Advertorial

Pertamina DPPU Sepinggan Berikan Vaksinasi Gratis untuk Lansia

Kompas.com - 28/03/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com – Salah satu sub unit bisnis pengisian bahan bakar pesawat udara, Pertamina Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan, mendukung Pemerintah membentuk herd immunity dalam menghadapi pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi masyarakat lanjut usia (lansia).

Sejalan dengan upaya tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan yang menaungi DPPU Sepinggan juga memberikan dukungan kesehatan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Sepinggan.

Hal tersebut dilakukan melalui pemberian bantuan extra fooding dan dukungan alat kesehatan, seperti vitamin, masker dan hand sanitizer.

Dukungan vaksinasi Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina DPPU Sepinggan dilakukan bersama Dinas Kesehatan Balikpapan untuk menyasar kaum lansia di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Pasalnya, pencapaian vaksinasi lansia di Balikpapan masih berkisar 80 persen.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk mempercepat vaksinasi. Tujuannya, untuk mempercepat herd immunity sekaligus mendukung pemulihan ekonomi masyarakat.

Sebagai informasi, vaksinasi difokuskan menyasar lansia yang berada di sekitar ring 1 DPPU Sepinggan. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan puskesmas Sepinggan dan bertempat di Puskesmas tersebut pada Sabtu (26/3/2022).

Sebanyak lebih dari 350 masyarakat di ring 1 DPPU Sepinggan terlibat dalam vaksinasi tersebut, baik lansia maupun masyarakat umum.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung kegiatan vaksinasi lansia hasil kolaborasi corporate social responsibility (CSR) Pertamina DPPU Sepinggan.

Program vaksinasi untuk lansia yang dilakukan oleh Pertamina DPPU Sepinggan.DOK. Pertamina Program vaksinasi untuk lansia yang dilakukan oleh Pertamina DPPU Sepinggan.

Ia berharap, kegiatan tersebut berkontribusi terhadap pemerintah untuk percepatan vaksinasi. Terlebih, pencapaian vaksinasi lansia di sana masih 80 persen partisipasinya ketimbang vaksinasi umum yang sudah menjangkau 100 persen.

“Vaksinasi lansia menjadi penting karena jika sampai lansia dengan komorbid terkena Covid-19, bisa menjadi risiko berat. Untuk itu, mari sukseskan vaksinasi lansia yang dilaksanakan bekerja sama dengan CSR Pertamina DPPU Sepinggan,” kata Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Apresiasi juga disampaikan oleh Lurah Sepinggan Bambang Subagya yang mewakili 3 kelurahan di sekitar ring 1 DPPU Sepinggan. Menurutnya, vaksin booster dapat mendukung kesehatan masyarakat dalam mencegah terpapar virus Covid 19.

“Saya berterima kasih kepada DPPU Sepinggan atas seluruh bantuan dan dukungan dari perusahaan, khususnya untuk masyarakat yang berada di ring 1 perusahaan”, tutur Bambang.

Apresiasi untuk penerima vaksin

Selain memberikan vaksinasi, Pertamina DPPU Sepinggan juga memberikan paket sembako untuk lansia berusia di atas 60 tahun yang mengikuti vaksinasi. Pertamina DPPU Sepinggan menyediakan 100 paket sembako untuk 100 lansia yang mendaftar.

Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat kalangan lansia untuk divaksin. Pemberian paket sembako juga diberikan kepada lansia dari kalangan menengah ke bawah pada masa pandemi Covid-19.

Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan Heri Ashari mengatakan, bantuan yang diberikan Pertamina merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung kegiatan vaksinasi, terutama vaksinasi lansia.

“Kami juga memberikan dukungan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Sepinggan Baru berupa dukungan paket extra fooding dan vitamin” ujar Heri.

Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan Heri Ashari.DOK. Pertamina Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan Heri Ashari.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria menyampaikan bahwa Pertamina mendukung percepatan program pemerintah yang tercantum pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin tiga.

Program tersebut adalah menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia.

“Dengan kolaborasi terintegrasi antara perusahaan dan pemerintah, kami berharap dapat berdampak pada peningkatan jangkauan spasial dan masyarakat rentan sehingga (kesehatan mereka) dapat terlindungi,” ujar Satria.

Program vaksinasi tersebut, lanjut Satria, juga merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) di bidang Kesehatan. Terlebih, masyarakat Indonesia juga sedang bersiap menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

Melalui program vaksinasi tersebut, masyarakat akan semakin terlindungi saat melaksanakan ibadah dan bersilaturahmi dengan nyaman.

“Meski demikian, masyarakat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan di mana pun berada untuk melindungi orang tersayang dari virus Covid-19,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com