Advertorial

Mas Dhito: Pejabat Kabupaten Kediri Harus Punya Sense of Crisis

Kompas.com - 08/04/2022, 16:55 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengingatkan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, Jawa Timur, untuk memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu, Mas Dhito, begitu sapaan akrabnya, juga meminta dinas-dinas di Kabupaten Kediri untuk saling bersinergi dan membuang kebiasaan ego sektoral.

Hal tersebut disampaikannya pada pelantikan dan pengambilan sumpah 85 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pejabat pengawas Pemkab Kediri yang diadakan di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG), Jumat (8/4/2022).

"Saya minta kepada bapak ibu kepala dinas, bapak camat, dan seluruh pejabat Pemkab Kediri yang dilantik hari ini untuk punya rasa, punya hati. Kalau Pak Presiden bilang, ‘punya sense of crisis’, punya empati terhadap masyarakat,” ujarnya seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

-Dok. Pemkab Kediri -

Ia pun mengimbau para pejabat dinas untuk langsung menanggapi persoalan yang ada di lapangan, walaupun bukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari dinas terkait.

Tak hanya itu, kepada pejabat yang dilantik dan diambil sumpah, Mas Dhito juga menekankan urgensi kerja sama dalam mengatasi berbagai persoalan. Ia mengumpamakannya seperti sapu lidi.

Ia mengatakan, lidi yang berdiri sendiri akan lebih mudah untuk dipatahkan. Namun, ketika dikumpulkan menjadi satu kesatuan, lidi-lidi akan lebih kuat dan sulit dipatahkan.

Belajar dari sapu lidi, Mas Dhito meminta semua pejabat di pemerintahannya untuk menjadi satu kesatuan dan menghilangkan sifat ego sektoral.

-Dok. Pemkab Kediri -

Ia juga meminta para pejabat untuk menjaga komunikasi antardinas. Dengan begitu, ketika menemukan persoalan yang bukan tugas dinasnya, para pejabat dapat mengomunikasikannya dengan dinas terkait.

"Saya minta keharmonisan, sinergitas, (dan) buang ego sektoral. (Saya ingin) bagaimana caranya, antara satu dan (yang) lain bisa berkomunikasi," tegasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com