Advertorial

Jhonlin Rescue Team Bantu Pencarian dan Evakuasi Korban Tenggelam di Tanah Bumbu

Kompas.com - 16/05/2022, 13:52 WIB

KOMPAS.com - Jhonlin Rescue Team bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan pihak lainnya membantu proses pencarian dan evakuasi tiga orang korban tenggelam di Bendungan Irigasi Pal 17 Desa Mekarsari, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, sejak Jumat (13/5/2022).

Hingga Sabtu (14/5/2022), tim telah menemukan dua orang korban dengan kondisi satu orang meninggal dan satu orang selamat dan masih mencari satu orang korban lainnya.

“Kami menurunkan seluruh tim berjumlah delapan orang dan satu unit perahu karet untuk mempermudah pencarian korban di sungai. Pihak kami bersama Basarnas Tanah Bumbu masih melakukan pencarian 1 orang korban lagi,” jelas koordinator Jhonlin Rescue Team, Kayakat, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (16/5/2022).

Ia menambahkan bahwa pihaknya sempat menghentikan pencarian demi keselamatan tim relawan yang melakukan pencarian pada Jumat.

“Ini dikarenakan debit air yang tinggi akibat guyuran hujan. Semoga ke depan, cuaca mendukung untuk melakukan pencarian korban. Mohon doanya agar diberikan kemudahan dalam pencarian korban,” tambahnya.

Sebagai informasi, satu korban tenggelam atas nama Imul (30) ditemukan oleh petugas pada Sabtu sekitar pukul 08.30 WITA.

Saat ini, Basarnas bersama petugas gabungan lainnya masih melakukan pencarian terhadap satu korban yang masih belum ditemukan.Jhonlin Rescue Team Saat ini, Basarnas bersama petugas gabungan lainnya masih melakukan pencarian terhadap satu korban yang masih belum ditemukan.

Imul ditemukan tak bernyawa dengan jasad yang mengapung di hilir bendungan atau sekitar 500 meter dari titik tenggelam. Diketahui, Imul (30) merupakan warga dari Kabupaten Banjar yang sedang bekerja melakukan perbaikan bendungan irigasi.

Saat ini, Basarnas bersama petugas gabungan lainnya masih melakukan pencarian terhadap satu korban yang masih belum ditemukan. Korban yang belum ditemukan adalah Achmad Ehazali Syam (26) atau karib disapa Jali merupakan warga Jalan Kenanga RT 06 RW 09, Desa Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru.

Sementara itu, korban selamat, yakni Parno (40) merupakan warga Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel.

Jhonlin Rescue Team bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan pihak lainnya membantu proses pencarian dan evakuasi tiga orang korban tenggelam di Bendungan Irigasi Pal 17 Desa Mekarsari, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, sejak Jumat (13/5/2022).Jhonlin Rescue Team Jhonlin Rescue Team bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan pihak lainnya membantu proses pencarian dan evakuasi tiga orang korban tenggelam di Bendungan Irigasi Pal 17 Desa Mekarsari, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, sejak Jumat (13/5/2022).

Dari Parno, diketahui kronologis kejadian. Awalnya, ketiganya hendak melakukan perbaikan bendungan irigasi sekitar pukul 11 siang pada Jumat.

Kala itu, Jali berinisiatif untuk mandi di sungai yang berada di bawah bendungan irigasi. Sayangnya, Jali terseret arus sungai.

Melihat kondisi itu, Imul dan Parno berusaha membantu Jali dan ikut terjun ke sungai. Namun, Imul juga ikut terseret arus, sementara Parno berhasil keluar dari sungai.

Melihat kejadian itu, Parno minta bantuan pada warga setempat dan melaporkan kejadian ke Polsek Simpang Empat, Tanah Bumbu.

Hingga berita ini diturunkan, Senin, proses pencarian dan evakuasi satu orang korban masih dilakukan dan melibatkan Basarnas Tanah Bumbu, Jhonlin Rescue Team, Kompi II Batalyon 2A Baulicin, Sat Brimob Polda Kalsel, BPBD Tanah Bumbu, Rescue PKJR Tanah Bumbu, Polsek dan Koramil Simpang Empat, Tanah Bumbu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com