Advertorial

SMEEIIT Expo Yogyakarta Digelar, Berbagai Produk UMKM Binaan Jawara Patra dan Pagelaran Budaya Nusantara Ikut Meramaikan

Kompas.com - 30/03/2022, 07:45 WIB

KOMPAS.com – Small Medium Enterprises Investment Industry Trade and Tourism (SMEIITT) Expo kembali digelar pada Kamis (24/3/2022) hingga Minggu (27/3/2022). Perhelatan pada tahun ketiga ini berlangsung di Atrium Jogja City Mall, Yogyakarta.

Sebagai informasi, event tersebut digagas oleh PT Pelangi Internusa Mediatama yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan didukung oleh Komunitas Jawara Patra.

Komunitas yang disebut terakhir merupakan komunitas binaan yang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, komite Jawara Patra berinisiatif mengajak anggota komunitas untuk tetap produktif.

Oleh sebab itu, anggota komunitas diberikan pembinaan mengenai ilmu kewirausahaan, pemasaran, produktivitas, dan sociopreneurship.

Setelah mengikuti rangkaian pembinaan tersebut, komite memilih komunitas Jawara Patra terbaik untuk merealisasikan ide usahanya.

Komunitas pun diberikan kesempatan oleh komite Jawara Patra untuk memperkenalkan produknya kepada publik dengan mengikuti pameran, seperti SMEIIT Expo.

Selain sebagai wadah perkenalan produk komunitas, SMEIITT Expo juga menjadi salah satu wujud nyata Jawara Patra dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan konsumsi nasional yang mendukung pertumbuhan ekonomi.

Untuk diketahui, SMEIITT Expo menghadirkan stan berbagai produk unggulan dari UMKM binaan Jawara Patra, mulai dari makanan, minuman, fesyen, hingga kerajinan Nusantara.

SMEIITT Expo menghadirkan stan berbagai produk UMKM unggulan, mulai dari makanan, minuman, fesyen, hingga kerajinan nusantara.Dok. Jawara Patra SMEIITT Expo menghadirkan stan berbagai produk UMKM unggulan, mulai dari makanan, minuman, fesyen, hingga kerajinan nusantara.

Terdapat 4 komunitas binaan Jawara Patra yang berpartisipasi. Yang pertama adalah Wahyu Turonggo Jaya. Komunitas ini membuat serta menjual beragam alat musik traditional khas Jawa Tengah, seperti bonang, gong kenong, dan kendang. Selanjutny adalah komunitas Dipta Yoga. Komunitas ini menyediakan pot tanaman dengan berbagai bentuk dan ukuran, serta pernak-pernik berkualitas terbaik dan harga yang bersahabat.

Komunitas ketiga adalah komunitas Maju Mapan. Komunitas ini membuat beragam minuman dari Jahe Merah yang dinamakan Jahe Jawara yang memiliki beragam khasiat untuk menjaga kebugaran tubuh seperti mencegah diabetes dan kolesterol, dan melancarkan pencernaan, serta meningkatkan stamina

Komunitas binaan Jawara Patra keempat yang berpartisipasi adalah Sri Gethuk. Komunitas ini membuat terobosan baru paket wisata yang menarik bagi wisatawan.

Tak hanya itu, beberapa UMKM lain yang juga membuka stan adalah Jajanan Tempoe Doloe, Bandeng Sastro, Batik Bangkalan, dan produk UMKM Kabupaten Karawang.

Perhelatan SMEIITT Expo juga semakin meriah dengan pertunjukan instrumental gamelan Jawa dari Komunitas Wahyu Turonggo Joyo, serta gelar budaya dari komunitas Kalimantan Barat, komunitas Batak, dan komunitas Jong Moluccas.

Adapun penampilan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan PT Narindum Kreativa Mediatama sebagai event management.

Jawara Patra berharap, SMEIITT Expo dapat menjadi wadah bagi masyarakat Yogyakarta untuk mengenal berbagai produk UMKM dan budaya Nusantara.

Lewat acara itu pula, para pengunjung diharapkan terus mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Untuk mengetahui berbagai kegiatan komunitas Jawara Patra, Anda dapat mengikuti akun Instagram @jawara.patra dan Facebook Fan Page Jawara Patra.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com