Advertorial

Daftar Rekomendasi Game Android Terpopuler, dari Genre Perang hingga Olahraga

Kompas.com - 05/04/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com – Bermain game menjadi salah satu cara untuk menikmati waktu luang, terlebih saat menunggu waktu berbuka puasa. Kamu bisa mencari rekomendasi game Android terpopuler di Google Play sebelum melakukan aktivitas tersebut.

Bisa dibilang, bermain game menjadi hiburan termurah ketimbang harus melakukan rekreasi, terlebih pada masa pandemi Covid-19.

Sebelum era Android, aktivitas bermain game biasanya dilakukan di konsol, seperti Playstation, Xbox, serta Nintendo.

Seiring perkembangan teknologi, bermain game juga bisa dilakukan melalui perangkat lain, seperti smartphone dan personal computer (PC). Bahkan, game Android terpopuler yang hadir di smartphone tak kalah seru dengan game di konsol.

Karena hal tersebut pula, citra game tak lagi hanya melekat pada anak-anak. Kini, orang dewasa juga ikut memainkan game. Bahkan, tidak sedikit orang dewasa berprofesi sebagai gamer profesional.

Fenomena tersebut tak terlepas dari ragam pilihan game Android yang memang dikhususkan untuk orang dewasa. Sebagai contoh, catur online, kartu, serta role-playing game (RPG). Untuk memenangkan game tersebut, pemain harus memutar otak demi mengalahkan tantangan besar di hadapannya.

Saat ini, game Android terbagi menjadi dua, yakni online dan offline. Meski banyak game yang dimainkan secara online, game offline juga tak kalah seru untuk dimainkan.

Game juga memiliki ragam jenis sesuai dengan genre, mulai dari teka-teki, olahraga, strategi, perang, hingga puzzle. Kamu bisa memilih game sesuai genre yang disukai.

Lalu, apa saja game seru yang bisa dimainkan di Android? Simak ulasan berikut.

Game Android terpopuler online

Memainkan game secara online tentu mengasyikkan, terlebih bila dimainkan bersama teman-teman. Sebelum mengunduhnya, kamu bisa mengetahui daftar game Android terpopuler online sebagai referensi. Hal ini bertujuan supaya kamu tidak mengunduh game yang tidak disukai. Dengan begitu, kamu tidak rugi menginstal game yang kurang seru dimainkan.

  1. Mobile Legends: Bang Bang

Daftar pertama ada adalah Mobile Legends: Bang Bang. Game berjenis multiplayer online battle arena (MOBA) ini populer di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Meski banyak game baru bermunculan, Mobile Legends: Bang Bang dapat bertahan dan masih populer hingga sekarang. Hal ini berkat penambahan hero dan item baru yang membuat gamer tetap setia untuk memainkannya.

Seperti diketahui, setiap hero memiliki kemampuan dan skill masing-masing. Dengan penambahan tersebut, pemain tidak mudah bosan saat memainkan game ini karena bisa mencoba berbagai hero yang tersedia.

  1. PUBG Mobile

Daftar game Android terpopuler online selanjutnya adalah Player Unknown Battle Ground (PUBG) Mobile. Game bergenre first-person shooter (FPS) ini memiliki kepopuleran yang tidak kalah dengan Mobile Legends: Bang Bang.

PUBG Mobile merupakan game bergaya survival yang mengharuskan pemain atau kelompok berjumlah empat orang untuk bertahan hidup sampai akhir permainan. Pada awal kemunculannya, game Android ini mampu mendobrak genre FPS.

Untuk memainkan game tersebut, pemain harus memiliki smartphone dengan kapasitas random access memory (RAM) dan memori internal yang cukup besar.

  1. Clash Royale

Clash Royale bisa dipertimbangkan untuk penyuka game bergenre strategi. Game Android terpopuler online ini memadukan perang klan dan juga permainan kartu. Setiap kartu memiliki hero serta keunggulannya masing-masing.

Meskipun jumlah pemainnya tidak seramai game sebelumnya, Clash Royale tetap populer di kalangan pencinta game bergenre strategi. Bahkan, game ini masih banyak dimainkan oleh orang dewasa.

Untuk mempercepat level kartu, pemain bisa bergabung ke dalam sebuah klan tertentu.

Game paling populer dunia yang dimainkan offline

Selain game online, game Android terpopuler offline juga layak untuk dipertimbangkan. Pasalnya, kamu bisa tetap menikmati keseruan gameplay, meski tanpa sambungan internet. Simak daftar berikut.

  1. Minecraft

Minecraft merupakan salah satu game offline dengan kualitas jempolan. Sekali memainkannya, kamu akan sulit untuk berhenti.

Game bergenre sandbox dan survival tersebut menantang pemain untuk bertahan hidup serta membangun rumah idaman lengkap dengan isinya.

Selain dalam mode offline, Minecraft juga bisa dimainkan secara online. Jadi, kamu bisa memainkannya sesuai kebutuhan.

  1. Plants vs. Zombies

Game Android terpopuler offline berikutnya adalah Plants vs. Zombies. Game ini sudah digemari sejak beberapa tahun belakangan. Meski memiliki gameplay sederhana, banyak orang yang ketagihan saat memainkan game ini.

Untuk memainkannya, gamer akan mengatur tanaman untuk melawan para zombie supaya tidak memasuki rumah pemilik.

Pemain membutuhkan strategi untuk dapat menyelesaikan misi pada setiap level, termasuk saat melawan bos.

  1. Chess Free

Bagi penggemar game asah otak, Chess Free layak dipertimbangkan. Banyak orang memainkan game ini secara online untuk menghadapi pemain dari negara lain.

