Advertorial

Terapkan 3 Trik Ini agar Tak Bokek Saat Hari Raya Idul Fitri

Kompas.com - 29/03/2022, 13:57 WIB

KOMPAS.com – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen yang dinanti umat Islam. Berbagai hal dipersiapkan untuk menyambut perayaan ini, mulai dari membersihkan rumah, berbelanja kebutuhan dapur, hingga membeli pakaian baru.

Hal tersebut tak jarang membuat pengeluaran membengkak. Bahkan, terkadang menyebabkan pemborosan yang membuat bokek setelah hari raya.

Lantas, bagaimana agar terhindar dari kantong kering setelah merayakan Idul Fitri? Berikut 3 tipnya.

  1. Atur skala prioritas

Salah satu kunci utama dalam pengelolaan keuangan adalah menetapkan skala prioritas. Hal ini juga berlaku saat mempersiapkan hari raya.

Agar terhindar dari pemborosan yang berpotensi membuat bokek setelah Lebaran, kamu harus bisa membedakan pengeluaran yang benar-benar dibutuhkan atau hanya diinginkan.

Sebagai contoh, kamu bisa menghemat pengeluaran dengan menggunakan pakaian yang dimiliki tanpa perlu membeli lagi.

  1. Susun anggaran

Sebelum memasuki Hari Raya Idul Fitri, kamu bisa mulai menyusun anggaran pengeluaran, misalnya untuk berbelanja kebutuhan dapur dan kue Lebaran.

Dengan menyusun anggaran, kamu juga bisa mengetahui jika alokasi dana yang disiapkan sudah terlewat dari bujet.

Jika hal ini terjadi, kamu bisa menyusun ulang daftar kebutuhan sesuai dengan dana yang dimiliki. Pastikan agar kebutuhan tersebut tidak berlebihan sehingga kondisi keuanganmu tetap aman setelah hari raya.

  1.  Perhatikan sumber dana

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen berulang yang estimasi kebutuhan pengeluarannya sudah diketahui. Karenanya, dana untuk pengeluaran tersebut pun dapat dipersiapkan sejak jauh hari. Akan lebih baik kalau kamu mengalokasikan dana khusus setiap bulan untuk perayaan ini.

Kamu juga bisa mempergunakan tunjangan hari raya (THR) atau bonus akhir tahun sebagai sumber dana pengeluaran.

Jika belum mencukupi, kamu bisa memanfaatkan solusi keuangan yang kini bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi secara online, misalnya aplikasi Adiraku 2.0.

Sebagai informasi, Adiraku 2.0 merupakan aplikasi mobile yang dirancang untuk memberikan kemudahan mengakses layanan keuangan Adira Finance secara digital kepada pelanggan. Layanan ini bisa diakses melalui smartphone, baik Android maupun iOS.

Melalui aplikasi tersebut, pelanggan dapat mengajukan pembiayaan berupa pinjaman dana atau kredit multiguna untuk memenuhi kebutuhan keuangan pada Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, pelanggan juga bisa memilih mobil atau motor, baik baru maupun bekas, dari katalog momobil.id dan momotor.id yang disediakan. Bahkan, pelanggan bisa mengajukan kredit kepemilikan kendaraan secara langsung lewat Adiraku.

Tak hanya kendaraan, Adiraku juga memfasilitasi pembiayaan kredit gadget, elektronik, dan furnitur dari berbagai toko e-commerce. Produk-produk tersebut juga bisa dilihat melalui katalog online yang ditampilkan di aplikasi Adiraku.

Di samping itu, pelanggan yang lebih suka belanja di gerai fisik juga bisa mengajukan kredit pembelian perabotan rumah tangga di merchant melalui aplikasi Adiraku.

Untuk diketahui, Adira 2.0 merupakan versi terbaru dari aplikasi mobile Adiraku. Melalui versi ini, calon pelanggan Adira Finance sudah dapat melakukan registrasi langsung di aplikasi.

Dengan demikian, calon pelanggan Adira Finance bisa menghitung simulasi kredit, menemukan lokasi cabang, mendapatkan informasi produk yang ditawarkan, mengakses menu bantuan, mengajukan kredit dan pembiayaan, serta menjual dan melihat katalog kendaraan.

Sementara itu, pelanggan yang sudah memiliki kontrak dengan Adira Finance bisa mendapatkan Adirapoin ketika membayar angsuran tepat waktu. Poin reward ini dapat diakses melalui aplikasi Adiraku.

Adirapoin juga bisa didapatkan ketika konsumen membelanjakan barang tertentu atau mengunggah (upload) struk belanja. Bahkan, poin ini juga bisa dikumpulkan dengan mengajak teman untuk mengunduh dan mendaftarkan diri di aplikasi Adiraku.

Nantinya, poin tersebut bisa kembali digunakan untuk membayar angsuran atau membeli berbagai voucer menarik, seperti pulsa, PLN, Alfamart, Indomaret, Fore, dan Tokopedia.

Dengan berbagai solusi keuangan yang ditawarkan Adiraku 2.0, kamu bisa semakin cermat mengelola keuangan sehingga terhindar dari bokek ketika mempersiapkan Lebaran.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya sekaligus mengunduh aplikasi Adiraku 2.0, kamu bisa mengunjungi laman berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com