Advertorial

Rayakan Hari Kartini 2022, PNM bersama BRI dan Pegadaian Apresiasi 7.000 Perempuan Indonesia

Kompas.com - 22/04/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Raden Ajeng Kartini adalah pejuang emansipasi kaum perempuan. Jasanya membuat para perempuan Indonesia kini bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, berpartisipasi dalam kursi pemerintahan, hingga bekerja dengan profesi tinggi dan kedudukannya setara dengan laki-laki.

Selain itu, berkat Kartini perempuan Indonesia tidak lagi menjadi sosok yang hanya berdiam di rumah, serta mengurus suami dan anak. Mereka juga bisa menjadi apa pun dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Untuk itu, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar peringatan Hari Kartini secara hibrida dengan tema “Wonderful Magnificent 2022 – WOMAN 2022” di Sentul International Convention Center, Sentul, Jawa Barat, Kamis (21/04/2022).

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama PNM dengan Bank Rakyat Indonesia BRI, Pegadaian, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Wonderful Magnificent 2022 – WOMAN 2022 dihadiri oleh seluruh jajaran direksi dan komisaris holding Ultra Mikro (UMi).

Acara tersebut juga dihadiri 7.000 perempuan yang terdiri dari 5.000 Account Officer (AO) PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), 1.000 nasabah PNM Mekaar, 500 Mantri BRI, dan 500 Penaksir PT Pegadaian.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, perempuan menjadi entitas penting dalam hal transformasi perusahaan, khususnya di seluruh perusahaan BUMN.

“Sebagai wujud dari inklusivitas keuangan di Indonesia, peran para 'srikandi' ini menjadi vital,” ujar Erick Thohir dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa pembentukan holding UMi telah memastikan sumber pertumbuhan baru.

Namun, lanjutnya, terdapat tiga hal penting yang harus dicapai untuk memastikan keberhasilan holding UMi dalam mewujudkan pemerataan ekonomi dan mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

“Tiga hal tersebut adalah key performance indicators (KPI) yang harus dicapai, strategic initiatives atau cara mencapai KPI, dan program culture atau perilaku kolektif yang efektif dalam mencapai KPI,” imbuh Sunarso.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi menyampaikan, KPI dan strategi yang ditetapkan perlu didukung dengan program culture yang selaras dengan core value AKHLAK yang diusung Kementerian BUMN.

Untuk diketahui, AKHLAK merupakan akronim dari amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

“Untuk mendorong internalisasi AKHLAK, kami mengimplementasikan culture activation program bertajuk Brigade Madani,” sambungnya.

Wonderful Magnificent 2022 – WOMAN 2022 turut dimeriahkan brand ambassador BRI Cinta Laura Kiehl brand ambassador PNM Via Vallen.

Pada kesempatan itu, PNM juga merilis jingle khusus Mekaar dengan judul “Mekaar Buat Kita” yang dinyanyikan live secara perdana oleh Via Vallen dihadapan 7.000 perempuan pejuang ultramikro Indonesia.

Sebagai informasi, hingga 21 April 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 123,9 triliun kepada 11,6 juta nasabah PNM Mekaar.

Saat ini, PNM memiliki 3.673 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani usaha mikro dan kecil (UMK) di 34 provinsi, 443 kabupaten/kota, dan 5.006 kecamatan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com