Advertorial

3 Tips Ini Bantu Anda Penuhi Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran

Kompas.com - 30/03/2022, 12:16 WIB

KOMPAS.com – Saat Ramadhan, banyak orang merasakan kebutuhan sehari-hari akan bertambah. Biasanya, mayoritas pengeluaran digunakan untuk kebutuhan konsumsi atau makanan. Sebab, momen berpuasa biasanya dianggap sebagai waktu yang tepat untuk menyajikan hidangan spesial agar waktu sahur dan berbuka pun jadi lebih berkesan.

Kebutuhan akan semakin meningkat mendekati Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari budaya membeli pakaian baru, membersihkan dan mendekorasi rumah, memberikan tunjangan hari raya (THR) pada sanak keluarga, hingga membeli kendaraan atau gadget baru berpotensi menguras tabungan.

Sah-sah saja punya kebiasaan atau keinginan seperti itu selama kondisi finansial mencukupi. Terlebih, pada momen Ramadhan, biasanya seorang yang bekerja sebagai karyawan punya hak untuk mendapatkan THR yang dapat dijadikan uang tambahan. Hanya saja, jangan sampai keinginan itu justru menguras tabungan.

Maka dari itu, supaya uang tabungan tidak habis sekejap untuk kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Anda bisa mengikuti tiga tips berikut.

  1. Tentukan prioritas

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi. Anda bisa menuliskan kebutuhan apa saja yang harus dibeli selama Ramadhan, termasuk untuk persiapan Lebaran.

    Tiap orang memiliki prioritas yang berbeda. Maka, urutkan kebutuhan tersebut berdasarkan keutamaannya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan bujet dan mengeluarkan dana yang dibutuhkan.


Misalnya, biaya belanja makanan selama puasa sebagai prioritas utama. Berikutnya adalah THR kepada orangtua dan orang yang bekerja di rumah sebagai prioritas kedua.

Setelah kedua pos tersebut aman, Anda bisa mengalokasikan pengeluaran untuk membeli pakaian baru untuk Hari Raya Idul Fitri.

  1. Tentukan bujet dan cek saldo tabungan

    Bujet yang dibutuhkan untuk keperluan Ramadhan dan Lebaran akan terlihat setelah Anda sudah menentukan kebutuhan berdasarkan prioritas. Namun, saat menentukan bujet, Anda juga harus mengetahui jumlah tabungan yang dimiliki.

    Hal tersebut agar anggaran yang dibuat tidak melebihi jumlah tabungan Anda. Selain itu, Anda dapat sekaligus mengatur cash flow selama Ramadhan agar tidak melebihi kemampuan finansial.

  2. Beli kebutuhan lain jika ada dana lebih

    Bila terdapat dana lebih setelah bujet untuk Ramadhan dan Lebaran ditentukan, Anda bisa membeli kebutuhan lain yang tidak mendesak.

Contohnya saja, membeli sofa baru untuk memperbarui ruang keluarga sekaligus menyambut tamu saat Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, Anda yang berencana mudik dapat menggunakan dana lebih tersebut untuk servis kendaraan. Bagi yang belum memiliki kendaraan, tak ada salahnya untuk menggunakan dana lebih tersebut sebagai uang muka kredit mobil.

Meski memiliki dana lebih, sebaiknya Anda tetap memanfaatkan promosi yang biasa dihadirkan oleh produsen, pusat perbelanjaan, atau e-commerce. Selain itu, Anda bisa mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.


Pada IIMS 2022, terdapat penawaran menarik dari berbagai produk, seperti mobil, motor, audio, perlengkapan rumah tangga, elektronik, service kendaraan, dana multiguna, dan pembiayaan umroh.

Penawaran tersebut juga dapat dinikmati bagi pengguna aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengajukan pembiayaan pengajuan kredit multiguna, gadget, elektronik, dan furnitur.

Aplikasi Adiraku juga dapat memudahkan pengguna dalam mengajukan kredit untuk pembelian mobil dan motor.

Aktivasi dan registrasi pun dapat dilakukan secara langsung melalui aplikasi Adiraku. Bagi masyarakat yang belum memiliki kontrak di Adira Finance dapat melakukan registrasi dengan memasukan nomor handphone. Setelah registrasi, Anda dapat langsung mengecek status pengajuan kredit.

Sementara itu, konsumen yang sudah terdaftar di Adiraku akan mendapatkan poin reward dari pembayaran angsuran tepat waktu

Selama IIMS 2022, pengguna Adiraku bisa mendapatkan promosi berupa flash sale dan cashback. Hal ini akan menghemat bujet pengeluaran Anda. Maka dari itu, segera unduh aplikasi adiraku pada smartphone Anda sekarang juga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com