Advertorial

Kenali Jenis Kaca Berkualitas untuk Interior dan Eksterior, Mulai dari Tempered hingga Patri

Kompas.com - 25/03/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com – Kaca merupakan salah satu material penting untuk diaplikasikan pada suatu bangunan, baik gedung perkantoran maupun rumah. Selain berfungsi sebagai efek cermin, kaca memungkinkan cahaya dapat masuk ke dalam ruangan.

Untuk diketahui, material padat bening transparan tersebut biasanya dipasang pada pintu, jendela, dinding, kanopi, dan shower box.

Hal itu bertujuan untuk meneruskan cahaya matahari ke dalam bangunan. Dengan begitu, pengguna dapat menghemat energi karena ruangan tetap terang pada siang hari meski tanpa menggunakan lampu.

Dengan adanya kaca, tampilan interior dan eksterior suatu bangunan juga tampak lebih mewah dan elegan. Kaca juga memberikan kenyamanan dan keamanan.

Melihat pentingnya kaca untuk interior dan eksterior, Anda perlu memahami jenis-jenis kaca yang bisa diterapkan pada bangunan.

Berikut Kompas.com rangkumkan jenis-jenis kaca yang perlu diketahui.

Kaca tempered

Kaca tempered merupakan salah satu jenis kaca yang aman. Pasalnya, kaca jenis ini lima kali lebih kuat dan tahan lama daripada kaca biasa.

Bila kaca tempered pecah, hasil pecahannya berbentuk seperti butiran jagung dan tidak tajam sehingga tidak membahayakan manusia. Karenanya, kaca jenis ini cocok digunakan untuk material interior.

Untuk diketahui, kaca tempered lebih kuat karena pembuatannya melalui proses pemanasan dengan suhu mencapai 700 derajat Celcius.

Selain lebih kuat, kaca tempered  juga tahan terhadap perubahan suhu, tekanan air, dan beban angin. Kaca ini cocok digunakan untuk shower box, pintu kaca, dan railing tangga.

Kaca laminated

Kaca berkualitas berikutnya adalah kaca laminated. Kaca ini cocok diterapkan untuk kanopi, boks toko, anak tangga, balkon, dan skylight.

Kaca laminated pun diklaim lebih aman dan kuat karena memiliki lapisan lembaran film, seperti EVA, PVB, dan SGP.

Lapisan lembaran film tersebut berguna untuk menahan permukaan kaca agar tidak mudah pecah saat terbentur. Lapisan tersebut membuat kaca tetap menempel dan sulit untuk ditembus serta mengurangi intensitas panas matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Kaca patri

Kaca patri merupakan potongan kaca warna warni yang membentuk satu kesatuan. Proses perakitannya menggunakan timah atau kuningan sehingga proses perekatannya lebih kuat.

Kaca jenis tersebut biasanya digunakan untuk hiasan bagunan, seperti rumah ibadah dan tempat bersejarah atau museum.

Nah, itulah jenis-jenis kaca berkualitas yang bisa diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan, baik perkantoran, rumah, museum, maupun tempat ibadah.

Untuk mendapatkan kaca berkualitas seperti di atas, Anda bisa mencari di toko tepercaya seperti di Toko Kaca Medan Elite Art Glass.

Untuk diketahui, toko kaca terbesar di Kota Medan tersebut menawarkan produk kaca dengan kualitas terbaik. Tak hanya itu, Toko Kaca Medan Elite Art Glass menyediakan layanan pemasangan berbagai jenis kaca berkualitas dengan standar British dan Eropa.

Anda yang berdomisili di Medan dan sekitarnya, bisa mengunjungi Toko Kaca Medan Elite Art Glass untuk mendapatkan produk art glass dengan kualitas terbaik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com