Advertorial

Peringati Hari Down Syndrome Sedunia, Novakid Bagikan Cerita Inspiratif lewat Webinar "Ngobrol Bareng Gwen"

Kompas.com - 11/04/2022, 19:36 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome Sedunia yang jatuh setiap 21 Maret, Novakid mengadakan web seminar (webinar) bertema “Ngobrol Bareng Gwen”.

Sebagai informasi, Gwen adalah seorang anak berusia enam tahun yang menderita down syndrome. Pada webinar tersebut, Gwen hadir sebagai kid ambassador Novakid dengan didampingi oleh orangtuanya, Natalia Dessy.

Pada Ngobrol Bareng Gwen, Dessy membagikan pengalaman dan ceritanya bersama Gwen, mulai dari suka duka menjadi ibu seorang anak down syndrome, kondisi Gwen saat ini, hingga mengenai keterampilan bahasa Inggris Gwen yang berkembang pesat.

Selain itu, webinar tersebut digelar sebagai bentuk pernyataan dan dukungan Novakid terhadap pemenuhan hak pendidikan untuk semua anak melalui pendidikan inklusif.

Gwen dan upaya menaklukkan keterbatasan

Meski penderita down syndrome tergolong berkebutuhan khusus, bukan berarti mereka tidak bisa menggali potensi, belajar mandiri, dan punya segudang prestasi.

Dessy mengatakan, Gwen adalah contoh nyata dari anak down syndrome yang mampu belajar dan mengembangkan diri dengan baik, termasuk untuk kemampuan kognitifnya.

“Gwen itu anaknya ceria, ramah, peka, dan sangat peduli pada orang lain. Dia cepat menangkap dan memahami situasi yang terjadi. Misalnya, kalau dia berkenalan dengan orang baru, dia bisa menceritakan kembali tentang orang itu. Dia juga punya kemauan belajar yang sangat tinggi,” ujar Dessy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (11/4/2022).

Dessy menambahkan, setelah dirinya memahami dan menerima kondisi Gwen, ia bertekad untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk Gwen.

Oleh karena itu, Gwen rutin menjalani berbagai aktivitas yang dirancang khusus untuk membantunya mengembangkan diri, seperti terapi wicara, terapi edukatif, dan fisioterapi sejak usia satu tahun.

Saat ini, Gwen juga belajar secara virtual di sebuah taman kanak-kanak (TK) di dekat tempat tinggalnya di Kudus, Jawa Tengah.

“Ia pun sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan sekolah dasar (SD). Sekarang, ia sedang fokus mempelajari berbagai macam keterampilan, seperti membaca, menulis, berhitung, dan bahasa Inggris,” jelas Dessy.

Metode belajar ramah anak di Novakid

Perjalanan Dessy mencari media belajar bahasa Inggris yang tepat untuk Gwen membawanya berkenalan dengan Novakid.

Menurut Dessy, untuk anak dengan kondisi spesial seperti Gwen, kelas privat dengan metode pembelajaran yang dipersonalisasi adalah pilihan tepat dan paling ramah anak.

Dengan metode belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuannya, Gwen jadi tidak ketinggalan. Bahkan, Gwen bisa menunjukkan perkembangan kemampuan yang pesat.

Itulah yang Gwen alami selama lebih kurang tiga bulan belajar bahasa Inggris bersama Novakid.

Untuk diketahui, di Novakid, program belajar bahasa Inggris diajarkan melalui metode total physical response (TPR).

Pada metode tersebut, guru melibatkan anak dalam berbagai macam aktivitas seru, seperti bergerak bersama, bermain, bercerita atau story telling, dan bermain peran atau role plays.

Dengan begitu, anak bisa lebih bahagia saat belajar dan lebih mudah dalam memahami materi.

Selain itu, metode TPR juga mudah disesuaikan dengan kondisi setiap anak yang berbeda sehingga mereka bisa merespons pelajaran dengan caranya sendiri.

Berkat metode itulah, lanjut Dessy, Gwen jadi sangat menikmati pelajaran bahasa Inggris dengan Novakid.

“Novakid sudah membantu Gwen dari nol. Saya tidak menyangka progres Gwen bisa secepat ini. Gwen bisa menjadi seperti sekarang hanya dalam waktu tiga bulan. Saat ini, Gwen sudah bisa merangkai kalimat sederhana dalam bahasa Inggris ketika bicara. Sebelumnya, dia tidak bisa sama sekali,” katanya.

Kemudahan Novakid untuk anak dan orangtua

Selain metode pengajaran yang ramah anak, Novakid juga memiliki berbagai kelebihan lain.

Dessy pun mengapresiasi berbagai kemudahan yang diberikan Novakid, mulai dari jadwal yang fleksibel dan mudah diatur, sistem pembayaran yang mudah serta terjangkau, hingga sistem pemilihan guru yang mudah.

Semua guru di Novakid pun memiliki sertifikasi mengajar internasional dan berpengalaman di bidangnya.

“Selain itu, user interface (UI) pada aplikasi Novakid patut diacungi jempol. Selain ramah untuk orangtua, aplikasi tersebut juga ramah untuk anak,” jelas Dessy.

Novakid percaya bahwa semua anak, termasuk yang memiliki keterbatasan, mampu mengembangkan potensinya bila diberikan kesempatan dan dukungan yang tepat.

Hal itulah yang membuat Novakid selaku lembaga pendidikan inklusif terus berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang kesejahteraan dan kebahagiaan semua anak. Tak terkecuali, anak berkebutuhan khusus.

Melalui Ngobrol Bareng Gwen, Novakid merayakan semangat anak-anak down syndrome sekaligus membuktikan bahwa #SemuaBisaBarengNovakid.

Segera daftarkan buah hati Anda dan buktikan kemudahan dari #SemuaBisaBarengNovakid sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Novakid, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com