Advertorial

Dorong Program Digitalisasi Layanan Keuangan bagi UMKM, PermataBank Perkenalkan PermataQR Merchant di Pasar Rawa Belong

Kompas.com - 31/03/2022, 16:25 WIB

KOMPAS.com – PermataBank menggelar acara perkenalan dan edukasi berkelanjutan mengenai implementasi pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada pedagang dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat.

Kegiatan bertajuk “Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai (S.I.A.P.) QRIS dengan PermataQR Merchant-Solusi Pembayaran Digital” itu dilakukan pada Senin (10/1/2022) hingga Minggu (20/3/2022). Adapun puncak acara digelar pada Kamis (31/3/2022).

Head of Digital Business PermataBank Indra Gunawan mengatakan, PermataBank berkomitmen untuk memajukan perekonomian nasional melalui digitalisasi layanan keuangan bagi para pemilik usaha, pedagang, serta UMKM.

“Dengan menggunakan QRIS pada fitur PermataQR, merchant dapat meminimalisasi penggunaan uang tunai, mencatat riwayat transaksi secara otomatis, dan menurunkan risiko uang tunai hilang atau dicuri. Berbagai kemudahan ini dapat membantu (pedagang) meningkatkan jumlah penjualan,” ujar Indra dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Indra menilai, kemajuan teknologi digital semakin memudahkan nasabah, terutama pelaku UMKM, untuk melakukan transaksi perbankan.

Kehadiran PermataQR Merchant, lanjut Indra, dapat menjadi solusi bisnis terlengkap. Fitur ini memungkinkan nasabah dan pelaku usaha melakukan pembayaran secara langsung melalui aplikasi PermataQR bagi merchant yang berlogo QRIS.

Adapun kegiatan sosialisasi tersebut juga merupakan wujud komitmen PermataBank dalam memberikan pengalaman bertransaksi digital yang simple, fast, dan reliable.

Vivi Budijanto - Head Merchant Business Divisi Digital Business PermataBank (pertama dari kiri),Yufrizal - Kepala Divisi Perizinan dan Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta (ketiga dari kiri), dan Eric Sutanto - Head, Consumer Lending Sales & National Sales Exhibition PermataBank (pertama dari kanan), mengunjungi salah satu merchant PermataQR di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta.Dok. PermataBank Vivi Budijanto - Head Merchant Business Divisi Digital Business PermataBank (pertama dari kiri),Yufrizal - Kepala Divisi Perizinan dan Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta (ketiga dari kiri), dan Eric Sutanto - Head, Consumer Lending Sales & National Sales Exhibition PermataBank (pertama dari kanan), mengunjungi salah satu merchant PermataQR di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta.

Kegiatan itu juga menjadi wujud nyata PermataBank dan Bank Indonesia dalam mewujudkan ekosistem cashless society.

Sebagai informasi, PermataBank menawarkan sejumlah kemudahan bagi pelaku UMKM dalam menggunakan aplikasi digital banking PermataQR Merchant.

Pertama, pelaku usaha dapat mengajukan aplikasi merchant tersebut secara digital. Kedua, merchant dapat menampilkan atau membuat kode QRIS dengan memasukkan nominal jumlah transaksi yang sesuai.

Ketiga, pelaku usaha dapat melihat status transaksi yang berlangsung. Keempat, merchant bisa mengirim bukti transaksi kepada pelanggan melalui berbagai media pengiriman.

Kelima, merchant dapat melihat ringkasan riwayat transaksi dengan memilih tanggal yang diinginkan, serta mendapatkan rincian notifikasi setiap transaksi dengan lengkap dan mudah.

Keenam, pelaku usaha dapat mengajukan PermataQR Merchant dengan berbagai pilihan media QR secara lengkap serta sesuai kebutuhan, mulai dari bentuk printable, seperti sticker dan acrylic tent card, QR EDC, hingga QR API.

Untuk diketahui, rangkaian acara kegiatan S.I.A.P. QRIS dengan PermataQR Merchant terdiri atas Merchant Sales Volume Contest serta kunjungan bersama perwakilan Bank Indonesia dan pengelola Pasar Bunga Rawa Belong ke beberapa merchant.

Pada kegiatan tersebut, para merchant juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik, mulai dari barang elektronik hingga tabungan senilai jutaan rupiah.

Indra mengatakan, peningkatan layanan terhadap seluruh nasabah, termasuk segmen mikro, seperti UMKM, merupakan prioritas PermataBank sebagai bank terdepan di Indonesia.

“Kami berupaya memenuhi segala kebutuhan transaksi nasabah dengan berbagai kemudahan sehingga transaksi perbankan dapat dilakukan dengan praktis serta aman dari mana saja dan kapan saja hanya lewat genggaman,” imbuh Indra.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PermataBank dan PermataQR Merchant, silakan mengunjungi websitewww.permatabank.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com