Advertorial

Transaksi Cashless dan Cardless QRIS Semakin Diandalkan Masyarakat

Kompas.com - 19/04/2022, 16:18 WIB

KOMPAS.com - Momentum kenaikan mobilitas dan konsumsi masyarakat tahun ini menjadi berkah bagi seluruh channel transaksi pembayaran nasional. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pun diprediksi membukukan pertumbuhan kinerja yang lebih kuat ke depan.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menyampaikan, masyarakat saat ini sudah semakin nyaman menggunakan QRIS sebagai channel pembayaran sehari-sehari.

Industri perbankan, termasuk Bank Negara Indonesia (BNI), juga secara agresif terus memperluas akseptasi QRIS agar mendukung peningkatan transaksi cashless dan cardless yang lebih masif.

“Perlu digarisbawahi bahwa periode Ramadhan dan Lebaran 2022 diperkirakan jauh lebih meriah dibandingkan 2 tahun sebelumnya. Tentunya, (kondisi) ini akan men-generate transaksi, khususnya pada QRIS yang lebih kuat,” kata Erwin dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar optimistis bahwa periode Ramadhan dan Lebaran 2022 akan menjadi momentum yang paling baik untuk akselerasi kinerja transaksi QRIS.

Oleh karena itu, kata Royke, pihaknya terus memperluas jumlah merchant agar akseptasi fitur QRIS BNI Mobile Banking semakin luas. Upaya ini sekaligus bentuk dukungan perseroan untuk program QRIS Menuju Indonesia Maju besutan Bank Indonesia.

“Pada kuartal I-2022, BNI telah melakukan akuisisi lebih dari 1,6 juta merchant QRIS dengan volume transaksi QRIS BNI mencapai Rp 297 Miliar,” imbuh Royke.

Royke menambahkan, kesiapan akseptasi tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk semakin mengandalkan transaksi cashless dan cardless QRIS sebagai metode transaksi utama sehari-hari.

“Kemudahan QRIS BNI Mobile Banking yang cukup scan and go akan memberikan experience yang nyaman, aman, cepat, dan praktis bagi nasabah,” tuturnya.

Selain melakukan edukasi kepada Nasabah, BNI juga memberikan promo menarik di berbagai merchant favorit untuk mendorong penggunaan QRIS.

Contohnya, gratis puding atau es krim untuk transaksi pembayaran dengan QRIS BNI Mobile Banking di KFC setiap hari Senin dan diskon khusus setiap tanggal 25 tiap bulannya. Ada pula promo cashback menarik dan buy one get one di Chatime, Gindaco, dan Cupbop.

Tidak hanya itu, BNI juga memberikan promo menarik di berbagai merchant groceries selama Ramadhan.

Untuk mendorong penggunaan QRIS BNI Mobile Banking di daerah, BNI pun mengutilisasi merchant usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khas lokal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com