Advertorial

Hadir Dalam Dua Format, Festival Music Gallery 2022 Umumkan Line Up Fase Pertama

Kompas.com - 18/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com – BSO Band Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) menggelar festival seni dan musik bertajuk The 12th Music Gallery pada Sabtu (21/5/2022).

Festival musik tahunan tersebut akan diselenggarakan dalam dua format, yakni secara offline di Ballroom Kuningan City, Jakarta, dan secara online melalui Youtube yang dirilis seminggu setelah pertunjukan offline.

Lewat pertunjukan offline, Music Gallery berharap dapat melepas rasa rindu masyarakat terhadap konser atau festival offline yang sempat ditiadakan selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Setiap tahun, Music Gallery mengusung tema yang berbeda guna meningkatkan kesadaran terhadap situasi yang terjadi di dunia seni dan industri musik.

Kali ini, Music Gallery mengusung tema “A Virtuous Harmony”. Tema tersebut berasal dari kata “virtuous” yang berarti benar secara moral dan “harmony” yang berarti suara yang berpadu menjadi indah. Dengan kata lain, “A Virtuous Harmony” mengacu pada sekelompok suara yang mengikuti cita-cita moral utopis.

Adapun tema itu terinspirasi dari gerakan flower power yang mencuat pada era 1960-an. Serupa gerakan tersebut, Music Gallery memiliki visi dan tujuan menyelesaikan konflik antara dua komunitas melalui musik. Dengan demikian, seni dapat membawa masyarakat untuk kembali hidup bersama.

Sebagai wadah pertunjukan seni dan musik, Music Gallery hadir untuk mereka yang mempertahankan pengabdian terhadap musik, terutama saat situasi pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Music Gallery diibaratkan sebagai kanvas putih kosong yang dapat digambar dengan ekspresi apa pun. Meski demikian, kanvas ini tetap membawa nilai kreativitas seniman untuk menuju tingkat selanjutnya.

Sebagai informasi, Music Gallery telah melakukan wawancara dengan lima seniman dari latar belakang dan bidang berbeda. Hasil wawancara ini diintegrasikan ke dalam sebuah narasi yang akan mengalir dari awal hingga akhir pertunjukan.

Sejumlah seniman yang akan memeriahkan Music Gallery adalah Yura Yunita, