Advertorial

Mulai dari Cek Reputasi hingga Tawarkan Bunga Rendah, Berikut 5 Cara Pilih Leasing yang Tepat

Kompas.com - 30/03/2022, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kendaraan, baik mobil maupun motor, adalah impian sebagian besar orang. Selain membantu mobilitas harian, kendaraan pribadi juga juga dapat menunjang gaya hidup.

Untuk mewujudkan kepemilikan kendaraan pribadi, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Cara ini disesuaikan dengan kondisi finansial setiap orang. Jika memiliki cukup dana atau tabungan, membeli kendaraan secara tunai dapat menjadi opsi yang pas.

Namun, bila bujet terbatas atau sedang memiliki banyak pengeluaran bulanan, membeli kendaraan secara kredit adalah pilihan tepat. Dengan begitu, seseorang bisa mengatur keuangan dengan lebih terencana dan efisien.

Meski begitu, membeli kendaraan secara kredit memerlukan kecermatan ekstra. Utamanya, dalam hal memilih perusahaan pembiayaan atau leasing.

Berikut Kompas.com rangkumkan lima cara pilih leasing yang tepat untuk kredit mobil ataupun motor.

  1. Memiliki reputasi dan kredibilitas bagus

Menilai reputasi dan kredibilitas suatu perusahaan leasing adalah langkah awal yang wajib dilakukan. Hal itu bisa Anda lihat berdasarkan eksistensi perusahaan tersebut.

Ada beberapa indikator untuk mengetahui eksistensi dan kredibilitas suatu perusahaan pembiayaan, antara lain usia perusahaan yang matang, punya latar belakang dan misi yang jelas, berdiri sendiri atau bergabung dalam sebuah grup besar, serta jumlah cabang yang dimiliki.

Agar lebih aman, pilih perusahaan leasing yang tergabung dalam grup besar. Pasalnya, perusahaan tersebut biasanya telah dipercaya banyak orang dengan kepemilikan kantor cabang di berbagai daerah.

  1. Fleksibel dan mudah dalam pembayaran

Saat membeli kendaraan secara kredit, Anda akan menjalin hubungan dengan pihak leasing dalam jangka waktu cukup lama.

Oleh karena itu, pilih perusahaan pembiayaan yang memiliki fleksibilitas serta kemudahan dalam pembayaran angsuran.

Tak kalah penting, pastikan pula leasing tersebut memiliki fitur atau layanan yang memudahkan Anda membayar cicilan setiap bulannya. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi kreditur dalam membayar serta meminimalisasi keterlambatan pembayaran.

Biasanya, pihak leasing menyediakan beragam pilihan metode pembayaran, mulai dari transfer melalui bank atau anjungan tunai mandiri (ATM), virtual account mobile banking, minimarket, hingga kantor pos.

  1. Punya layanan simulasi kredit

Salah satu kriteria perusahaan leasing yang baik adalah memiliki layanan simulasi kredit. Hal ini penting untuk memudahkan Anda dalam memprediksi rencana keuangan serta kemampuan dalam membayar kredit.

Oleh karena itu, pilih perusahaan leasing yang dapat mengakomodasi simulasi kredit dengan berbagai pilihan rekomendasi yang baik serta sesuai dengan kondisi finansial. Sebagai contoh, jumlah uang muka, jumlah cicilan, dan masa tenor.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran pengeluaran cicilan yang jelas sebelum mengajukan kredit kendaraan yang diincar.

  1. Jangan terpaku pada satu leasing

Sebelum mengajukan kredit kendaraan, carilah informasi sebanyak-banyaknya seputar kinerja dan penawaran dari berbagai leasing. Dalam hal ini, seleksi adalah kunci untuk mendapatkan dukungan kredit dari perusahaan yang tepat.

Anda bisa mencari informasi berbagai perusahaan leasing, baik melalui internet maupun datang langsung ke kantor cabang perusahaan leasing.

Anda pun dapat membandingkan antara satu leasing dengan leasing lainnya. Informasi yang Anda peroleh dapat dijadikan landasan dalam memilih leasing yang tepat.

  1. Tawarkan bunga rendah

Perusahaan leasing yang menawarkan bunga rendah juga patut dipertimbangkan bagi Anda yang berencana membeli kendaraan secara kredit.

Pasalnya, bunga rendah akan memengaruhi beban cicilan yang harus dipenuhi setiap bulannya hingga beberapa tahun ke depan.

Meski begitu, jangan mudah terkecoh. Pastikan pula besaran angsuran per bulan yang harus dibayar serta tenornya tidak memberatkan kondisi finansial di kemudian hari.

Tak hanya itu, komponen lain yang juga wajib diperhatikan adalah besaran biaya administrasi, biaya fidusia, biaya asuransi, biaya keterlambatan pembayaran, serta biaya penalti.

Komponen-komponen tersebut harus diperhitungkan secara cermat agar tak menyesal di kemudian hari.

Nah, itulah lima tips memilih perusahaan leasing yang tepat sebelum Anda membeli kendaraan secara kredit.

Salah satu perusahaan leasing yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu Anda mewujudkan memiliki mobil atau motor baru adalah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance.

Adira Finance merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia yang melayani berbagai pembiayaan, termasuk kendaraan. Adira Finance pun terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk diketahui, Adira Finance menyediakan layanan serta produk yang relevan dengan kebutuhan konsumennya.

Adapun keuntungan menggunakan jasa leasing Adira Finance, antara lain memiliki tenor panjang, persyaratan kredit yang mudah dan proses yang aman, serta perlindungan asuransi untuk kendaraan maupun konsumen.

Kemudian, jaminan keamanan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraan, serta pembayaran mudah, seperti cabang Adira, Keday Adira, dan Outlet FASTPAY.

Adira Finance juga memiliki aplikasi yang memudahkan Anda untuk melakukan simulasi, yaitu aplikasi adiraku.

Aplikasi adiraku menyediakan berbagai fitur layanan pinjaman dana, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, hingga kredit multiguna. Dengan aplikasi ini, Anda tinggal memilih simulasi cicilan sesuai rencana keuangan.

Sebagai informasi, Adira Finance turut hadir di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran pada 31 Maret – 10 April 2022.

Pada gelaran otomotif tersebut, Adira Finance bersama Bank MUFG dan Bank Danamon berkolaborasi sebagai official partner IIMS Hybrid 2022.

Sebagai official multifinance partner, Adira Finance memberikan beragam solusi finansial, mulai dari pembiayaan multiguna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durable), otomotif (motor dan mobil), hingga pembiayaan umrah.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Adira Finance, klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com