Advertorial

Keberagaman Musik Bersatu di Ajang Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2022

Kompas.com - 21/04/2022, 00:15 WIB

KOMPAS.com - Festival musik Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNIJJF 2022) akan digelar secara offline di JiExpo Kemayoran, Jakarta, mulai 27-29 Mei 2022.

Penyelenggaraan salah satu festival musik jazz internasional terbesar itu pun disambut hangat oleh masyarakat. Utamanya, setelah pengumuman lineup fase pertama yang menunjukkan keberagaman genre musik jazz dan turunannya.

Adapun sejumlah nama yang diumumkan dalam lineup fase pertama, antara lain pemenang Grammy untuk Album R&B Terbaik, PJ Morton, serta musisi jazz muda Tanah Air, Adikara Fardy.

Hal itu menunjukkan bahwa BNIJJF konsisten dengan misinya sebagai tempat untuk memperkenalkan berbagai talenta musik ke seluruh dunia.

Direktur Utama Java Festival Production Dewi Gontha menuturkan, kembalinya BNIJJF tahun ini merupakan kabar gembira bagi pecinta musik nasional setelah vakum karena pandemi Covid-19.

“Kondisi ini tentu berdampak besar bagi banyak orang, termasuk kami dan semua pelaku industri pertunjukan musik langsung di Tanah Air,” kata Dewi dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Dewi memastikan bahwa pihaknya berusaha sebaik mungkin dan bekerja sama dengan banyak pihak untuk mempersiapkan segala hal. Dengan demikian, BNIJJF 2022 dapat menjadi festival yang aman, nyaman, dan berkesan pada era new normal.

“Java Festival Production akan mengatur secara detail terkait dengan sistem pembelian tiket kami yang bekerja sama dengan PeduliLindungi,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Dewi, BNIJJF 2022 akan menghadirkan ambience festival yang mengusung tema “Blooming Season” dengan instalasi seni yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen. Deretan lineup musisi pun dipersiapkan dengan komposisi yang kaya dan beragam untuk dinikmati semua kalangan masyarakat.

“Kami berharap, kehausan masyarakat untuk menghadiri festival musik langsung dapat terpenuhi di BNIJJF 2022 serta semakin banyak yang jatuh cinta kepada jazz dan genre musik turunannya, termasuk R&B, soul, dan funk,” sambungnya.

Ia menambahkan, BNIJJF 2022 tidak bisa dilaksanakan tanpa dukungan instansi pemerintah.

“Pemerintah telah memberikan kesempatan agar industri ini bisa bergerak kembali dan memberikan pengaruh pergerakan ekonomi bagi pelakunya,” imbuh Dewi.

Dewi pun mengucapkan terima kasih kepada sejumlah instansi pemerintah, seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kesehatan.

Kemudian, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kepolisian Republik Indonesia, dan Polda Metro Jaya.

“Terima kasih atas arahan dan dukungannya selama berbulan-bulan untuk persiapan acara sampai dengan hari ini dan sampai acara terlaksana nantinya,” ujarnya.

Dukungan BNI

Penyelenggaraan BNIJJF 2022 terbilang spesial karena menjadi momen kebangkitan festival offline di Indonesia setelah selama hampir dua tahun hiatus akibat pandemi Covid-19.

Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Mucharom mengatakan, dengan semangat #LompatLebihTinggi, BNI terus mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Salah satunya, melalui dukungan pada BNIJJF 2022.

Pada penyelenggaraan BNIJJF 2022, lanjut Mucharom, pihaknya pun tetap konsisten memberikan penawaran menarik untuk nasabah. Salah satunya, promo Buy 1 Get 2 Daily Pass BNI Java Jazz Festival 2022 yang bisa didapatkan di situs web www.javajazzfestival.com dengan menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.

“Selain itu, transaksi dengan Kartu Kredit BNI bisa digabungkan dengan promo cicilan 0 persen (dengan) tenor 3 bulan dan hemat hingga 50 persen dengan BNI Rewards Point,” sambungnya.

