Advertorial

Dukung Mudik Lebaran 2022, PTPL Hadirkan Program "Bangkitkan Harapan Bersama Pertamina Fastron dan Enduro"

Kompas.com - 21/04/2022, 10:44 WIB

KOMPAS.com – Anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial and Trading Pertamina), PT Pertamina Lubricants (PTPL) menghadirkan program bertema "Bangkitkan Harapan Bersama Pertamina Fastron dan Enduro".

Progam ini diluncurkan untuk menyambut semangat dan energi kebersamaan pada bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 2022 sekaligus wujud komitmen sebagai partner terbaik bagi pengendara di Indonesia.

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi mengatakan, pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2022, masyarakat kembali merasakan antusiasme karena bisa pulang ke kampung halaman atau mudik untuk berkumpul dengan keluarga. Ini dikarenakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pembatasan sehingga mudik boleh dilakukan.

“Hal ini menjadi awalan untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19, yang telah melumpuhkan berbagai sendi kehidupan selama lebih dari dua tahun,” tutur Werry dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (21/4/2022).

Oleh karena itu, PTPL berkomitmen untuk selalu hadir bersama masyarakat serta menjamin penyediaan kebutuhan dan layanan pelumas Pertamina dengan optimal. Salah satunya melalui berbagai program khusus yang bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat setelah pandemi.

Siapkan tempat istirahat Lesehan Enduro dan bengkel Pertamina Siaga Fastron

Senada dengan Werry, Direktur Sales and Marketing PTPL Sari Rachmi juga menuturkan bahwa PTPL melalui brand Fastron dan Enduro senantiasa menjadi partner terbaik bagi para pengendara dalam perjalanan. Dengan begitu, pengendara bisa sampai ke tempat tujuan dan bertemu sanak keluarga menjelang hari kemenangan.

Pada tahun ini, Sari menjelaskan, PTPL kembali menyediakan tempat rehat jalur mudik, yakni Lesehan Enduro. Tempat rehat ini akan disiagakan selama 24 jam, mulai Selasa (26/4/2022) hingga Senin (2/5/2022).

Lesehan Enduro dapat dijumpai di lima area utama yang berlokasi di lima titik jalur mudik pada sepanjang jalur Merak/Cilegon, Cirebon, Pekalongan, Nagrek, dan Banyumas. Berikut titik tempat rehat Lesehan Enduro.

  1. Masjid At Tuqo, JL Raya Pantura, Citemu, Mundu, Cirebon, Jawa Barat
  2. Masjid Uswatun Hasanah, Ciherang, Nagrek, Jawa Barat
  3. Masjid Al Fairuz Pekalongan, Jawa Tengah
  4. SPBU 44.531.01 Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah
  5. SPBU 54.614.27 Jl. Raya Perak Pagerwojo, Jombang, Jawa Timur

Sebagai tempat istirahat bagi pengendara yang lelah di perjalanan, Lesehan Enduro menyediakan fasilitas lengkap sebagai berikut.

  1. Ganti oli dan servis ringan kendaraan
  2. Penjualan pelumas Enduro
  3. Takjil dan santap sahur gratis
  4. Perlengkapan protokol kesehatan gratis
  5. Merchandise dan photo booth
  6. Area istirahat dengan televisi, jaringan WiFi gratis, coolbox minuman, dan kursi pijat
  7. Doorprize
  8. Medis ringan dan obat-obatan
  9. Area bermain anak-anak
  10. POSM petunjuk lokasi Lesehan Enduro
  11. Klinik Pertamina Siaga

Sari melanjutkan, Lesehan Enduro menyajikan tempat beristirahat yang nyaman di area masjid agar selalu dapat beribadah sembari merehatkan badan dan kendaraan.

Lesehan Enduro juga dilengkapi dengan peralatan dan mekanik yang siap membantu pemudik untuk melakukan pengecekan ringan terhadap sepeda motor, pemeriksaan angin ban, dan penggantian oli mesin jika diperlukan.

"Kami berharap, Lesehan Enduro dapat memberikan manfaat bagi para pemudik dan menjadi bagian dari pengalaman pulang kampung yang menyenangkan bagi masyarakat," lanjutnya.

Selain Lesehan Enduro, PTPL juga menghadirkan bengkel Pertamina Siaga Fastron untuk pemudik yang menggunakan mobil. Bengkel ini siap melayani pemudik mulai Senin (25/4/2022) hingga Senin (2/5/2022).

