usaha para nasabahnya di seluruh Indonesia.

PNM memiliki visi untuk memeratakan akses, menyalurkan pembiayaan dan memberdayakan nasabah, serta menciptakan inklusi keuangan.

Perseroan pun bersinergi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Pegadaian melalui holding ultra mikro (UMi). Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan perluasan jaringan dan layanan yang lebih komprehensif untuk masyarakat.

Untuk itu, ketiga perusahaan tersebut melakukan kegiatan roadshow bertajuk “Internalisasi dan Sosialisasi Kultur Brigade Madani” di Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa (22/3/2022).

Sebagai informasi, Brigade Madani merupakan akronim dari BRI, Pegadaian (Gade), dan Madani. Kultur ini merupakan wujud dari kolaborasi ketiga perusahaan yang menjadi salah satu strategi untuk mencapai pemerataan akses pembiayaan, pemberdayaan, dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Roadshow tersebut dihadiri oleh Direktur Bisnis PT PNM Tjatur H Priyono, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, serta Direktur Jaringan dan Penjualan PT Pegadaian Damar Latri Setiawan.

Sosialisasi kultur Brigade Madani menghadirkan layanan unit kerja (uker) Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum). Layanan ini diharapkan mampu mendorong pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) serta UMi agar lebih berkembang.

Tjatur H Priyono mengatakan, PNM merupakan perusahaan yang paling muda di antara perusahaan lain yang terlibat dalam holding UMi.

“Proses penyaluran pembiayaan, pemberdayaan, dan pengembangan kapasitas usaha yang PNM salurkan selama ini akan makin optimal dengan efisiensi proses bisnis serta jangkauan layanan yang semakin lengkap melalui uker Senyum,” ujar Tjatur dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (24/3/2022).

Untuk diketahui, uker Senyum merupakan unit kerja holding UMi yang menyediakan layanan dengan konsep co-location untuk mengakses layanan ekosistem UMi.

Rangkaian kegiatan internalisasi dan sosialisasi kultur Brigade Madani, kata Tjatur, bertujuan untuk menyelaraskan budaya dan entitas ketiga perusahaan. Hal ini dilakukan agar proses kolaborasi dapat lebih optimal.

Sementara itu, Damar Latri Setiawan mengatakan, ketiga perusahaan menginginkan kolaborasi yang dilakukan terus menjadi besar. Hal ini perlu dilakukan agar proses bisnis yang tercipta dapat makin efisien.

Holding UMi tentunya menjadi manfaat bagi masyarakat Indonesia. Sebanyak 1.000 lokasi uker Senyum bisa digunakan bersama-sama karena adanya kolaborasi ketiga entitas yang tergabung,” tutur Damar.

Sebagai informasi, hingga Selasa (22/3/2022), PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 117,69 triliun kepada 11,5 juta nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Saat ini, PNM memiliki 3.673 kantor layanan yang melayani UMK di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan di seluruh Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com