Advertorial

Rayakan HUT Ke-7, HKI Terapkan Semangat Proaktif dan Produktif dalam Bangun Infrastruktur

Kompas.com - 28/03/2022, 08:21 WIB

KOMPAS.com – PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) genap berusia 7 tahun pada Jumat (25/3/2022). Selama 7 tahun berdiri, anak usaha BUMN karya ini sudah membangun sejumlah infrastruktur untuk kemajuan bangsa.

Tercatat, sejak 2015, HKI berhasil membangun sejumlah jalan tol di Jawa. Pada 2017, HKI telah menyelesaikan Tol Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 sepanjang lebih kurang 11 kilometer (km). Pada 2018, HKI juga sudah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Palembang-Indralaya sepanjang 22 km dan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono Seksi II sepanjang 19 km.

Kemudian, pada 2019, HKI berhasil menyelesaikan Jalan Tol Cinere Jagorawi Seksi II sepanjang 5 km. HKI juga menjadi pendiri tol pertama di Bumi Lancang Kuning, sebutan Provinsi Riau, yang menghubungkan Pekanbaru dan Dumai. Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km merupakan tol dengan tingkat kompleksitas tinggi.

Selanjutnya, pada 2021, HKI berhasil menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1. Tol Binjai-Pangkalan Brandan Zona 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 11,3 km yang telah diselesaikan HKI di akhir tahun lalu pun diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Februari 2022

Hingga saat ini, HKI sedang melanjutkan pengerjaan lima seksi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS). Kelimanya adalah Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brendan Zona 2-4 sepanjang 46 km, Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung 11,6 km, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km, Jalan Tol Padang-Sicincin sepanjang 37 km, serta Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 km.

Adapun pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7, HKI mengusung tema “Proaktif dan Produktif”. Tema tersebut juga merupakan semangat yang dijunjung oleh HKI dalam menyelesaikan pembangunan sejumlah seksi JTTS serta menjalankan strategi perusahaan yang telah dicanangkan. Dengan tema tersebut, HKI juga berupaya menghadirkan kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan di luar infrastruktur yang dibangun.

Gerbang Tol BengkuluDok. PT Hutama Karya Infrastruktur Gerbang Tol Bengkulu

Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan, pihaknya telah menetapkan sejumlah strategi sepanjang 2022. Strategi ini terdiri atas fokus portofolio champion road and related building, penetrasi pasar kontrak baru non-JTTS, peningkatan produktivitas dan mutu, serta investasi pada proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

Kemudian, mendukung persiapan JTTS tahap II, penerapan teknologi konstruksi untuk menciptakan nilai tambah, implementasi enterprise resources planning (ERP) dan building information modeling (BIM), digitalisasi proses bisnis, penerapan lean organization dengan diikuti peningkatan kompetensi champion, serta penerapan manajemen risiko menuju maturity level 3.

“Saat ini, HKI memang masih menyelesaikan sejumlah seksi JTTS. Namun, secara bersamaan, kami juga tengah berupaya untuk melakukan ekspansi pasar non-JTTS,” tutur Prasetyanti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (27/3/2022).

Pada 2022, HKI akan fokus menyelesaikan pembangunan JTTS Seksi Bengkulu-Taba Penanjung dan JTTS Seksi Pekanbaru-Bangkinang. Per Jumat (11/3/2022), pembangunan konstruksi JTTS Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sudah mencapai 98 persen dengan kecepatan rencana 80 km per jam. Progress konstruksi JTTS Seksi Pekanbaru-Bangkinang, tepatnya stasioning (STA) 9+000-40+000, mencapai 96,4 persen dengan kecepatan rencana 80 km per jam.

Selain hadir membangun infrastruktur, HKI juga terus berupaya menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat di sekitar proyek-proyek HKI.

Program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) terus dilaksanakan, termasuk dalam rangka HUT ke-7 HKI. Pada kesempatan ini, HKI telah melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat serta penanaman pohon di sekitar proyek JTTS yang tengah dikerjakan. Ke depannya, HKI akan berupaya menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat sesuai dengan sustainable development goals (SDGs) di bidang sosial dan lingkungan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com