Mucharom melanjutkan, BNI juga senantiasa menyesuaikan terhadap kebutuhan masyarakat, khususnya generasi muda yang menginginkan kemudahan dalam bertransaksi finansial.

BNI Mobile Banking pun menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan fitur transaksi lengkap yang membuat nasabah bisa bertransaksi di mana dan kapan saja.

Bahkan, nasabah tetap bisa melakukan beragam transaksi finansial saat menonton BNIJJF 2022. Misalnya, top up uang elektronik dan pulsa, pembelian paket data, pembayaran via Quick Response Indonesian Standard (QRIS) BNI Mobile Banking, transfer, blokir kartu debit jika kartu hilang, dan cek tagihan kartu kredit.

"BNI pun secara konsisten membawa ekosistem cashless payment dengan menerima transaksi TapCash dan QRIS pada saat acara BNIJJF 2022. Tentunya, akan ada program promo tertentu khusus pengguna TapCash dan QRIS BNI Mobile Banking di lokasi acara," katanya.

Ragam lineup BNIJJF 2022

BNIJJF 2022 telah mengumumkan lineup fase kedua yang menghadirkan sejumlah musisi mancanegara dan Tanah Air. Berikut lineup lengkap musisi yang siap memeriahkan gelaran BNIJJF 2022.

  1. Adoria
  2. Adhitia Sofyan
  3. Adikara Fardy
  4. Afgan
  5. Alex Porat
  6. Andmesh Kamaleng
  7. ARTI (Arsy Widianto & Tiara Andini)
  8. Aryo Adhianto
  9. Bass G ft. Matthew Sayersz
  10. Bilal Indrajaya
  11. Candra Darusman Feat: Dira, Natasya Elvira, Rivan Kalbuadi, Sandy Sondhoro
  12. D’MASIV
  13. Danilla
  14. Dewa Budjana
  15. Dirty Loops
  16. Dreikids
  17. Emma-Jean Thackray
  18. Endah N Rhesa
  19. Fiersa Besari
  20. Gabe Bondoc
  21. Gangga
  22. Gilad Hekselman
  23. G-Pluck
  24. Hablot Brown
  25. Humania
  26. IDGITAF
  27. Jakob Ogawa
  28. Jarrod Lawson
  29. JAZ
  30. Juicy Lucy
  31. Kahitna
  32. Kenny Gabriel “The Playground Live Session”
  33. Keyon Harrold
  34. Lalahuta
  35. Mantra Vutura
  36. Marcell
  37. Mikha Angelo
  38. MLDJAZZPROJECT in collaboration with Kaleb J, Basboi, Budi Doremi
  39. MLDSPOT COLLABORATION with Nonaria, Dua Empat, Vira Talisa, Ivy Alisa
  40. Nadin Amizah
  41. Oslo Ibrahim
  42. PJ Morton
  43. RAN
  44. Rendy Pandugo
  45. Rizky Febian
  46. Romantic Echoes
  47. Samm Henshaw
  48. Sivia
  49. SUSU
  50. Teddy Adhitya
  51. Tohpati
  52. The Good People
  53. The Soulful
  54. Yefta & Teman Tidur
  55. Yura Yunita

Sebagai informasi pengunjung harus mempunyai tiket harian dan tiket special show pada hari yang sama untuk menyaksikan pertunjukan special show. Tiket bisa dibeli melalui situs resmi www.javajazzfestival.com.

Pengunjung harus sudah menerima vaksin primer dan penguat (booster) untuk bisa membeli tiket dan menghadiri festival. Informasi perkembangan terbaru BNIJJF 2022 dapat ditemukan di media sosial resmi Instagram @javajazzfest, Facebook Jakarta International Java Jazz Festival, Twitter @JavaJazzFest, dan Tiktok @javajazzfest.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com