Advertorial

Kelola Keuangan Rumah Tangga, Siasati Tagihan dengan Cara Ini

Kompas.com - 18/04/2022, 16:47 WIB

KOMPAS.com – Berbeda dari saat masih tinggal dengan orangtua, pasangan suami istri harus melakukan segala hal secara mandiri, termasuk dalam hal mengurus keuangan rumah tangga.

Seluruh pengeluaran pun harus disesuaikan dengan tujuan keuangan pasangan. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi finansial dapat stabil.

Untuk mewujudkan hal itu, suami atau istri yang dipercayakan memegang kendali penuh atas keuangan rumah tangga harus mampu membuat skala prioritas keuangan. Hal terpenting, mereka perlu mahir membedakan antara pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan.

Meskipun terlihat mudah, melakukannya tak semudah membalik telapak tangan. Kalau uang sudah ditangan, hal yang sering terjadi justru sebaliknya.

Pengelolaan keuangan rumah tangga yang berantakan dapat berdampak buruk. Bahkan, tak jarang dapat memicu pertengkaran.

Oleh karena itu, perencanaan keuangan harus dilakukan sejak awal. Apalagi, kalau pemasukan yang harus dikelola termasuk dalam kategori pas-pasan.

Setidaknya, pahami hal paling dasar dalam mengatur keuangan. Pemasukan yang diterima harus dihitung secara cermat. Kemudian, pisahkan dana untuk kebutuhan dan pengeluaran rutin.

Jika masih ada dana lebih, usahakan untuk menabung. Sisanya, barulah dapat digunakan untuk memenuhi hal-hal yang bersifat keinginan.

Buat skala prioritas

Perlu diketahui, kebutuhan dan pengeluaran rutin harus masuk dalam skala prioritas. Pasangan dapat mencatat seluruh kebutuhan untuk pos ini, mulai dari kebutuhan untuk makan, transportasi, sampai tagihan rutin lainnya.

Adapun tagihan rutin yang harus dibayarkan setiap bulan meliputi listrik, air, internet, serta jaminan kesehatan. Tagihan-tagihan ini dapat dibayarkan dalam rentang waktu tertentu setiap bulannya, sejak awal hingga menjelang akhir bulan sebagai tanggal jatuh tempo.

Sayangnya, rentang pembayaran yang cenderung lama kerap membuat pengguna menjadi abai. Tak jarang, uang justru terpakai sebelum tanggal jatuh tempo.

Untuk menyiasatinya, hitunglah seluruh tagihan rutin sejak pemasukan diterima dan bayarkan langsung pada awal bulan. Hampir seluruh tagihan, baik listrik pascabayar, air, internet dan telepon, maupun jaminan kesehatan dapat dibayarkan mulai tanggal 1 setiap bulannya. Kecuali, tagihan listrik prabayar.

Jika di rumah menggunakan sistem token listrik prabayar, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli voucer listrik di awal bulan. Jadi, sewaktu-waktu membutuhkan, Anda sudah memilikinya.

Setidaknya, mengeluarkan dana lebih awal untuk tagihan rutin merupakan upaya agar Anda terhindar dari masalah keuangan jelang akhir bulan.

Nah, untuk memudahkan pembayaran tagihan rutin, Anda dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran online, misalnya dengan menggunakan OCTO Mobile.

Sebagai informasi, OCTO Mobile merupakan super app milik CIMB Niaga. Aplikasi ini menyediakan fitur pembayaran tagihan, termasuk keempat tagihan rutin yang masuk skala prioritas kebutuhan rumah tangga tersebut.

Dengan aplikasi itu, pasangan dapat membayarkan tagihan rumah tangga dengan mudah dan praktis.

Pasalnya, tagihan dapat dibayarkan menggunakan smartphone tanpa harus keluar rumah. Jadi, tidak ada alasan untuk malas ataupun lupa membayar tagihan.

Apabila tidak memiliki rekening CIMB Niaga, aplikasi ini juga menyediakan layanan pembuatan rekening baru tanpa harus datang ke bank.

Selain dapat membayar tagihan rutin, OCTO Mobile juga menyediakan fitur pembayaran tagihan lainnya.

Adapun pembayaran tagihan tersebut meliputi kartu kredit, televisi (TV) berbayar, pinjaman, kendaraan, dan pendidikan.

Selain itu, pembayaran terkait administrasi negara seperti, visa dan paspor, penerimaan negara, pajak, bea cukai, dan Kantor Urusan Agama (KUA), juga dapat dilakukan dengan aplikasi OCTO Mobile.

Tak hanya itu, OCTO Mobile juga menyediakan layanan investasi reksa dana yang bisa dilakukan nasabah dengan modal mulai dari Rp 100.000 saja.

Selain reksa dana, Anda dapat pula berinvestasi pada instrumen lain di OCTO Mobile, seperti obligasi, deposito, tabungan berjangka, tabungan valuta asing, dan asuransi lengkap. Pembelian instrumen investasi juga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa perlu datang ke kantor cabang CIMB Niaga.

Jadi, selain membayar tagihan rumah tangga, pasangan dapat menginvestasikan uang secara mudah. Dengan begitu, kebutuhan tabungan dapat juga diakomodasi dalam satu aplikasi ini.

Dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut, pasangan akan lebih mudah dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Sebagai informasi, OCTO Mobile dapat diunduh melalui App Store (iOS), Play Store (Android), dan App Gallery (Huawei).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com