Advertorial

Pertamina Ajak Generasi Muda Kolaborasi Sukseskan Transisi Energi di Indonesia

Kompas.com - 26/03/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dalam menyukseskan transisi energi di Indonesia.

Ajakan itu sesuai dengan mandat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif yang disampaikan dalam Youth Forum Energy Transitions inisiasi Energy Transitions Working Group (ETWG) di Yogyakarta, Jumat (25/3/2022).

Arifin mengatakan, Indonesia kaya akan sumber daya alam yang dapat dijadikan energi fosil dan sumber energi baru terbarukan (EBT). Namun, negara ini belum punya teknologi untuk mengelolanya.

“Karena itu, generasi muda harus punya kreativitas agar mampu melahirkan inovasi dan teknologi yang bermanfaat bagi masa depan, khususnya dalam transisi energi,” imbuhnya.

Senior Vice President (SPV) Research and Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, pihaknya telah menyediakan berbagai wadah bagi generasi muda untuk berinovasi dan mengembangkan energi.

Pertama, Kompetisi Sobat Bumi. Oki menjelaskan program ini merupakan praktik dan riset penemuan serta pengembangan teknologi. Pelaksanaannya terbagi ke dalam dua kategori, yaitu inovasi EBT dan sains guna mengatasi isu energi di Tanah Air.

Kedua, Pertamuda adalah kompetisi ide bisnis untuk wirausaha muda Indonesia di bidang energi dan nilai komersial berkelanjutan. 

“Pertamuda 2022 mengusung tema utama isu lingkungan yang sejalan dengan isu climate change pada G20 di Bali. Kurasi dilakukan secara digital dengan melibatkan juri eksper. Berbagai beasiswa pun disediakan dalam kompetisi ini. Salah satunya, seperti Pertamina Sobat Bumi,” jelas Oki melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/3/2022).

Program inovasi dan pengembangan bagi generasi muda selanjutnya adalah Pertamina Xscout. Oki menuturkan, program ini merupakan ajang kolaborasi pengembangan bisnis antara Pertamina dan para inovator di bidang EBT, petrokimia, dan teknologi.

Ia menambahkan bahwa program Pertamina XScout terbuka sepanjang tahun. Bagi perusahaan rintisan di bidang energi yang ingin berpartisipasi, bisa mendaftar melalui laman https://ptm.id/pertamina.xscouts

“Mari bergabung dan berkolaborasi bersama Pertamina untuk mewujudkan masa depan energi Indonesia yang lebih bersih dan ramah lingkungan,” ajak Oki.

Percepatan transisi energi berkelanjutan juga diupayakan Pertamina di lingkup internalnya. Melalui divisi Research and Technology Innovation (RTI), perseroan terus mengembangkan inovasi dan teknologi energi.

Sebagai informasi, Youth Forum Energy Transitions merupakan rangkaian kegiatan G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada Oktober-November 2022. Dalam acara tersebut, Task Force Energy, Sustainability and Climate (ESC) menjalin kerja sama dengan Pertamina dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Society of Renewable Energy (SRE).

Kemitraan tersebut dikemas dalam program Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Go Gerilya), dengan aksi nyata memasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di 10 Desa Energi Berdikari Pertamina.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com