Advertorial

PNM #BangkitSenyumBersama Wujudkan Sinergi Holding Ultra Mikro melalui Festival Pasar Senyum Rakyat

Kompas.com - 28/03/2022, 14:36 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Pegadaian mengadakan program Festival Pasar Senyum Rakyat #BangkitSenyumBersama di Cirebon, Sabtu (26/3/2022).

Program tersebut digelar dalam rangka mewujudkan stream empowerment sinergi holding ultra mikro (UMi) ketiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Festival Pasar Senyum Rakyat #BangkitSenyumBersama dibuka di Cirebon dan akan berlanjut di beberapa kota besar lain di Indonesia. Adapun salah satu target acara ini adalah untuk meningkatkan awareness layanan Sentra Layanan Ultra Mikro (SENYUM) melalui kegiatan pasar rakyat yang diselenggarakan di alun-alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan.

Direktur Kelembagaan PNM Sunar Basuki mengatakan, PNM turut menyukseskan sinergi holding Umi melalui Festival Pasar Senyum Rakyat #BangkitSenyumBersama. Acara ini turut dihadiri 50 tenant yang terdiri dari 25 mitra binaan BRI, 15 dari Pegadaian, dan 10 dari PNM.

Nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang berpartisipasi pada acara tersebut turut mempromosikan produk mereka, mulai dari kuliner hingga hasil kerajinan nasabah.

“Sinergi #BangkitSenyumBersama diharapkan menjadi langkah awal wujud sinergi pemberdayaan UMKM melalui PNM, BRI, dan Pegadaian. Acara ini juga wujud kolaborasi holding UMi di bawah naungan BUMN di Indonesia,” ujar Sunar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan bahwa masyarakat yang ingin berbelanja di pasar rakyat pada acara Festival Pasar Senyum Rakyat tidak perlu sungkan. Pasalnya, dengan berbelanja pada program tersebut, masyarakat telah membantu keberlangsungan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Setiap transaksi yang diberikan untuk para pelaku usaha di sini menjadi bukti dukungan masyarakat dalam membantu UMKM supaya mereka naik kelas,” ujar Kuswiyoto.

Direktur Kelembagaan PNM Sunar Basuki bersama pelaku UMKM.DOK. PNM Direktur Kelembagaan PNM Sunar Basuki bersama pelaku UMKM.

Sementara itu, Kepala Divisi Ultra Mikro Bisnis BRI Novian Supriatno mengatakan, Festival Pasar Senyum Rakyat merupakan yang pertama dilaksanakan di Cirebon. Program ini dilakukan untuk mencapai target indeks inklusi keuangan nasional sebesar 90 persen pada 2024.

“BRI, Pegadaian, dan PNM saling menguatkan untuk membantu masyarakat ultra mikro,” ujar Novian.

Setelah mengadakan festival pasar rakyat, acara dilanjutkan dengan sosialisasi program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Terdapat pula talkshow interaktif mengenai pembinaan UMKM dan literasi keuangan bersama PNM, BRI, dan Pegadaian.

Selain itu, kegiatan pasar rakyat tersebut juga dimeriahkan oleh panggung hiburan serta sosialisasi interaktif di booth SENYUM.

Sebagai informasi, jumlah nasabah PNM Mekaar hingga 25 Maret 2022 mencapai 11,5 juta. Sementara itu, total penyaluran pembiayaan yang dilakukan PNM kepada nasabah dalam skala nasional sebesar 118 triliun.

Saat ini, PNM memiliki 3.673 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota dan 5.640 kecamatan. Adapun jumlah nasabah PNM Mekaar di Cirebon sebanyak 181.784 nasabah. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PNM, Anda bisa mengunjungi laman www.pnm.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com