Advertorial

Lolos IISMA 2022, 28 Mahasiswa Unpar akan Rasakan Pengalaman Kuliah di Luar Negeri

Kompas.com - 17/05/2022, 09:02 WIB

KOMPAS.com – Sebanyak 28 mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil lolos seleksi program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.

Dengan beasiswa IISMA, 28 mahasiswa tersebut akan memperoleh pengalaman kuliah di perguruan tinggi berkelas dunia yang ada di luar negeri selama satu semester atau setara 20 satuan kredit semester (SKS).

Mereka akan menjalankan studi di 22 universitas top yang tersebar di 12 negara. Adapun universitas terkemuka di luar negeri yang menjadi tujuan pendidikan merupakan mitra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

IISMA merupakan salah satu upaya strategis dan wujud dari komitmen Unpar terhadap pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan internasionalisasi yang dicanangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Kepala Kantor Internasional dan Kerjasama (KIK) UNPAR Sylvia Yazid, Ph D mengungkapkan bahwa pada 2022 jumlah penerima beasiswa IISMA meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, tahun ini terdapat 125 mahasiswa yang mendaftar. Sebanyak 57 mahasiswa berhasil lolos ke tahap wawancara hingga akhirnya terpilih 28 mahasiswa.

Sementara pada program IISMA yang diselenggarakan pada 2021, sebanyak 19 mahasiswa Unpar memperoleh kesempatan berkuliah di luar negeri. Para penerima beasiswa pada tahun tersebut tersebar di sembilan negara.

Ia juga mengatakan, penerima beasiswa pun berasal dari bidang studi dan yang cukup beragam. Total terdapat tujuh pilihan bidang studi dari beragam host university.

“Hal ini menunjukkan keinginan kuat mahasiswa UNPAR untuk menimba pengalaman dari berbagai penjuru dunia sebagai bekal untuk menjadi bagian dari generasi emas Indonesia,” ujar Sylvia dalam keterangan tertulis Senin (16/5/2022).

Mahasiswa penerima beasiswa IISMA 2022 tersebut pun tersebar dari berbagai program studi di UNPAR.

Adapun rinciannya, Ilmu Hubungan Internasional sebanyak 19 mahasiswa, Akuntansi 2 mahasiswa, Arsitektur 3 mahasiswa, serta Teknik Elektro Mekatronika, Matematika, Manajemen, dan Hukum masing-masing 1 mahasiswa. 

Dia juga menjelaskan bahwa selanjutnya KIK akan melakukan proses persiapan keberangkatan dan pendampingan selama masa studi di luar negeri, hingga proses kepulangan dan pelaporan hasil program.

“Dalam keseluruhan prosesnya, KIK akan berkoordinasi dengan tim IISMA yang telah mempersiapkan berbagai kegiatan persiapan dan mekanisme pendampingan bagi para awardee,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph D pun menyampaikan apresiasinya atas capaian 28 mahasiswa Unpar peraih beasiswa IISMA 2022. Unpar, lanjut Mangadar, senantiasa berkomitmen melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Hal tersebut, katanya, juga sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo di hadapan civitas akademika Unpar dalam dies natalis ke-67 pada Januari 2022. Presiden Jokowi saat itu mengharapkan Unpar dapat senantiasa melahirkan SDM yang berkualitas unggul.

Having international experiences in both academic and socio-cultural aspects menjadi strategi pemerintah untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Visi Unpar pun demikian,” katanya.

Ia menjelaskan, visi Unpar adalah menjadi komunitas akademik humanis dan mengembangkan potensi lokal hingga ke tataran global demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan Tuhan.

Mangadar menyatakan, Unpar siap memberikan dukungan penuh bagi inisiatif civitas akademikanya untuk memperluas wawasan dan menambah pengalaman melalui interaksi dengan masyarakat dunia.

“IISMA merupakan program strategis Kemendikbud Ristek. Program yang sangat prestisius sekaligus selektif dan kompetitif. Suatu kebanggaan bagi UNPAR dapat kembali mendukung keikutsertaan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam program IISMA ini. Congratulations to UNPAR students,” ujarnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com