Advertorial

Dukung Praktik Pola Hidup Bersih dan Sehat, NUVO Family Resmikan Sarana Cuci Tangan di 150 Titik di Indonesia

Kompas.com - 13/04/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com Brand produk perawatan tubuh dan kesehatan keluarga dari Wings Group Indonesia, NUVO Family, meresmikan 150 sarana cuci tangan yang tersebar di Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara peresmian diselenggarakan di Pantai Lasiana, Kupang, NTT, Rabu (30/3/2022).

Adapun program pembuatan sarana tersebut merupakan bagian dari kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman untuk meningkatkan praktik cuci tangan pakai sabun (CTPS) di Indonesia.

Khusus pembangunan sarana cuci tangan di NTT, NUVO Family bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) Indonesia.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi mengatakan, program pembuatan sarana cuci tangan di wilayahnya punya tiga dimensi penting bagi masyarakat. Pertama, dimensi idealis yang bermakna semua orang harus hidup bersih dan sehat.

Kedua, dimensi realitas. Dimensi tersebut menunjukkan bahwa Provinsi NTT masih kekurangan sarana air bersih dan sanitasi.

Ketiga, dimensi fleksibilitas. Josef menjelaskan, melalui program Indonesia Bergerak Lawan Kuman, Wings lewat NUVO Family mengajarkan masyarakat untuk mengikuti ajakan hidup sehat dengan sanitasi dan air bersih. Dengan begitu, kesehatan warga NTT pun dapat ditingkatkan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat NTT untuk menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Contohnya, melakukan cuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun. Selain itu, kami juga mengajak semua pihak, baik pemerintah, perusahaan swasta, maupun lembaga lain, untuk terus berkolaborasi membangun masyarakat NTT melalui kesehatan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/4/2022).

Sosialisasi pola hidup bersih dan sehat

-Dok. NUVO Family -

Pada program tersebut, NUVO Family tidak hanya membuatkan sarana cuci tangan. Di NTT, brand produk kesehatan keluarga itu juga turut menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada siswa sekolah dasar (SD) di SD Inpres 2, Kuanino.

Head of Public Relations Wings Group Indonesia Gabriella da Silva mengatakan, PHBS berperan penting dalam mencegah infeksi mikroorganisme penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, dan jamur. Oleh karena itu, pihaknya bersama UNICEF Indonesia berkomitmen menumbuhkan PHBS di masyarakat sejak usia dini.

“Selain itu, Wings Group juga mendukung pemerintah dalam mempercepat pengadaan akses air, sanitasi, dan kebersihan yang dikelola dengan aman serta berkelanjutan,” ujar Gabriella.

Ia melanjutkan, kerja sama yang berjalan secara konsisten antara pemerintah, swasta, dan media massa diharapkan bisa memberikan perubahan terhadap perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik. Perubahan tersebut termasuk menjaga kebersihan diri dan menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan sehari-hari.

“Demi Indonesia Sehat, Indonesia Maju!” ujar Gabriella.

Urgensi sarana air, sanitasi, dan kebersihan di sekolah

-Dok. NUVO Family -

Sarana air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) merupakan fasilitas penting yang harus ada di sekolah guna menciptakan lingkungan yang aman, bersih, dan sehat. Oleh karena itu, pemerintah mewajibkan sekolah menyediakan fasilitas cuci tangan sebagai syarat pembukaan kembali di masa pandemi Covid-19.

Sayangnya, berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada 2020, sebanyak 84 persen sekolah atau 44 juta murid tidak punya akses ke salah satu dari tiga WASH. Data yang sama juga menyebut bahwa 60 persen sekolah tidak memiliki sarana cuci tangan yang berfungsi serta dilengkapi air dan sabun.

Sementara itu, data milik Kementerian Agama (Kemenag) pada tahun yang sama juga menyebut fenomena serupa. Sebanyak 27 persen madrasah sudah memiliki akses ke sarana dasar WASH. Kemudian, baru 56 persen madrasah sudah memiliki akses ke minimal satu sarana cuci tangan di lingkungan sekolah.

Khusus di NTT, data Kemendikbud Ristek dan Kemenag tersebut mengungkap bahwa hanya 46 persen SD dan madrasah ibtidaiah (MI) serta 37 persen sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah sanawiah (MTS) yang memiliki sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

-Dok. NUVO Family -

Chief of Field Office NTT and NTB UNICEF Indonesia Yudhistira Yewangoe mengatakan, ketiadaan akses terhadap sanitasi dan sarana air bersih berpengaruh pada kualitas hidup anak. Hal ini dapat berujung kepada berbagai masalah kesehatan, seperti kekurangan gizi atau stunting dan bahkan kematian.

“UNICEF sudah hadir cukup lama di Indonesia dan NTT. Kami terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam memberikan edukasi dalam rangka mengubah perilaku ke arah yang lebih sehat, yakni membuat sarana dan prasarana terkait sanitasi dan sarana air bersih,” ujar Yudhistira.

Hingga saat ini, lanjut Yudhistira, sebanyak 70 persen rumah di NTT sudah memiliki fasilitas air bersih. Selain itu, 4 kabupaten juga sudah dinyatakan aman untuk kegiatan buang air besar.

“Ini adalah kemajuan besar dan kami ingin terus berupaya ke persentase yang lebih tinggi. Tentunya dengan berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta, contohnya Wings Group dalam program ini,” ujar Yudhistira.

Sebagai informasi, melalui UNICEF, Wings Group Indonesia juga turut mendistribusikan 5.000 paket Safe School Kits berupa sabun dan hand sanitizer NUVO, serta cairan disinfektan. Paket tersebut didistribusikan ke sekolah dan madrasah yang tersebar di enam provinsi Indonesia, yakni Aceh, Jatim, Jateng, Sulawesi Selatan (Sulsel), NTT, dan Papua.

Adapun NUVO Family memiliki rangkaian produk total protection solutions yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan pada masa pandemi. Produk tersebut terdiri dari NUVO Body Wash, NUVO Hand Soap, NUVO Hand Sanitizer, dan NUVO Wet Wipes.

Melalui produk-produk tersebut, NUVO berkomitmen untuk membantu mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan terlindungi setiap waktu. Dengan demikian, kualitas kesehatan masyarakat Indonesia dapat meningkat.

Untuk mengetahui seluruh kegiatan mengenai kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman dari NUVO, silakan mengikuti akun Instagram @nuvo_family.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com