Advertorial

LASIK Efektif Bantu Pulihkan Mata, Bagaimana Prosedurnya?

Kompas.com - 28/03/2022, 14:25 WIB

KOMPAS.com – Pengguna kacamata kerap mengalami kesulitan dalam bergaya hidup aktif. Saat beraktivitas sehari-hari, kacamata harus dilepaskan berkali-kali. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan.

Sebagian pengguna kacamata memilih memakai lensa kontak untuk mengatasi masalah tersebut. Meski dapat menunjang penampilan, lensa kontak tidak bisa dipakai sepanjang hari.

Sebab, penggunaan lensa kontak yang terlalu sering dapat mengakibatkan masalah pada mata, seperti konjungtivitis atau peradangan pada selaput mata, keratitis, mata kering, dan luka pada kornea.

Sebenarnya, ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah penglihatan. Cara tersebut adalah dengan melakukan prosedur laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK) yang menggunakan teknologi excimer laser.

Sebagai informasi, LASIK merupakan prosedur bedah untuk mengobati kelainan refraksi pada mata secara permanen, seperti rabun jauh (mata minus), rabun dekat (mata plus), dan mata silinder (astigmatisme). Prosedur ini dilakukan dengan cara mengubah ketebalan dan kelengkungan kornea.

Adapun LASIK dapat efektif membantu mengobati kelainan refraksi rabun jauh hingga -12 dioptri, rabun dekat hingga 8 dioptri, dan mata silinder hingga +/- 6 dioptri.

LASIK memiliki dua metode, yakni menggunakan pisau khusus dan tanpa pisau.

Penggunaan pisau pada prosedur LASIK cenderung lebih disukai karena memiliki tingkat efektivitas yang jauh lebih tinggi. Namun, seiring perkembangan teknologi, penggunaan pisau pun mulai digantikan oleh alat yang lebih canggih. Contohnya, metode LASIK yang terdapat pada Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare.

Untuk diketahui, KMN EyeCare adalah klinik spesialis perawatan dan pengobatan mata yang menyediakan layanan LASIK dengan teknologi laser tanpa pisau. Metode tersebut telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Saat melakukan operasi, KMN EyeCare menggunakan alat femtosecond laser dan excimer laser agar dapat memberikan hasil yang lebih presisi dan akurat tanpa rasa sakit.

Prosedur berstandar internasional

Sebagai prosedur bedah, LASIK harus dilakukan secara cermat dan mengikuti standar yang berlaku. Di KMN EyeCare, prosedur LASIK dijalankan dengan standar internasional.

Tak hanya itu, dokter mata juga akan memastikan pasien memenuhi sejumlah kriteria secara medis. Semua kriteria tersebut harus dipenuhi tanpa pengecualian.

Jika semua kriteria tersebut tidak terpenuhi, maka dokter mata tidak dibolehkan untuk melanjutkan rencana tindakan terhadap pasien.

Di KMN EyeCare, prosedur tersebut wajib ditaati karena sangat menentukan pemulihan penglihatan dan keamanan pasien.

Bagi yang ingin melakukan operasi LASIK, pasien harus terlebih dahulu menjalankan pemeriksaan. Hal ini bertujuan agar tim dokter mendapatkan informasi detail mengenai kondisi mata pasien. Sebab, kondisi dan karakteristik mata tiap orang berbeda.

Sebagai contoh, dua orang dengan mata minus yang sama belum tentu membutuhkan tindakan LASIK yang sama pula.

Proses operasi LASIK sendiri biasanya berjalan singkat. Suasana di ruangan LASIK pun juga lebih santai dan bersahabat.

Selain itu, pasien juga tak memerlukan rawat inap. Seusai mendapatkan tindakan, pasien pun bisa segera kembali ke rumah dengan kondisi mata yang lebih baik.

Hal tersebut berkebalikan dengan suasana ruang operasi pada umumnya yang dipenuhi beragam peralatan medis dan cenderung menegangkan.

Sebelum tindakan, dokter akan memberikan bius lokal yang diberikan melalui obat tetes mata. Dengan bius tersebut, pasien akan tetap sadar selama tindakan tanpa merasakan sakit sama sekali.

Jika berlangsung lancar, prosedur LASIK di KMN EyeCare berlangsung sekitar 20 menit.

Setelah melakukan prosedur LASIK, mata langsung dapat melihat dengan sempurna tanpa alat bantu apa pun.

Selain menggunakan teknologi terbaru dan pelayanan berstandar internasional, KMN EyeCare juga menyajikan berbagai fasilitas pendukung yang unggul dan nyaman.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tak heran bahwa banyak figur publik memercayakan pengobatan matanya di KMN EyeCare.

KMN EyeCare menyadari bahwa mata adalah salah satu organ terpenting bagi seseorang. Oleh karena itu, para tenaga medis profesional di KMN EyeCare selalu mengupayakan kenyamanan dan keamanan pasien.

Tak hanya itu, KMN EyeCare juga selalu berupaya untuk menghadirkan pengalaman LASIK yang menyenangkan dan aman dengan kualitas terbaik.

Untuk menepis keraguan mengenai prosedur LASIK, seluruh elemen pada KMN EyeCare, baik dokter mata maupun petugas lain siap menjawab segala pertanyaan yang diajukan pasien.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KMN EyeCare, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com