Advertorial

Mengenal Jenis-jenis Tenaga Kerja di Indonesia

Kompas.com - 17/05/2022, 18:37 WIB

KOMPAS.com – Tenaga kerja merupakan seseorang yang mampu menghasilkan barang, produk, serta jasa di sebuah instansi atau perusahaan, baik milik negara maupun swasta. Tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM) akan memperoleh upah sesuai dengan kebijakan dan kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak.

Sementara, menurut Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003, tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat.

Dengan demikian, tenaga kerja memiliki posisi penting sebagai roda penggerak suatu perusahaan. Tanpa tenaga kerja, perusahaan tidak dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan tenaga kerja yang bekerja sebagai upaya menjamin kesejahteraan SDM. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan software Human Resource Information System (HRIS).

Seperti diketahui, software HRIS dapatmembantu pengelolaan dan akses data SDM agar menjadi lebih rapi dan terpusat. Pasalnya, data seperti status kepegawaian, jenis pekerjaan, serta data lain terkait tenaga kerja atau SDM di perusahaan penting untuk dikelola secara rapi.

Lalu, apa saja jenis tenaga kerja yang ada di Indonesia? Simak ulasan berikut.

Jenis-jenis tenaga kerja di Indonesia

Pada umumnya, tenaga kerja memiliki kriteria yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah berada pada usia produktif atau usia kerja antara 18 sampai 64 tahun. Pembagian tenaga kerja di Indonesia sendiri dapat dikelompokkan menjadi empat jenis.

1. Menurut sifat

Jika dilihat dari sifatnya, tenaga kerja terbagi menjadi dua jenis. Pertama, tenaga kerja jasmani. Tenaga kerja ini dituntut untuk menggunakan tenaga dalam melakukan suatu pekerjaan.

Kedua, tenaga kerja rohani. Tenaga kerja ini bekerja dengan mengandalkan kemampuan otak dan pikirannya ketimbang tenaga. Biasanya, tenaga kerja rohani bekerja di tempat yang relatif bersih dan nyaman seperti perkantoran.

2. Menurut kemampuan

Berdasarkan kemampuan, tenaga kerja dibedakan dalam tiga jenis.

Pertama, tenaga kerja terdidik. Tenaga kerja ini memiliki pengetahuan dan kemampuan pada suatu bidang yang diperoleh melalui pendidikan formal.

Kedua, tenaga kerja terlatih. Tenaga kerja ini bekerja dengan mengandalkan keterampilan dan kemampuan khusus yang dimiliki. Biasanya, tenaga kerja ini memperoleh keahlian melalui pendidikan nonformal, seperti pelatihan keterampilan dan kursus.

Ketiga, tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih. Tenaga kerja ini tidak memerlukan pendidikan atau pelatihan terlebih dahulu. Tenaga kerja tidak terdidik juga tidak punya keharusan untuk memiliki keterampilan khusus.

3. Menurut jenis pekerjaan

Berdasarkan jenis pekerjaan yang dilakukan, tenaga kerja dibagi menjadi tiga jenis.

Pertama, tenaga kerja lapangan. Tenaga kerja ini bekerja dengan langsung terjun ke lapangan, bahkan berhubungan langsung dengan pelanggan.

Kedua, tenaga kerja pabrik. Tenaga kerja ini umumnya bekerja di bagian produksi pada pabrik atau industri manufaktur.

Ketiga, tenaga kerja kantor. Tenaga kerja ini bekerja dalam sebuah kantor, instansi, atau perusahaan. Biasanya, mereka adalah orang-orang terpilih karena memiliki kemampuan atau keahlian khusus.

4. Menurut hubungannya dengan produk

Berdasarkan hubungannya dengan produk, jenis tenaga kerja terbagi menjadi dua jenis.

Pertama, tenaga kerja langsung. Tenaga kerja ini terjun langsung menangani suatu produk atau barang. Dalam sebuah perusahaan besar, jumlah tenaga kerja langsung yang dibutuhkan biasanya terbilang banyak untuk mempercepat proses produksi.

Kedua, tenaga kerja tidak langsung. Tenaga kerja ini sebetulnya tetap berhubungan dengan produk atau barang. Akan tetapi, tugas mereka bukan memproduksi barang, melainkan merencanakan dan mengawasi proses produksi. Mereka yang tergolong tenaga kerja tak langsung biasanya memiliki pendidikan tinggi.

Itulah jenis-jenis tenaga kerja yang ada di Indonesia. Untuk bisa mengelola tenaga kerja secara baik, perusahaan membutuhkan software HRIS, Adapun salah satu perusahaan yang menyediakan software ini adalah GreatDay HR.

Perusahaan tersebut menyediakan aplikasi HR untuk proses payroll dan aktivitas pengelolaan SDM lain yang terintegrasi. Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan software HRIS dari GreatDay untuk menunjang kelancaran akvitias SDM di perusahaan Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com