Advertorial

Atasi Isu Sosial dan Lingkungan, Pertamina Kembali Luncurkan Program PFmuda

Kompas.com - 02/04/2022, 11:56 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) kembali meluncurkan program PFmuda 2022 guna memberikan ruang bagi para anak muda untuk menuntaskan isu lingkungan dan sosial, Rabu (30/3/2022).

PFmuda merupakan ajang adu gagasan para anak muda dalam upaya menuntaskan masalah sosial di lingkungannya melalui proposal proyek sosial yang inspiratif, bermanfaat dan berkelanjutan. Program PFmuda 2022 ini dihadirkan lebih fresh dengan tema "Kreativitas Anak Muda dalam Menuntaskan Isu Sosial dan Lingkungan”.

Menyambut kembalinya PFmuda, Ketua Dewan Pengawas Pertamina Foundation, Syahrial Mukhtar mengatakan, program tersebut merupakan salah satu corporate social responsibility (CSR) yang akan memberikan berbagai macam pelatihan.

Selain pelatihan, kata dia, PFmuda juga akan mengajarkan capacity building dan mentoring. Untuk para peserta terbaik, nantinya akan diberikan stimulan berupa dana proyek.

“Paket tersebut akan membantu membangun kompetensi generasi muda menjadi terampil, percaya diri, dan bersemangat dalam menuntaskan isu sosial dan lingkungan di masyarakat,” imbuh Syahrial dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/4/2022).

Menurutnya, kehadiran PFmuda merupakan hal penting di tengah pandemi Covid-19 dan perubahan iklim terhadap kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Syahrial menyebut, diperlukan adanya peningkatan kesadaran secara menyeluruh, khususnya bagi generasi muda untuk menjadi problem solver.

Pada kesempatan yang sama, Founder Benihbaik.com, Andy F. Noya berpesan kepada generasi muda agar bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui PFmuda.

"Kalau kami lihat dikalangan anak muda sekarang banyak sekali konten yang menunjukkan gaya hidup mewah, anak sultan atau crazy rich di tengah kondisi masyarakat yang berjuang keluar dari tekanan ekonomi,” ujarnya.

Dari masalah tersebut, lanjut Andy, ajang PFmuda menjadi penting untuk mengubah mindset bahwa sukses bukan dari harta, melainkan impact kepada masyarakat dan lingkungan.

Respons positif dari berbagai pihak

Sementara itu, salah satu artis Indonesia Maudy Ayunda yang sekaligus sebagai Brand Ambassador PFmuda menyambut baik peluncuran program PFmuda.

Mudy mengatakan, melalui PFmuda, dirinya ingin memberikan dorongan kepada generasi muda untuk memanfaatkan program itu sebagai wadah pengembangan diri.

"Aku melihat potensi anak-anak muda dengan ide yang sangat cemerlang untuk komunitasnya di program PFmuda ini. Aku yakin akan banyak dari kalian yang antusias mendaftar tahun ini,” ucap Maudy.

Tak lupa, ia mengucapkan semangat kepada para generasi muda dalam mendatangkan ide-ide cemerlang untuk komunitas yang ada di sekitarnya.

“Selamat berkontribusi untuk negeri melalui PFmuda," ujar Maudy.

Senada dengan Maudy, Presiden Direktur (Presdir) Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari turut menyampaikan antusiasme dan dukungannya atas pelaksanaan PFmuda 2022.

“Bagi saya, PFmuda adalah masterpiece yang dibutuhkan untuk negeri ini. Jadi tunggu apalagi, buat kalian yang ingin berkontribusi bagi negeri dan bumi, ini lah saatnya," imbuhnya.

Agus mengungkapkan, PFmuda siap memberikan challenge kepada generasi muda sekaligus mengembangkan proyek sosial. Pada 2022, pihaknya akan menjaring lebih banyak young leaders dan memberikan lebih banyak stimulan dana.

Seperti diketahui, kehadiran PFmuda dinilai memberikan banyak manfaat, mulai dari stimulan dana proyek, peningkatan kapasitas, mentoring proyek, dan jejaring dengan dunia usaha untuk keberlanjutan sebuah proyek sosial.

Pada 2022, Pertamina menargetkan peserta PFmuda jauh lebih banyak dari 2021, yakni mencapai 3.335 orang dengan representasi generasi muda dari berbagai wilayah Indonesia.

Setelah dua tahun berjalan, PFmuda kini telah melahirkan 68 young leaders.

Pendaftaran PFmuda 2022

Bagi generasi muda yang ingin menjadi bagian PFmuda, segera daftarkan diri dengan memenuhi syarat yang berlaku. Pendaftaran ini mulai di buka pada Jumat (1/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022).

Adapun syarat dan ketentuan bagi pendaftar, antara lain pertama, boleh diikuti secara berkelompok dengan rentang usia 18 hingga 35 tahun.

Kedua, peserta diwajibkan memiliki proposal gagasan proyek untuk menuntaskan isu-isu sosial dan lingkungan. Ketiga, peserta harus memiliki pengalaman menjalankan proyek sosial atau pernah melakukan aksi sosial. Keempat, peserta harus aktif dalam organisasi, komunitas atau kegiatan sosial.

Apabila syarat dan ketentuan tersebut terpenuhi, peserta wajib menaati aturan terkait proposal proyek yang diajukan.

Pertama, karya yang dibuat harus orisinil dan tidak mengandung unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), kekerasan serta pornografi atau berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat. Kedua, penulisan atau penyusunan proposal harus sesuai format dari PFmuda.

Terakhir, proposal atau usulan yang diajukan belum pernah menang dalam lomba sejenis dan tidak sedang disertakan lomba lainnya.

Adapun isu yang bisa diusung oleh pendaftar dalam proyeknya, mulai dari lingkungan termasuk energi, climate change, kerusakan sumber daya hayati hingga teknologi tepat guna, hingga isu lainnya dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran PFmuda, Anda bisa mengakses di laman pertaminafoundation.org dan media sosial (medsos) Pertamina Foundation.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com