Advertorial

Sebelum Mudik, Cek Komponen Slow Moving Mobil agar Aman Berkendara

Kompas.com - 10/05/2022, 13:00 WIB

 

KOMPAS.com – Salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum mudik menggunakan mobil pribadi adalah memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Hal ini perlu jadi perhatian agar pengguna mendapatkan kenyamanan dan terjamin keamanannya selama perjalanan menuju kampung halaman hingga kembali lagi ke rumah.

Selain komponen yang masa pakainya cukup singkat atau istilahnya fast moving, komponen slow moving juga perlu dipastikan dalam kondisi baik. Sebagai informasi, slow moving adalah komponen yang memiliki masa pemakaian relatif panjang. Beberapa komponen slow moving pun tidak dapat diprediksi kapan harus diganti.

Maka dari itu, mengetahui kondisinya sebelum perjalanan jarak jauh menjadi hal penting.

Berikut Kompas.com rekomendasikan komponen slow moving apa saja yang perlu diperiksa kondisinya dan waktu yang tepat untuk menggantinya dirangkum dari laman Mitsubishi Motors.

  1. Kaki-kaki mobil

    Komponen slow moving pertama yang perlu diperhatikan adalah kaki-kaki mobil. Letaknya yang berada di bagian bawah mobil, membuat pemilik mobil jarang mengecek dengan teliti. Komponen kaki-kaki terdiri dari beberapa bagian, seperti suspensi, tie rod, dan karet-karet bushing.

    Idealnya, pengecekan terhadap komponen kaki-kaki tersebut dilakukan setiap 20.000 kilometer (km) atau ketika servis berkala dilakukan.

    Namun, jika sebelum waktu servis sudah ada keluhan, seperti terdengar suara dari bagian tersebut, tandanya penggantian komponen kaki-kaki sudah harus dilakukan.

  2. Ban mobil

    Selanjutnya, komponen slow moving lainnya adalah ban. Meski kerja ban terbilang berat sebagai penopang mobil dan penumpang, serta berfungsi mengarahkan kendaraan dan membantu kinerja pengereman, komponen yang satu ini punya masa pakai yang lama.

    Idealnya, ban mobil dapat digunakan sampai dua tahun atau lebih, tergantung pemakaian.

    Meski demikian, kondisinya harus dicek ketika servis berkala. Jika sudah tipis atau mengalami kerusakan, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

  3. Kopling

    Kopling bertugas menyalurkan tenaga mesin ke roda. Komponen satu ini termasuk ke dalam slow movingyang masa pakai nya lama. Saat kopling bermasalah, mobil pun tidak akan bisa digunakan.

    Maka dari itu, pemilik kendaraan harus waspada saat bagian kopling kendaraan mengalami kesulitan untuk pindah gigi pada transmisi manual. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa kampas kopling perlu diganti.

  4. Lampu mobil

    Lampu mobil merupakan komponen penting dan akan berbahaya jika mengalami kerusakan. Apalagi, saat mobil dipakai pada malam hari. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan fungsi lampu mobil.

    Fungsi lampu pun perlu diperiksa setiap kali servis berkala. Jika sudah tidak menyala, lampu mobil harus diganti.

  5.  Aki mobil

    Aki berfungsi untuk menyimpan dan menyalurkan listrik pada mobil, termasuk pada lampu dan sistem audio. Aki mobil sendiri memiliki masa pakai yang lama, yaitu bisa lebih dari dua tahun tergantung pemakaian dan perawatannya.

    Ada dua jenis aki pada mobil. Pertama, aki kering yang tidak membutuhkan perawatan. Kedua, aki basah yang harus dilakukan pengecekan secara berkala. Jadi, jika mesin mobil tidak bisa dinyalakan, tandanya aki mobil harus segera diganti.

Itulah lima komponen slow moving yang harus diperhatikan sebelum mudik. Sebenarnya, pemilik mobil dapat merawat komponen slow moving dengan pengecekan visual atau melihat kondisi komponen secara kasat mata.

Contohnya, Anda bisa melihat kondisi tapak ban dan juga dinding ban. Jika masih bagus dan layak dipakai boleh dilanjutkan, tetapi jika tidak, segeralah menggantinya.

Selain itu, pengemudi juga dapat mengetahui masalah pada komponen slow moving dengan merasakannya saat berkendara. Misalnya, guncangan mobil yang tidak seperti biasa adalah indikasi masalah di sistem suspensi yang ada pada kaki-kaki mobil.

Supaya lebih aman berkendara dan mobil terawat, Anda bisa melakukan perawatan berkala di bengkel resmi sesuai dengan informasi yang tertera pada buku manual kendaraan.

Saat perawatan berkala, semua komponen, baik fast moving maupun slow moving, akan dicek dan dilakukan penggantian jika diperlukan.

Adapun salah satu bengkel resmi yang tepercaya dan bisa Anda andalkan adalah dari Mitsubishi Motors. Pengguna mobil Mitsubishi bisa menjadikannya sebagai tujuan servis berkala.

Perlu diketahui, bengkel resmi Mitsubishi Motors mempekerjakan mekanik ahli yang mampu melakukan pengecekan dan menangani berbagai masalah pada mobil.

Anda juga tak perlu khawatir saat ada komponen atau suku cadang yang perlu diganti. Sebab, produk yang ada di bengkel tersebut adalah produk asli dan berkualitas.

Informasi lebih lanjut mengenai perawatan dan bengkel resmi Mitsubishi, silakan klik tautan berikut ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com