Advertorial

Komitmen Blibli Layani Pelanggan, mulai dari Beri Jaminan Orisinalitas Produk hingga Sediakan Layanan 24/7 Nonstop

Kompas.com - 28/04/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com – Sebagai bagian penting dari keberlangsungan industri ekonomi digital, konsumen memiliki sejumlah hak yang mesti dipenuhi oleh para penyedia platform marketplace. Beberapa di antaranya adalah kenyamanan dan keamanan saat berbelanja.

Hal tersebut terus menjadi fokus utama Blibli selama ini. Selain untuk kepentingan bisnis, kedua hak itu pun sudah diatur dalam Undang-undang (UU) Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Mengenai keamanan, Blibli melakukan kurasi ketat yang didukung teknologi artificial intelligence (AI) dan machine learning (MI) terhadap semua barang yang dijual. Itu berarti, keaslian produk di marketplace ini terjamin hingga 100 persen.

Sementara mengenai kenyamanan, Blibli menyediakan Blibli Customer Care 24/7 yang mampu mengakomodasi pertanyaan dan keluhan pelanggan sepanjang waktu. Layanan ini dapat diakses melalui live chat yang tersedia di situs web, email, telepon, WhatsApp, dan media sosial.

Kenyamanan pelanggan saat berbelanja juga Blibli tingkatkan lewat pengiriman cepat dan berbagai opsi pembayaran.

Soal pengiriman, marketplace yang berdiri sejak 2011 itu memiliki layanan 2 Jam Sampai yang memungkinkan pelanggan mendapatkan pesanannya dalam waktu cepat. Untuk meningkatkan performa pengiriman, platform ini didukung Blibli Express Service (BES), 15 gudang dan 30 hub di berbagai kota besar di Indonesia, serta 21 mitra logistik.

Sementara, terkait metode pembayaran, pilihan yang disediakan Blibli terbilang lengkap. Platform ini menyediakan 10 opsi cara bayar, antara lain kartu kredit domestik dan internasional, 7 opsi uang elektronik, cash on delivery (COD), serta cicilan kartu kredit yang bekerja sama dengan 22 bank.

Seluruh upaya tersebut dilakukan Blibli guna memastikan kepuasan dan kenyamanan pelanggan saat berbelanja. Sebab, sesuai tagline-nya “Pasti Puas Pasti di Blibli”.

Untuk ketersediaan produk, Blibli menawarkan berbagai macam produk yang terbagi dalam 20 kategori, mulai dari kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup. Seluruh produk bahkan bisa dibeli dengan harga terjangkau karena marketplace ini kerap menghadirkan promo belanja menarik.

Pada Ramadhan kali ini, misalnya, Blibli menggelar program belanja bertajuk “Ramadan Pasti Berkah” yang di dalamnya terdapat promo Ramadan Mega Sale. Adapun keuntungan yang ditawarkan berupa brand deal discount hingga 90 persen dan cashback sampai Rp 10 juta.

Konsistensi Blibli dalam memberikan layanan pelanggan pun mendapat pengakuan dari sejumlah pihak. Hal ini terbukti lewat raihan 5 Gold Medals dari Contact Center World-Asia Pacific 2021 Competition, 12 penghargaan dari The Best Contact Center Indonesia 2020, dan Excellence Call Center and Email Center di Indonesia Contact Center Awards (CCSEA) 2020.

Penghargaannya bukan main-main, tapi 8 penghargaan customer care sekaligus pada Indonesia Contact Center Awards (ICCA) 2019 dan Excellence Customer Satisfaction and Loyalty dari Service Quality Award (SQA) 2019.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com