Advertorial

Relawan Pekerja Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Ajak Anak Yatim Berburu Baju Lebaran

Kompas.com - 21/04/2022, 16:49 WIB

KOMPAS.com ? Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah menggelar bakti sosial untuk anak-anak yatim dalam kegiatan bertajuk Semangat Berbagi Baju Lebaran (SEBARAN), Rabu (20/4/2022).

Kegiatan itu berlangsung di salah satu pusat perbelanjaan (department store) di Kota Semarang dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama di Hotel Patra Semarang, Jawa Tengah.

Untuk diketahui, SEBARAN merupakan salah satu program bakti sosial yang diselenggarakan Pertamina Grup se-Indonesia dengan melibatkan pekerja Pertamina sebagai relawan dalam kegiatan tersebut.

Khusus di Kota Semarang, para relawan SEBARAN merupakan pekerja Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah.

Salah satu fasilitator kegiatan tersebut, Putri Novyana, menjelaskan bahwa acara itu dihadiri oleh 21 anak yatim.

“Kami berharap, kegiatan itu dapat membawa kebahagiaan bagi mereka dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, meskipun tanpa kehadiran orangtua yang mungkin sudah tiada,” ujar Putri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (21/4/2022).

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah menggelar bakti sosial SEBARAN di Semarang, Rabu (20/4/2022).Dok. Pertamina Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah menggelar bakti sosial SEBARAN di Semarang, Rabu (20/4/2022).

Putri menambahkan, bantuan yang diberikan dalam kegiatan SEBARAN merupakan hasil donasi dari pekerja Pertamina.

“(Seluruh biaya yang diperlukan), mulai dari dana bantuan hingga (biaya) penyelenggaraan dalam kegiatan itu, didapat dari donasi secara sukarela. Hati kami tergerak untuk berbuat kebaikan kepada sesama. Terlebih, bulan suci Ramadhan (merupakan) momen yang baik untuk berbagi,” kata Putri.

Secara terpisah, Area Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan, SEBARAN merupakan salah satu kegiatan bakti sosial yang kerap digelar pekerja Pertamina secara sukarela.

“Pada momentum dan kesempatan tertentu, misalnya bencana alam atau memperingati hari jadi, kami kerap menggalang bakti sosial,” jelas Brasto.

Dia menuturkan, Pertamina memiliki wadah khusus bagi pekerja yang ingin terlibat dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

“Beberapa di antaranya adalah Serikat Pekerja Persada IV, Badan Dakwah Islam (BDI), Baituzzakah Pertamina (Bazma), Badan Koordinasi Umat Kristiani (Bakorumkris), Persatuan Wanita Patra (PWP), dan Agent of Change (AOC),” ujar Brasto.

Brasto menilai, bakti sosial yang dijalankan oleh organisasi-organisasi tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pekerja serta perusahaan, selain berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang dijalankan secara berkelanjutan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com