Advertorial

Booth UMKM Binaan Pertamina Hadirkan Promo Menarik dan Lucky Dip pada INACRAFT Reborn 2022

Kompas.com - 27/03/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memberikan promo menarik kepada pengunjung booth usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mitra binaannya pada event Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022.

Promo tersebut berupa diskon hingga 20 persen dan pemberian kupon Lucky Dip untuk setiap pembelian produk minimal Rp 500.000 di seluruh booth UMKM Pertamina di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC).

Sebagai informasi, INACRAFT 2022 berlangsung sejak Rabu (23/3/2022) hingga Minggu (27/3/2022). Sampai hari ketiga penyelenggaraan, acara tersebut sudah didatangi lebih dari 9.000 pengunjung.

Sepanjang penyelenggaraan INACRAFT, hasil positif telah dirasakan pada booth UMKM binaan Pertamina. Pasalnya, terdapat banyak pengunjung yang hadir dari pagi hingga malam hari.

Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, tujuan Pertamina mengikutsertakan 24 mitra binaannya pada ajang INACRAFT 2022 adalah untuk mendukung pelaku UMKM.

Selain itu, Pertamina juga ingin membantu mereka agar dapat meningkatkan daya saing produknya.

"Kegiatan ini juga berguna untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk UMKM binaan Pertamina ke masyarakat, baik dalam maupun luar negeri," ujar Fajriyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Terkait voucer, tambah Fajriyah, pihaknya telah menyediakan saldo LinkAja hingga puluhan juta rupiah.

“Voucer tersebut nantinya akan diundi. Pengunjung akan mendapatkan hadiah berupa saldo dari LinkAja,” jelas Fajriyah

Salah satu mitra UMKM binaan Pertamina yang menjual produk batik Bantul, Budi Harjana, mengatakan bahwa dirinya sangat senang dapat berpartisipasi di ajang INACRAFT untuk pertama kalinya.

Pada hari pertama INACRAFT, Budi sudah mendapat pelanggan dari Jakarta yang biasa memasarkan batik di Senayan City.

“Sebanyak 150 potong batik langsung diborong. Hari ini, saya juga mendapatkan pembeli yang berasal dari Australia. Dia beli 10 potong dengan 10 motif sampel kain batik pewarna alami. Dia juga berjanji akan datang ke rumah produksi di Yogyakarta setelah gelaran INACRAFT 2022 selesai," kata Budi.

Budi Harjana yang mendapatkan pembeli dari Australia di INACRAFT 2022. Dok. Pertamina Budi Harjana yang mendapatkan pembeli dari Australia di INACRAFT 2022.

Budi berharap, pembeli asal Australia tersebut segera datang ke Yogyakarta dan menjadi pelanggan tetap untuk produknya. Ia juga tak lupa berdoa agar peserta UMKM binaan Pertamina lainnya mendapatkan pelanggan.

Hal serupa juga dirasakan pemilik Monalisa Collection, Ros. Ia pun bersyukur bisa mengikuti salah satu ajang pameran produk ekonomi kreatif terbesar di Indonesia.

Ia mengatakan bahwa produk usahanya yang terbuat dari karung goni, seperti sepatu, tas, dan suvenir, terinspirasi dari pakaian orangtuanya.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena selain belanja langsung, pesanan juga banyak,” tutur Ros.

Ros pun menceritakan awal mula ia mendirikan Monalisa Collection. Seluruh produk fesyennya, seperti sepatu, tas, dan suvenir terbuat dari karung goni. Bahan ini dipilih karena terinspirasi dari pengalaman orangtuanya.

Menurutnya, pakaian berbahan karung goni sering digunakan oleh orangtuanya saat zaman pendudukan Jepang,

Ros yang tengah melayani pembeli di acara INACRAFT 2022 Dok. Pertamina Ros yang tengah melayani pembeli di acara INACRAFT 2022

“Karung goni dapat diolah dan disterilkan agar menjadi halus dan tidak menimbulkan gatal. Terbukti, saat ini, produk saya sudah dikenal karena unik dan elegan,” papar Ros.

Demi menarik minat pengunjung, Pertamina tak hanya memberikan diskon kepada pengunjung, tetapi juga menyediakan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui implementasi program-program berbasis environmental, social, and governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya.

Hal tersebut merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan untuk mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMKM dan semangat energizing your future, Pertamina ingin menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi, baik energi yang menjadi bahan bakar maupun energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Tak ketinggalan, Pertamina juga selalu berupaya untuk mendorong setiap UMKM mitra binaan agar menjadi naik kelas dan go global.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com