Meski demikian, Chess Free juga dapat dimainkan secara offline. Kamu bisa mempelajari taktik untuk mengalahkan lawan tanpa batasan waktu berpikir. Jika sudah memiliki strategi, kamu bisa menantang pemain dari negara lain untuk meningkatkan skill permainan.

Game Android terpopuler bergenre perang

Game bergenre perang juga menjadi salah satu yang diminati masyarakat. Game ini banyak tersedia di Google Play Store dan kamu bisa memilih sesuai selera. Berikut rekomendasi daftar game genre perang terpopuler.

  1. Garena Free Fire: Heroes Arise

Garena Free Fire: Heroes Arise sudah tidak asing bagi pencinta FPS di Android. Game yang sering dijadikan meme di media sosial ini masih kerap banyak dimainkan hingga sekarang.

Garena Free Fire: Heroes Arise memiliki gameplay yang cukup simpel. Pemain harus bertahan hidup dari pemain lain yang saling membunuh. Bila dapat bertahan hidup sampai akhir, kamu akan menjadi pemenang.

Game tersebut memiliki kapasitas data yang lebih sedikit ketimbang PUBG Mobile sehingga cocok bagi gamer yang memiliki smartphone dengan ruang penyimpanan terbatas.

  1. Clash of Clans

Game Android terpopuler untuk genre perang lain adalah Clash of Clans. Sebelum kehadiran Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile, Clash of Clans merupakan game bergenre perang terpopuler. Jumlah pengunduh game ini langsung melimpah dalam waktu beberapa minggu saja usai dirilis.

Clash of Clans memiliki cara bermain yang sederhana. Pemain hanya perlu mengalahkan lawan melalui perang klan. Namun, kamu tetap membutuhkan strategi terbaik untuk bisa mengalahkan lawan sekaligus membangun benteng pertahanan terbaik.

  1. MilkChoco

Mungkin ada banyak gamer yang masih asing dengan game MilkChoco. Namun, jika sudah memainkannya, game FPS ini bisa membuat ketagihan.

MilkChoco memiliki sejumlah karakter yang lucu dan menggemaskan. Setiap karakter yang tersedia pada game Android terpopuler ini memiliki keunggulannya masing-masing. Pemain harus memahami cara penggunaan skill secara efektif.

Selain itu, pengguna dapat memilih ragam mode dalam MilkChoco, mulai dari survival hingga menguasai wilayah lawan.

Game Android terpopuler bergenre sport

Selain genre perang, game Android bergenre olahraga dapat dijadikan pilihan. Kamu bisa mencari game Android dari berbagai jenis olahraga, mulai dari sepak bola, basket, tinju, gulat, hingga mixed martial arts (MMA).

  1. eFootball Pro Evolution Soccer (PES) 2021

Untuk permainan sepak bola, eFootball Pro Evolution Soccer ( PES) 2021 patut menjadi pertimbakan. Game sepak bola populer besutan Konami ini mengalami peningkatan kualitas grafik dan gameplay ketimbang seri sebelumnya.

Bahkan, versi Playstation game tersebut turut diubah seperti format eFootball PES versi Android. Hal ini membuktikan bahwa kualitas game ini diakui.

  1. NBA Live Mobile Basketball

NBA Live Mobile Basketball tak boleh dilewatkan oleh pencinta olahraga basket. Game ini menampilkan kualitas grafik yang tak kalah bagus dengan pendahulunya.

NBA Live Mobile Basketball memiliki empat mode permainan, yakni Live Events, Head-to-Head, Season, dan Leagues.

Saat memainkan game itu, kamu akan membangun tim basket milikmu sendiri. Mulanya, kamu akan diberikan pemain awal untuk membangun kerajaan tim basketmu. Game ini sudah banyak diunduh sehingga kualitasnya tak perlu diragukan.

  1. 8 Ball Pool

Game Android terpopuler bergenre sport selanjutnya adalah 8 Ball Pool. Game ini cocok dimainkan oleh pencinta olahraga biliar. Melalui game ini, kamu bisa beradu keahlian bermain biliar dengan pemain dari seluruh dunia.

8 Ball Pool menyediakan berbagai macam jenis stik dalam permainan. Semakin bagus stik yang digunakan, peluang untuk menang juga kian besar.

Perangkat yang cocok untuk memainkan game paling populer di dunia

Untuk memainkan game Android terpopuler tersebut, kamu membutuhkan smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Pasalnya, perangkat terbaik dapat memberikan performa maksimal sekaligus meminimalisasi kendala saat bermain game.

Adapun smartphone yang direkomendasikan untuk memainkan game Android keluaran terkini harus memiliki RAM dengan kapasitas minimal 4 gigabita (GB).

Smartphone dengan kapasitas RAM di bawah itu tidak direkomendasikan. Pasalnya, sebagian besar game terkini mengonsumsi RAM cukup besar.

Selain itu, pastikan juga internet kamu memiliki koneksi yang bagus saat bermain secara online. Pasalnya, kualitas jaringan turut berpengaruh terhadap kelancaran bermain game online.

Sementara itu, bila kamu memilih bermain game offline, pastikan smartphone kamu cukup kompatibel untuk memainkannya.

Salah satu cara agar nyaman memainkannya, kamu bisa menghapus aplikasi yang memberatkan atau memperlambat kinerja sistem. Hal ini bertujuan supaya s martphone dapat memainkan game dengan lancar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai game Android terpopuler lainnya, kamu bisa mengujungi laman https://morning.computer/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com