Advertorial

Pastikan Ketersediaan Stok BBM Selama Ramadhan, Wamen BUMN I Cek SPBU di Wilayah Jatim

Kompas.com - 03/04/2022, 19:10 WIB

KOMPAS.com – Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I, Pahala Nugraha Mansury mengunjungi salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jawa Timur (Jatim), salah satunya di SPBU 54.683.10 Situbondo, Minggu (3/4/2022).

Kunjungan yang turut didampingi Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jatim, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Jatimbalinus) Deny Djukardi tersebut bertujuan memastikan kesiapan dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di lapangan selama Ramadhan 2022.

Pahala mengatakan, kunjungan tersebut sekaligus mengawasi dan memastikan pasokan BBM produk gasoline, seperti Pertalite dan Pertamax, serta produk Gasoil, yaitu Biosolar terdistribusi secara optimal ke masyarakat.

"Kami memastikan suplai BBM berjalan dengan baik menjelang Ramadhan. Dengan adanya peningkatan kegiatan ekonomi yang terjadi di wilayah Jatim, kami juga mengantisipasi kebutuhan BBM," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Pahala menambahkan, BBM, khususnya yang disubsidi pemerintah, yaitu Biosolar, selalu tersedia dan tepat sasaran.

“Kami sebagai kepanjangan tangan pemerintah berharap penyaluran jenis bahan bakar tertentu (JBT), yaitu Biosolar dapat terus dipenuhi Pertamina sesuai dengan kuota yang ditetapkan serta tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Deny Djukardi mengatakan, Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus memastikan kesiapan pelayanan di seluruh SPBU, Pertashop, stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE), dan agen liquefied petroleum gas (LPG).

Saat ini, terdapat 956 unit SPBU, 532 unit Pertashop, 124 SPPBE, dan lebih dari 800 agen LPG public service obligation (PSO) dan non-PSO yang siap melayani kebutuhan energi masyarakat di Jatim.

“Sesuai arahan dari Pak Wamen, kami memastikan ketersediaan dan penyaluran BBM di masyarakat tetap berjalan optimal,” ujar Deny.

Saat ini stok di seluruh terminal BBM dan depot LPG aman dengan coverage days rata-rata selama 5-17 hari.

“Terdapat enam terminal BBM dan LPG yang siap melayani kebutuhan masyarakat melalui SPBU dan SPBBE di wilayah Jatim,” paparnya.

Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus juga akan mengaktifkan pos layanan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H untuk memastikan ketersediaan stok dan mengoptimalkan penyaluran BBM dan kepada masyarakat.

“Melalui Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan Idul Fitri (RAFI) yang akan dimulai pada Ramadhan, Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus berkomitmen memenuhi kebutuhan energi berupa BBM dan LPG sehingga konsumen tidak perlu khawatir,” tegasnya.

Deny juga menghimbau, jika konsumen mengalami kesulitan dalam mendapatkan pasokan BBM dan LPG dapat menghubungi Pertamina Contact Center 135 atau informasi melalui aplikasi MyPertamina.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com