Adapun bengkel tersebut hadir di lima titik jalur mudik berikut.

  1. KM 57 – Tol Cikampek – Rest Area
  2. KM 379 – Tol Semarang Batang – Rest Area
  3. KM 519 – Salatiga Kertosono – Rest Area
  4. KM 66 – Tol Surabaya Malang - Rest Area
  5. KM 695 – Kertosono Surabaya – Rest Area

Bengkel Pertamina Siaga Fastron dilengkapi sejumlah fasilitas, yakni ganti oli dan servis ringan, penjualan pelumas Fastron, takjil gratis, alat protokol kesehatan, merchandise, obat-obatan ringan, jaringan WiFi gratis, coolbox minuman, dan TV.

Tak hanya itu, PTPL juga menghadirkan promo menarik bagi konsumen, yakni Buy 3 Get 1 untuk Produk Fastron Techno 10W-40 kemasan 1 liter di bengkel Olimart secara nasional dan Free Gear Matic untuk setiap pembelian Enduro Matic di Enduro Express terpilih secara nasional.

"Kami siap pastikan kebutuhan pelumas aman dan terkendali, khususnya di momen tahunan ini yang diprediksi akan terjadi lonjakan kebutuhan servis kendaraan bagi para pemudik, termasuk kebutuhan ganti oli. Maka dari itu, kami juga kembali mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2022, efektif mulai 18 April 2022 hingga 8 Mei 2022," tegas Sari.

Satgas RAFI, kata Sari, terus memonitor kegiatan operasional dengan memastikan ketersediaan bahan baku pelumas Pertamina, melakukan pengecekan proses produksi dengan ketat, dan memastikan ketersediaan produk pada seluruh Depot Supply Point (DSP) di 25 wilayah di Indonesia hingga sampai ke outlet.

Bangkitkan semangat bersama komunitas

Selain menyiapkan sejumlah hal jelang Lebaran, PTPL juga memberikan dukungan kepada komunitas otomotif guna membangkitkan semangat usai dua tahun pandemi.

Seperti diketahui, berbagai kegiatan kreatif di industri otomotif, termasuk olahraga balap, kegiatan komunitas mobil, dan motor, sempat redup akibat pandemi. Kegiatan berkumpul-kumpul seperti ajang kopi darat, touring, bahkan street race harus tertunda agar protokol kesehatan tetap terjaga untuk menekan laju kasus Covid-19.

Kini, memasuki 2022, ekonomi Indonesia sudah mulai bergeliat dan PTPL berkomitmen untuk menjadi bagian dari kebangkitan industri otomotif. Salah satunya dengan mendukung Fastron Enduro Street Race Polda Metrojaya yang bersinergi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Sari mengatakan, pihaknya merasa sangat senang menjadi bagian dari kegiatan otomotif anak muda yang positif ini selama Ramadhan.

“Dukungan tersebut merupakan lanjutan dari komitmen kami untuk memajukan dunia otomotif dan balap Indonesia. Untuk diketahui, sebelumnya Enduro juga hadir dalam ajang internasional MotoGP," ujar Sari.

Fastron Enduro Street Race merupakan ajang balap fun drag race roda dua dan roda empat yang diinisiasi Polda Metro Jaya dan Pengurus Pusat IMI. Ajang balap ini akan berlangsung pada Jumat-Minggu (22-24/4/2022) di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Dukungan terhadap industri otomotif dan komunitasnya tersebut akan terus berlanjut menjadi salah satu program unggulan Pertamina Enduro dan Fastron.

Selain berkolaborasi dalam kegiatan street race, PTPL juga merangkul berbagai komunitas otomotif untuk berbagi kepada sesama melalui kegiatan "Yuk Berbagi".

Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (26/4/2022) dan diadakan serentak di empat kota, yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 17.500 member dari berbagai komunitas roda dua dan roda empat.

"Yuk Berbagi" melakukan donasi ke rumah yatim piatu, rumah ibadah, serta tempat lain yang membutuhkan uluran tangan. Nantinya, semua komunitas akan berkumpul di Jakarta untuk buka bersama sekaligus dilakukan sharing session oleh IMI guna mengedukasi komunitas mengenai safety driving.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com