Advertorial

Pastikan Pasokan dan Layanan SPBU Aman Jelang Ramadhan, Direksi Pertamina Kompak Tinjau Lapangan

Kompas.com - 02/04/2022, 22:14 WIB

KOMPAS.com - Untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) jelang Ramadhan 1443 Hijriah, jajaran Direksi PT Pertamina (Persero) melakukan kunjungan ke beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) serta sarana dan fasilitas terminal BBM di beberapa wilayah di Indonesia, Sabtu (2/4/2022).

Kunjungan tersebut dilakukan oleh seluruh Direksi Pertamina, yakni Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di wilayah Jambi dan Sumatera Selatan, Direktur Logistik dan Infrastruktur Mulyono di beberapa wilayah di Sumatera Utara, serta Direktur Strategi Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) Iman Rachman di beberapa wilayah di Riau.

Selanjutnya, Direktur Penunjang Bisnis Dedi Sunardi di wilayah Kalimantan Timur, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) M Erry Sugiharto di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Direktur Keuangan Emma Sri Martini di wilayah Sulawesi Selatan, serta Direktur Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution di wilayah Sumatera Barat, Lampung, dan Bengkulu.

Pada kesempatan tersebut, Nicke bersama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Jambi Inspektur Jenderal Albertus Rachmad Wibowo turun langsung mengunjungi beberapa SPBU.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan pelayanan prima diberikan kepada konsumen di wilayah Jambi.

"Kami memastikan, suplai BBM berjalan dengan baik menjelang Ramadhan. Dengan adanya peningkatan kegiatan bisnis yang terjadi di Jambi, kami juga melakukan antisipasi terhadap kebutuhan BBM," kata Nicke seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Nicke berharap, BBM subsidi yang tersedia dapat tepat sasaran. Oleh karena itu, Pertamina bersama dengan berbagai stakeholder turun langsung ke lapangan untuk memantau pendistribusian BBM agar bisa sampai dan terealisasikan dengan baik.

Sementara itu, Mulyono yang juga merupakan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) Pertamina menyatakan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya arus mudik dan peningkatan kebutuhan BBM, pihaknya akan menyiapkan layanan tambahan.

Layanan tambahan tersebut berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, serta SPBU kantong. Pihaknya juga akan menyiapkan rest area yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik.

"Kami juga telah membentuk tim Satgas RAFI untuk memastikan kelancaran pasokan dan penyaluran BBM dan liquefied petroleum gas (LPG) kepada masyarakat," ujar Mulyono.

Tim Satgas RAFI, lanjut Mulyono, akan bertugas mulai 11 April hingga 10 Mei 2022. Tim ini akan berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM), Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Selain itu, pihaknya terus memastikan stok solar subsidi dalam keadaan aman di atas 20 hari. Meskipun kuota solar subsidi per Februari 2022 sudah melebihi kuota hingga 10 persen secara nasional, Pertamina terus berupaya menjaga pasokan dan distribusi solar subsidi ke masyarakat

“Pertamina mengapresiasi Polri yang telah berhasil mengungkap pihak yang telah menyalahgunakan BBM subsidi di beberapa wilayah di Indonesia,” tuturnya.

Selama melakukan kunjungan ke SPBU, jajaran Direksi Pertamina menyempatkan diri menyapa pelanggan setia Pertamina di SPBU. Jajaran direksi juga memberikan apresiasi kepada awak mobil tangki (AMT) dan operator SPBU yang bertugas.

Sebagai upaya memberikan pelayanan yang terbaik, Pertamina mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi BBM dan LPG.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa menghubungi Pertamina melalui Pertamina Call Center (PCC) di nomor 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com