Advertorial

Sebentar Lagi Usai, Lakukan Kegiatan Berikut agar Ramadhan Lebih Berarti

Kompas.com - 27/04/2022, 10:11 WIB

KOMPAS.com – Dalam waktu dekat, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah (H). Itu artinya, bulan suci Ramadhan akan segera berakhir.

Bagi umat Islam, Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti. Ibadah puasa di bulan ini tak sekadar dilakukan demi menahan lapar dan dahaga.

Umat Islam pun harus menahan diri dari perilaku dan pemikiran yang tidak murni atau hawa nafsu. Dengan demikian, niat jahat, kata-kata kasar, dan perbuatan buruk dapat dihindari.

Lebih dari itu, puasa juga merupakan momen untuk memperbaiki diri dan memperbanyak pahala. Umat Islam pun berlomba untuk melakukan perbuatan baik. Dengan #NiatMurni tersebut, Ramadhan dapat dijalankan dengan lebih berarti.

Untuk membuat Ramadhan lebih berarti, kamu bisa mengisinya dengan empat kegiatan sederhana berikut.

  1. Bekerja

Meski merupakan aktivitas rutin, bekerja dengan ketulusan hati dan niat murni dapat membuat Ramadhan berarti. Terlebih, bagi umat Islam, bekerja merupakan salah satu bentuk ibadah.

Kiai Haji (KH) Ahmad Bahaudin Nursalim atau yang biasa disapa Gus Baha mengutip hadis Nabi Muhammad tentang bekerja.

“Kata Nabi, ibadah terbaik adalah bekerja. Biarkan orang bekerja sesuai dengan kemampuan masing-masing,” ujar Gus Baha seperti diberitakan KompasTV, Rabu (24/10/2021).

Menurut Gus Baha, seseorang yang bekerja dengan baik dan sepenuh hati sekaligus memberikan kebaikan kepada sesama telah beribadah dengan sebaik-baiknya, seperti yang dicontohkan Rasulullah.

  1. Membersihkan rumah

Bagi sebagian orang, aktivitas membersihkan rumah merupakan pekerjaan berat dan membosankan. Padahal, menurut ajaran Islam, seorang muslim diwajibkan untuk menjaga kebersihan, termasuk kebersihan badan dan lingkungan. Tak heran, ungkapan “kebersihan merupakan sebagian dari iman” kerap digaungkan di ajaran Islam.

Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, aktivitas tersebut dapat menjadi salah satu upaya sederhana untuk mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam rumah.

Lebih dari itu, aktivitas membersihkan rumah juga memberikan sejumlah manfaat lain, seperti meredakan stres, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Beribadah bersama keluarga

Selain berpuasa, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak ibadah lain selama Ramadhan. Beberapa ibadah yang bisa dilakukan adalah salat tarawih, mengaji, dan iktikaf di masjid.

Seluruh ibadah tersebut akan semakin bermakna jika dilakukan bersama keluarga. Momen ini dapat menciptakan keharmonisan dan mempererat hubungan dengan setiap anggota keluarga.

Agar lebih khusyuk dan maksimal, buat jadwal khusus untuk beribadah. Pada waktu itu, tinggalkan seluruh aktivitas dan jauhkan diri dari gadget

  1. Berbagi makanan dengan tetangga

Kegiatan sederhana lain yang bisa dilakukan untuk membuat Ramadhan lebih berarti adalah bersedekah, misalnya dengan berbagi makanan dengan tetangga yang membutuhkan.

Dikutip dari laman zakat.or.id, sedekah dianggap sebagai salah satu perwujudan keimanan seorang muslim. Sedekah tidak harus berupa materi.

Menurut hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Dzar, Rasulullah menyatakan bahwa jika tidak mampu bersedekah dengan harta, seorang muslim dapat membaca tasbih, takbir, tahmid, atau tahlil, serta berbuat kebaikan di jalan Allah, termasuk berbagi makanan dengan tetangga yang membutuhkan.

Itulah empat kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat Ramadhan lebih berarti. Meski sederhana, kegiatan tersebut bisa memberikan dampak besar jika dilakukan dengan #NiatMurni.

Agar ibadah dan kegiatan selama Ramadhan berjalan lancar, pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Selain itu, kamu juga perlu menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga secara teratur, serta mengonsumsi asupan bernutrisi, misalnya Bear Brand. Dengan kondisi tubuh prima, #NiatMurni selama Ramadhan pun dapat terlaksana.

Untuk mendukung hal tersebut, Bear Brand juga mengajak kamu berbagi inspirasi dan cerita tentang #NiatMurni yang dijalankan selama Ramadhan.

Caranya pun mudah. Kamu dapat mengunggah foto atau video melalui Instagram Story, Instagram Post, atau Instagram Reels tentang #NiatMurni yang tengah kamu lakukan pada Ramadan.

Jangan lupa untuk mengikuti (follow) dan menandai (tag) akun Instagram @bearbrand_id, menyebut (mention) tiga orang teman, serta mencantumkan tanda pagar (tagar) atau hashtag #NiatMurni pada unggahanmu.

Adapun program tersebut berlangsung pada Selasa (12/4/2022) hingga Minggu (1/5/ 2022).

Informasi selengkapnya mengenai cerita #NiatMurni Ramadhan Bear Brand dapat kamu temukan pada tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com