Advertorial

Rakamin Academy Buka Ribuan Lowongan Magang Virtual di Bidang Digital Tiap Bulan

Kompas.com - 11/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com – Rakamin Academy menggelar program Virtual Internship Experience (VIX) yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Program ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kerja bagi talenta digital di Indonesia.

Pada program tersebut, Rakamin Academy memberikan layanan pembelajaran daring, mentoring, serta pengerjaan tugas standar perusahaan teknologi kelas nasional dan internasional dari ahli teknologi ternama.

Chief Executive Officer (CEO) Rakamin Academy Andika Deni Prasetya mengatakan, masalah pengangguran yang dialami tenaga produktif disebabkan oleh lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi tidak memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri (skill gap).

“Akibatnya, banyak dari mereka yang menganggur,” kata Andika dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Permasalahan tersebut, kata Andika, dapat diatasi melalui program magang. Oleh karena itu, Rakamin Academy memberikan solusi dan inovasi melalui program pelatihan dan magang terintegrasi, yakni VIX.

Program tersebut memberikan pengalaman magang yang memenuhi standar dan ekspektasi perusahaan yang membutuhkan talenta berkualitas. Dengan demikian, kesempatan pemagang diterima bekerja secara full time akan semakin besar.

Andika melanjutkan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada 2021 tercatat sebesar 6,49 persen.

“Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) seharusnya dapat meningkatkan mutu pendidikan serta memperbanyak pusat latihan kerja seperti Rakamin Academy yang dipercaya atau ditunjuk oleh Kemenkominfo sebagai official partner untuk meng-handle program pemagangan,” tuturnya.

Rakamin Academy, lanjut Andika, selalu berkomitmen membantu serta membekali siswa dan siswi bertalenta yang berniat untuk magang di perusahaan ternama. Dengan demikian, mereka dapat bersaing di dunia kerja.

Saat ini, jumlah pendaftar program VIX mencapai lebih dari 3.000 orang dalam kurun tiga minggu masa pendaftaran.

Peserta tersebut telah mendaftar ke berbagai perusahaan yang bekerja sama dengan Rakamin Academy, seperti Niagahoster, Investree, Bank Muamalat, Jackmall, Erajaya, ID/X Partners, Kimia Farma, serta Amoeba by Telkom Indonesia.

Adapun lowongan magang yang tersedia meliputi posisi fullstack developmentfront end web developerdigital performancedigital marketingbig datasearch engine optimization (SEO), dan data scientist.

“Kedepan, program VIX akan menambah jumlah mitra hingga 50 perusahaan dan akan berisikan lebih dari 5.000 lowongan kerja,” ucap Andika.

Untuk mengikuti program tersebut, kata Andika, calon peserta dapat mendaftarkan diri secara online melalui laman https://www.rakamin.com/virtual-internship-experience/.

Pendaftaran periode magang Mei 2022 telah ditutup pada Jumat (06/05/2022). Meski demikian, pendaftaran akan kembali dibuka pada 23 Mei 2022 untuk periode magang Juni 2022.


“Rakamin Academy membuka pendaftaran magang setiap bulan. Kami berkomitmen menjadi platform pelatihan vokasi terbaik yang menghubungkan expert dari top tech companies dengan siswa yang ingin belajar serta perusahaan yang membutuhkan talenta,” tutur Andika.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com