Advertorial

Bebas Khawatir, Berikut Tips Memilih Kulkas yang Tepat untuk Hari Raya Idul Fitri

Kompas.com - 25/04/2022, 13:33 WIB

KOMPAS.com – Hari Raya Idul Fitri identik dengan kegiatan berkumpul bersama keluarga dan kerabat dekat. Oleh karena itu, banyak orang mulai menyiapkan hidangan spesial yang akan disajikan pada Lebaran.

Dalam memasak, salah satu persiapan terpenting adalah menyetok bahan makanan. Pasalnya, stok bahan makanan di rumah akan memudahkan proses memasak.

Meski demikian, stok bahan makanan harus disimpan dengan benar agar kualitas dan kandungan gizinya tetap terjaga.

Untuk keperluan menyimpan bahan makanan, kulkas bisa diandalkan. Kulkas dapat menyimpan bahan makanan atau makanan yang sudah matang agar lebih tahan lama.

Saat ini, ada banyak tipe kulkas dengan fitur dan teknologi canggih di pasaran. Agar tidak salah pilih, brand peralatan rumah tangga asal Turki, Berko, memberikan 4 tips memilih kulkas yang tepat. Berikut caranya.

  1. Kulkas dengan teknologi pendinginan terpisah

Pada umumnya, sistem pendinginan dalam kulkas konvensional terdiri atas satu kipas dan satu evaporator yang terletak pada bagian pembeku. Sistem itu berfungsi mendinginkan bagian pembeku terlebih dahulu, kemudian beralih ke bagian pendingin.

Sistem konvensional seperti itu membuat proses pendinginan kulkas lebih lama. Belum lagi, sistem pendinginan ini kerap memicu bau udara dalam pembeku dan pendingin tercampur.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih kulkas yang dilengkapi sistem pendinginan terpisah. Baik pada bagian pembeku maupun pendingin masing-masing memiliki evaporator dan kipas.

Sistem tersebut tidak hanya dapat mempercepat pendinginan kulkas, tetapi juga mencegah bau dan bakteri tercampur antara pembeku dan pendingin.

Kulkas dengan sistem pendinginan terpisah dapat ditemui pada produk keluaran Beko. Baik kulkas tipe pintu side-by-side maupun multidoor, sudah dilengkapi dengan teknologi NeoFrost di setiap kompartemen kulkas. Teknologi tersebut mampu menjaga aliran udara yang ideal dengan suhu optimal pada bagian pembeku dan pendingin.

Sistem pendingin terpisah juga dapat mencegah pembentukan bunga es pada kulkas. Dengan demikian, makanan yang disimpan dapat terjaga kesegarannya.

  1. Teknologi ideal untuk menjaga kesegaran dan nutrisi bahan makanan

Kulkas Beko dilengkapi teknologi canggih untuk menjaga kesegaran dan nutrisi bahan makanan. Dok. Beko Kulkas Beko dilengkapi teknologi canggih untuk menjaga kesegaran dan nutrisi bahan makanan.

Agar bahan terjaga kesegarannya, pilih kulkas dengan teknologi ideal seperti HarvestFresh pada kulkas Beko. Teknologi tersebut dapat menstimulasi tiga sinar matahari dalam crisper. Dengan demikian, sayur dan buah yang disimpan dalam kulkas tetap fresh seperti baru dipetik.

Selain itu, kulkas Beko juga memiliki teknologi Everfresh+ yang bisa menjaga kelembapan dalam crisper sehingga dapat mempertahankan kesegaran buah dan sayur tiga kali lebih tahan lama.

Perpaduan teknologi itu juga membantu mengurangi sampah rumah tangga karena mampu menjaga bahan makanan awet lebih lama. Dengan begitu, tidak ada bahan makanan yang terbuang.

  1. Fitur higienis kulkas

Bahan makanan mentah dan makanan yang sudah matang terkadang disimpan dalam satu kulkas. Oleh sebab itu, isi kulkas harus selalu bersih agar makanan yang disimpan tidak saling mengontaminasi satu sama lain.

Untuk mencegah kontaminasi bakteri, kulkas Beko dibekali fitur higienis IonGuard® yang dapat melumpuhkan bakteri dan menghilangkan aroma tidak sedap di dalam kulkas.

Karet pintu Beko juga dilengkapi teknologi Active Seal Guard, yaitu lapisan antibakteri, untuk mencegah kontaminasi bakteri dari luar kulkas.

  1. Sesuaikan ukuran kulkas dengan kebutuhan

Kulkas memiliki berbagai tipe desain dan berbagai ukuran. Untuk dapur yang berukuran kecil, sebaiknya pilih kulkas dengan ukuran kapasitas 100-200 liter.

Sementara itu, untuk rumah yang memiliki anggota keluarga banyak, disarankan menggunakan kulkas dengan ukuran 371-600 liter. Selain itu, pilih kulkas yang memiliki banyak ruang sehingga mampu menampung makanan dalam jumlah banyak.

Beko memiliki lini kulkas yang lengkap, mulai dari kulkas satu pintu, dua pintu, side by side, hingga multidoor.

Kulkas multidoor Beko memiliki empat pintu dilengkapi dengan fitur Multizone, yaitu kompartemen yang dapat diubah suhunya untuk dijadikan sebagai pembeku atau pendingin sesuai kebutuhan.

Selain dibekali teknologi mutakhir kulkas Beko juga dilengkapi jaminan garansi 3 tahun untuk servis dan suku cadang, serta 12 tahun untuk garansi ProSmart Inverter dan ProSmart Compressor.

Soal warna, kulkas Beko hadir dengan berbagai varian warna elegan, seperti hitam, silver, black glass door, grey glass door, dan putih.

Produk-produk Beko dapat ditemukan di toko-toko elektronik terdekat. Anda juga dapat mengunjungi official store Beko Appliances di platform e-commerce Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Bukalapak.

Untuk memperoleh informasi lengkap seputar produk Beko, kunjungi situs web Beko www.beko.com/id-id atau Instagram @bekoindonesia, serta Facebook dan Youtube Beko Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com