Advertorial

Human Initiative Beri Penghargaan Para Mitra Kolaborator dan Luncurkan Initiative Store pada Initiative Forum 2022

Kompas.com - 08/04/2022, 11:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Organisasi kemanusiaan, Human Initiative, menggelar Initiative Forum 2022 bertajuk “Inspirasi untuk Negeri, Berdikari dengan Kolaborasi” di Birawa Hall, Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Kegiatan tersebut berisi dua agenda utama. Pertama, pemberian penghargaan kepada seluruh mitra kolaborator yang telah mendukung sepak terjang Human Initiative dalam menjalankan visi dan misi sepanjang 2021. Sebanyak 18 penghargaan diberikan organisasi ini kepada para mitra.

Adapun mitra kolaborator tersebut berasal dari pemerintahan, swasta, komunitas, non-governmental organization (NGO), dan media massa.

Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati mengatakan, ada sekitar 20 perusahaan swasta yang menjadi mitra kolaborator. Sementara, dari pemerintahan, salah satu dukungan terhadap Human Initiative berasal Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

“Media juga ada, seperti Reuters, Kompas, dan The Jakarta Post. Tanpa mereka (mitra kolaborator), seluruh visi dan misi, serta program Human Initiative tidak akan berjalan. Harapannya, kolaborasi terus berlanjut,” lanjut Tomy saat ditemui di sela acara. 

Daftar penerima penghargaan Initiative Forum 2022 adalah sebagai berikut.

  1. Kategori Mitra Media Pemberitaan Online: Reuters
  2. ‌Kategori Mitra Media Penyiaran: Indika FM
  3. ‌Kategori Mitra Pemerintahan Provinsi: Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  4. ‌‌Kategori Mitra Pemerintahan Lokal: Pemerintah Kota Balikpapan
  5. ‌Kategori Mitra Institusi Pendidikan: SDIT Al-Biruni Mandiri Makassar
  6. ‌‌Kategori Mitra Komunitas: Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI)
  7. ‌‌Kategori Mitra Diaspora: IMC of Victoria
  8. ‌‌Kategori Mitra Digital Platform: Tokopedia
  9. ‌‌Kategori Mitra Lokal International-NGO: Habitat for Humanity Indonesia
  10. ‌‌Kategori Mitra Lokal NGO/Yayasan: YBM PLN
  11. ‌‌Kategori Mitra Perusahaan Daerah untuk Initiative for Children: Bank BPD DIY Syariah
  12. ‌‌Kategori Mitra Perusahaan Daerah untuk Initiative for Disaster: PT Phapros
  13. ‌‌‌Kategori Mitra Perusahaan Daerah untuk Initiative for Empowerment: PT Tirta Investama Plant Subang
  14. ‌‌Kategori Mitra Perusahaan Daerah Program Lingkungan: Bank Riau Kepri
  15. ‌‌‌Kategori Mitra Perusahaan Nasional untuk Initiative for Children: Danone Indonesia
  16. ‌‌‌Kategori Mitra Perusahaan Nasional untuk Initiative for Disaster: Paragon Technology and Innovation
  17. ‌‌‌Kategori Mitra Perusahaan Nasional untuk Initiative for Empowerment: PT Kimia Farma Tbk
  18. ‌‌‌‌Kategori Mitra Perusahaan Nasional Program Respons Covid-19: PT Sharp Electronics Indonesia

Kemudian, agenda kedua pada Initiative Forum 2022 adalah peluncuran Initiative Store. Platform digital ini ditujukan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan untuk memasarkan produk.

Untuk diketahui, selain isu kemanusiaan, Human Initiative juga menaruh perhatian pada pemberdayaan masyarakat dari segi ekonomi. Pasalnya, kata Tomy, aspek ini menyangkut keberlangsungan hidup.

“Ekonomi itu kan menyangkut soal perut. Apalagi, di masa pandemi Covid-19, hampir seluruh masyarakat terdampak secara ekonomi,” jelasnya.

Sejumlah produk UMKM binaan Human Initiative dipamerkan dalam Initiative Forum 2022. Kompas.com/Hotria Mariana Sejumlah produk UMKM binaan Human Initiative dipamerkan dalam Initiative Forum 2022.

Tomy melanjutkan, Human Initiative berjalan di atas tiga pilar, yaitu initiative for children yang berkaitan dengan perlindungan anak, initiative for disaster and management yang berfokus pada kebencanaan, serta initiative for empowerment yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat.

“Sebenarnya, pilar ketiga sudah sering direalisasikan, khususnya di daerah-daerah pedalaman. Sayangnya, kegiatannya kurang terekspos di masyarakat umum,” tuturnya.

Karena itu, Initiative Store diharapkan bisa terus berkembang agar para pelaku UMKM binaan mampu mandiri. 

Sebagai informasi, jumlah UMKM binaan Human Initiative hingga saat ini mencapai 31 dari 37 kota di Indonesia. Angka ini ditargetkan bisa meningkat sampai 10-15 persen pada 2022.

“Kami berharap, tahun ini dapat menjangkau lebih banyak UMKM. Namun, kami tidak bisa muluk-muluk. Pasalnya, pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan UMKM bukan perkara mudah. Pendampingan saja tidak cukup 1 tahun. Belum lagi dengan persoalan mengubah mindset dan membangun mental,” terang Tomy.

Selain dua agenda itu, penyelenggaraan Initiative Forum 2022 juga diisi dengan pameran sejumlah produk UMKM binaan, pertunjukan kreasi seni dari anak-anak binaan, serta peralatan yang kerap digunakan Human Initiative dalam mitigasi bencana alam.

“Urusan kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama. Mari bersinergi karena semakin banyak yang berkolaborasi, semakin banyak pula pihak yang terbantu,” ajak Tomy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com