Advertorial

Lantik Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Tri Tito Karnavian Dorong PKK Jalin Sinergi dengan Program Pemda

Kompas.com - 31/03/2022, 19:44 WIB

KOMPAS.com - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian melantik Naoemi Octarina menjadi Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) definitif.

Pelantikan berlangsung secara daring dan luring di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (31/3/2022).

Naoemi dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum TP PKK Nomor 003/Kep/PKK.PST/III/2022 tanggal 28 Maret 2022 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Ketua TP PKK Provinsi Sulsel.

Sebelum dilantik secara definitif, Naoemi terlebih dahulu menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Provinsi Sulsel.

Pada acara pelantikan, Tri mengatakan, TP PKK merupakan mitra kerja pemerintah. Hal ini mengingat pola kepemimpinan TP PKK secara fungsional dijabat oleh pendamping kepala daerah.

Tri menjelaskan, TP PKK memiliki 10 program pokok yang telah mencakup seluruh kebutuhan manusia, baik sejak dalam kandungan hingga lanjut usia (lansia).

“(Oleh karena itu), tepat sekali bilamana program-program TP PKK senantiasa bersinergi dengan program-program pemerintah daerah (pemda),” ujar Tri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, Tri juga mengajak jajaran TP PKK Provinsi Sulsel untuk memahami berbagai program sehingga kesejahteraan keluarga dapat ditingkatkan.

Tri juga mendorong penggerak PKK agar membuat program-program yang bersifat menyeluruh.

“PKK Sulsel juga diharapkan dapat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di lingkungan pemda. Dengan begitu, program yang digagas PKK dapat sejalan dengan tujuan program pemda,” jelas Tri.

Lebih lanjut Tri menambahkan, program-program yang dilakukan PKK diharapkan bisa mendapat dukungan anggaran dari pemda. Dalam hal ini, program yang dimaksud dapat dipertanggungjawabkan dan masih sejalan dengan program TP PKK Pusat.

Tri pun berpesan kepada jajaran TP PKK Provinsi Sulsel agar dapat menjalin komunikasi dan koordinasi dengan TP PKK, baik di tingkat pusat maupun kabupaten atau kota.

“Saya selaku ketua umum pasti akan mendorong dan juga memberi kesempatan kepada ibu-ibu ketua provinsi untuk bisa bekerja sama sebaik-baiknya,” tambah Tri.

Tri menjelaskan, TP PKK Pusat telah membuat serangkaian program dari tingkat Kelompok Kerja (Pokja) 1 sampai 4. Pengurus PKK Provinsi Sulsel pun diimbau dapat mengikuti program tersebut yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan di daerahnya masing-masing.

“Kepada seluruh pengurus TP PKK se-Provinsi Sulsel, mari bersama-sama bekerja mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, pelantikan tersebut turut dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, jajaran pejabat eselon I Kemendagri, serta Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com