Advertorial

Rayakan Ulang Tahun Keempat, DANA Luncurkan 4 Inovasi Produk Terbaru

Kompas.com - 29/03/2022, 14:36 WIB

KOMPAS.com – Bertepatan perayaan ulang tahun keempat, dompet digital DANA memperkenalkan empat inovasi produk terbarunya.

Kehadiran empat inovasi tersebut menunjukkan komitmen berkelanjutan DANA dalam mengoptimalkan teknologi guna memberikan layanan keuangan digital terbaik, serta mendukung akselerasi literasi dan inklusi keuangan digital.

Hal itu juga merupakan kontribusi nyata DANA dalam memberikan solusi bertransaksi digital yang mudah, aman, dan nyaman bagi masyarakat Indonesia melalui teknologi yang inklusif.

Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno menjelaskan, selama empat tahun, DANA mengalami pertumbuhan signifikan selama empat tahun beroperasi.

“DANA telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna dengan rata-rata delapan juta transaksi per hari,” ujar Rangga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Selain itu, DANA juga telah bekerja sama dengan lebih dari 5.000 online merchant, termasuk lebih dari 500.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang memanfaatkan DANA Bisnis.

Perkembangan tersebut, lanjut Rangga, menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA dipercaya dan inklusif.

“Pembaruan yang kami sebut ‘Inov4si untuk Negeri’ itu merupakan bentuk terima kasih kami atas kepercayaan yang diberikan pengguna dan mitra kepada DANA,” kata Rangga.

Berikut Inov4si untuk Negeri yang akan dihadirkan dalam aplikasi DANA.

  1. DANA Pay

Pembaruan DANA Pay dapat mengombinasikan berbagai metode pembayaran, misalnya saldo DANA, kartu debit, atau kredit, ketika saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan DANA Visual Identity AuthoriZation (VIZ).

Tidak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga makin terlindungi dengan pilihan otentikasi pembayaran.

Kemudian, pengguna juga bisa membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya dengan fitur Daily Limit Card.

  1. Rapor DANA

Untuk diketahui, Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019 menemukan bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia hanya mencapai angka 38,03 persen. Sementara itu, indeks inklusi keuangan berada pada angka 76,19 persen.

Berkaca pada angka tersebut, DANA berkomitmen untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan pengelolaan keuangan dengan lebih baik, serta memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya. Komitmen ini diwujudkan DANA dengan menghadirkan fitur Rapor DANA.

Lewat fitur itu, pengguna diminta untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, serta aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Berdasarkan jawaban yang diberikan, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis sehingga mereka mampu menentukan langkah finansial dengan lebih bijak.

  1. Pembayaran pajak kendaraan bermotor via Signal

Dompet digital DANA telah terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna membayar pajak kendaraan bermotor.

Caranya pun cukup mudah. Pengguna dapat menemukan opsi Signal pada kategori Biller. Kemudian, masukan nomor tagihan pada kolom yang disediakan.

Adapun pembayaran tersebut dapat menggunakan menggunakan saldo DANA atau kartu debit yang telah disimpan di dompet digital DANA.

Saat ini, layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia, yakni Jawa Timur, Banten, Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

Pada Mei 2022, DANA menargetkan fitur tersebut dapat menjangkau seluruh provinsi di Indonesia.

  1. Kirim uang dan tarik tunai di Alfamart

Sejalan dengan komitmen untuk menciptakan layanan keuangan digital inklusif, DANA memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki akses ke layanan keuangan digital, baik bank maupun nonbank.

Kondisi itu kerap ditemui pada para pekerja domestik migran atau asisten rumah tangga (ART) di Tanah Air.

Merujuk penelitian Women's World Banking, sebagian besar gaji ART dibayar tunai dengan jumlah berkisar Rp 1,5 - 2,2 juta per bulan.

Sebagian besar dari mereka, belum memiliki rekening bank. Mereka pun kerap meminta pemberi kerja untuk mengirimkan 50-75 persen gaji kepada keluarga mereka yang juga belum memiliki rekening bank.

Lewat pembaruan DANA, para keluarga ART dapat mencairkan uang yang dikirim dari aplikasi DANA. Caranya pun cukup mudah. Mereka hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kode verifikasi ke Alfamart terdekat.

Untuk mengirimkan uang tersebut, pengguna DANA dapat mengetuk ikon Send dan dilanjutkan dengan memilih ikon Withdraw Cash. Kemudian, pilih Alfamart, lalu Send Cash untuk memasukkan data penerima.

Pengirim akan mendapatkan kode verifikasi yang dapat dibagikan kepada penerima dengan batas waktu tarik tunai selama 12 jam.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com