Advertorial

Dukung Operasional Bisnis Retail, Berikut 6 Manfaat Aplikasi Kasir Online

Kompas.com - 02/04/2022, 08:27 WIB

KOMPAS.com – Persaingan bisnis saat ini semakin ketat. Para pelaku usaha dituntut adaptif serta mengadopsi teknologi terkini untuk mendukung kinerja bisnisnya.

Terlebih, bagi pebisnis di bidang retail. Penggunaan teknologi terkini sangat dibutuhkan untuk menopang operasional usaha.

Adapun salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha bidang retail adalah aplikasi point of sales (POS). Aplikasi kasir online ini memiliki deretan manfaat yang dapat memudahkan pebisnis dalam menjalankan usahanya.

Berikut Kompas.com rangkumkan enam manfaat aplikasi kasir online.

  1. Pengendalian stok barang

Aplikasi POS pada umumnya menyediakan fitur persediaan barang. Fitur ini berguna untuk mengetahui setiap pergerakan barang serta ketersediaan stok di toko. Hal ini perlu dipantau pemilik usaha karena akan memengaruhi kinerja penjualan.

Pada kasus tertentu, pelaku usaha berpotensi mengalami overselling apabila tidak melakukan pengendalian stok barang secara tepat.

Dengan menggunakan software POS, pengusaha dapat mengendalikan stok barang secara lebih mudah. Tanpa perlu datang ke toko secara langsung, pengusaha bisa mengetahui keluar masuk barang, serta kapan waktu yang tepat untuk mengisi persediaan.

  1. Pencatatan transaksi yang cepat dan akurat

Manfaat aplikasi kasir online berikutnya, yaitu memudahkan pencatatan transaksi. Pasalnya, aplikasi POS telah dilengkapi dengan fitur perhitungan transaksi otomatis yang dapat mencatat transaksi secara akurat dan cepat.

Dengan fitur tersebut, pegawai kasir tak perlu mencatat setiap transaksi di buku tulis secara manual. Bahkan, mereka tak perlu lagi menggunakan kalkulator untuk menghitung total pembelian.

Selain itu, aplikasi POS juga memiliki fitur kode produk yang kompatibel dengan berbagai perangkat, seperti smartphone dan tablet.

  1. Meminimalisasi kesalahan transaksi

Pencatatan transaksi secara otomatis dengan aplikasi POS berlangsung secara akurat dan real time. Dengan begitu, penggunaan aplikasi kasir online dapat meminimalisasi kesalahan dalam proses transaksi.

Hal itu berbeda dengan mesin kasir konvensional yang memiliki potensi kesalahan perhitungan akibat faktor manusia (human error).

Aplikasi kasir online juga memudahkan karyawan untuk mengecek kembali produk yang diinput dengan cepat dan tepat. Dengan begitu, karyawan bisa bekerja lebih efektif dan efisien.

  1. Mempercepat pembuatan laporan penjualan

Laporan penjualan merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah bisnis. Pasalnya, laporan inilah yang nantinya menjadi dasar untuk penilaian kinerja usaha.

Selain itu, laporan penjualan juga dapat digunakan untuk mengetahui jumlah laba yang diperoleh. Oleh karena itu, laporan penjualan yang dibuat harus dipastikan keakuratannya.

Pengerjaan laporan secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diselesaikan ketimbang pencatatan otomatis. Terlebih, jika usaha tengah ramai pelanggan atau mendapatkan banyak pesanan.

Belum lagi, tidak semua transaksi dapat tercatat secara real time. Risiko human error pun menghantui proses ini jika dilakukan secara manual. Laporan penjualan yang tidak akurat dapat mendorong pengusaha untuk mengambil keputusan bisnis yang keliru.

Karenanya, penggunaan aplikasi kasir online dapat menjadi pilihan tepat karena setiap transaksi akan dicatat secara real time. Dengan begitu, seluruh data sudah tersedia untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan laporan penjualan secara presisi.

  1. Data penjualan tersimpan dengan aman

Data transaksi yang digunakan untuk membuat laporan penjualan merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, keamanan data penjualan tak bisa diabaikan.

Pengusaha perlu berhati-hati jika catatan transaksi masih tersimpan di buku tulis atau aplikasi Microsoft Excel. Pasalnya, catatan ini lebih rentan hilang atau rusak.

Dengan menggunakan aplikasi POS, masalah seperti itu dapat diatasi. Pasalnya, aplikasi kasir sudah dilengkapi dengan sistem penyimpan online berbasis cloud. Alhasil, risiko data hilang bisa diminimalisasi dan data tetap tersimpan dengan aman.

  1. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Aplikasi kasir online juga diklaim dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Berkat aplikasi POS, karyawan dapat bekerja lebih cepat dan efisien. Dengan begitu, produktivitas mereka bisa meningkat untuk memberikan pelayanan terbaik.

Selain itu, aplikasi kasir online juga memungkinkan pemilik bisnis menyimpan data pelanggan. Dari data tersebut, pengusaha dapat menjalankan program loyalitas pelanggan. Contohnya, memberi hadiah untuk pelanggan loyal ataupun mengadakan promo.

Nah, itulah enam manfaat aplikasi kasir online yang dapat memudahkan pelaku usaha menjalankan bisnis.

Salah satu aplikasi POS yang dapat digunakan untuk mendukung kinerja bisnis agar lebih optimal adalah Olsera.

Adapun software Olsera dapat dicoba secara gratis. Deretan fitur pada software Olsera bisa dioptimalkan agar bisnis yang dijalankan semakin maju dan mampu bersaing.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman olsera.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com