Advertorial

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat Indonesia, Gramedia dan TikTok Adakan Kompetisi #SerunyaMembaca

Kompas.com - 26/04/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Hal ini terungkap dalam survei bertajuk “Literasi Dunia” yang dilakukan oleh UNESCO pada Januari 2020.

Berdasarkan studi itu, Indonesia menempati posisi ke-69 dari 127 negara dalam hal literasi dengan minat baca hanya sebesar 0,001 persen. Ini berarti, hanya 1 dari 1.000 orang yang memiliki minat baca tinggi.

Guna menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia sekaligus dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia yang jatuh setiap 23 April, Gramedia berkolaborasi dengan TikTok untuk menghadirkan kompetisi bertajuk #SerunyaMembaca.

Adapun kampanye #SerunyaMembaca merupakan upaya Gramedia dan TikTok untuk menunjukan urgensi buku sebagai sarana ilmu dan hiburan yang seru bagi semua kalangan.

Dengan begitu, masyarakat Indonesia semakin tertarik untuk lebih banyak membaca.

Melalui serangkaian kegiatan pada kampanye tersebut, pengguna TikTok juga dapat menemukan buku favorit dan rekomendasi bacaan baru. Selain itu, pengguna juga bisa membeli buku yang disukai melalui TikTok Shop.

Tentang kompetisi daring #SerunyaMembaca

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (25/4/2022), kampanye #SerunyaMembaca merupakan kompetisi daring antar-pengguna TikTok di seluruh Indonesia untuk menyuarakan semangat literasi.

Gramedia telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai dengan total Rp 28 juta dan voucer Gramedia untuk para pemenang.

Persyaratan mengikuti kompetisi #SerunyaMembaca terbilang mudah. Peserta cukup membuat dua video edukatif dan informatif seputar rekomendasi buku, kutipan terbaik dari buku yang pernah dibaca, ulasan buku, atau unboxing buku.

Setelah itu, unggah konten tersebut ke Tiktok. Jangan lupa sertakan tagar #SerunyaMembaca dan mention akun @gramedia. Selain menarik, konten yang dibuat harus orisinal. 

Untuk mendapatkan gambaran tentang konten yang dapat diunggah, peserta dapat melihat contoh pada tautan Video 1, Video 2, Video 3, Video 4, dan Video 5.

Sebagai informasi, kompetisi #SerunyaMembaca berlangsung sejak 23 April 2022 hingga 30 April 2022. Sementara, pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 15 Mei 2022.

Untuk menyemarakkan kompetisi #SerunyaMembaca, Gramedia menggelar lima sesi live streaming di akun TikTok @gramedia, Sabtu (23/4/2022).

Acara itu menghadirkan tiga penulis, yakni Meta Hanindita yang hadir pada sesi pertama, Almira Bastari pada sesi kedua, dan Candra Aditya pada sesi ketiga. Selain itu, ada pula dua kreator TikTok Senja Rindiani (@shcerrr) yang mengisi sesi keempat, dan Alvi Syahrin (@alvisyhrn) untuk sesi terakhir.

Pada acara itu, Gramedia memberikan giveaway berupa 10 buku best seller persembahan Gramedia dan TikTok.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com