Advertorial

Tingkatkan Mutu Talenta Indonesia, Pusat Belajar Guru Karawang Latih 12.000 Guru dalam Tiga Tahun

Kompas.com - 16/04/2022, 15:09 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 12.000 orang guru telah mendapatkan pelatihan dari Pusat Belajar Guru (PBG) Karawang di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Program pelatihan ini sudah berjalan sejak 2019.

Sebagai informasi, PBG Karawang berada di bawah binaan Putera Sampoerna Foundation (PSF) yang bekerja sama dengan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI).

Menandai pencapaian PBG Karawang selama tiga tahun terakhir itu, PSF dan Sampoerna Untuk Indonesia menyerahterimakan pengelolaan PBG Karawang kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karawang dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kamis (14/4/2022).

Acara serah terima tersebut dilakukan langsung oleh perwakilan Sampoerna Untuk Indonesia Riza Primadi dan Head of Program Implementation PSF Agastya Yogiswara kepada Wakil Bupati Kabupaten Karawang H Aep Syaepuloh.

“Peran serta PBG Karawang terhadap pendidikan dan para guru di Kabupaten Karawang terasa nyata. Terlebih, adanya perubahan gaya belajar saat ini. Dengan demikian, diharapkan bisa terus dirasakan imbasnya,” ujar Aep.

Harapan baik juga disampaikan oleh Sampoerna Untuk Indonesia melalui Ishak Danuningrat pada kegiatan koordinasi, Rabu (13/4/2022). Ishak berharap para guru yang telah mendapatkan pelatihan tersebut dapat meningkatkan kapasitas profesional mereka sebagai pendidik generasi penerus bangsa.

“Kami berharap, Program Pengembangan PBG di Karawang yang sudah berlangsung sejak 2019 memberikan akses kepada guru-guru di Kabupaten Karawang dan cabang Dinas Wilayah IV Jawa Barat untuk mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas profesional. Semoga bermanfaat untuk saat ini dan di kemudian hari,” ujar Ishak.

Ia juga menekankan bahwa program tersebut merupakan implementasi komitmen Sampoerna Untuk Indonesia dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang akan melahirkan talenta berkualitas.

“Komitmen tersebut selaras dengan Falsafah Tiga Tangan dan tujuan pembangunan berkelanjutan Sampoerna. Salah satunya adalah pendidikan berkualitas,” kata Ishak.

Sementara itu, Senior Director Putera Sampoerna Foundation Elan Merdy mengatakan, keberhasilan program PBG Karawang dalam melatih ribuan guru tersebut tidak didapat dari upaya instan, tetapi telah melalui perjalanan panjang.

“Setelah kurang lebih tiga tahun dalam binaan Putera Sampoerna Foundation serta dukungan dari Sampoerna Untuk Indonesia, saat ini ada 8 modul pelatihan. Kami juga telah mengadakan 101 pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan guru di Kabupaten Karawang,” ujar Elan.

Sebagai informasi, tak hanya serah terima, pada kesempatan tersebut digelar pula bincang interaktif dengan tema “Pendidik Karawang Siap Hadapi Tantangan Peralihan Revolusi Industri 4.0 ke 5.0”.

Program Belajar Guru Karawang

Implementasi program Pusat Belajar Guru yang digagas Sampoerna Untuk Indonesia fokus pada penyediaan akses pelatihan untuk pengembangan profesional guru di wilayah Karawang.

Perlu diketahui, PBG merupakan organisasi pembelajaran mandiri yang sistematis dan terstruktur serta dikelola oleh guru-guru terpilih di bawah pengawasan pemerintah daerah.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana pun mengapresiasi program PBG di Karawang. Ia menilai, Program Belajar Guru berfungsi sebagai pusat yang bisa merencanakan, mengembangkan, dan menginisiasi program-program yang dibutuhkan para guru, serta dapat diakses dengan mudah. Harapannya, bisa memperkuat profesionalisme para tenaga pendidik.

“Pusat Belajar Guru diharapkan bisa menghasilkan guru yang kompeten. Dengan demikian, bisa meningkatkan prestasi dan kualitas lulusan sekolah,” kata Cellica.

Apresiasi yang sama disampaikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Ke depannya, dukungan Sampoerna Untuk Indonesia melalui Program Belajar Guru diharapkan mampu mendorong percepatan pemerataan kualitas pendidikan di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Karawang.

Program tersebut juga dipandang sebagai bagian dari upaya dukungan kepada pemerintah untuk mencerdaskan generasi muda melalui pendidikan dan guru-guru yang berkualitas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com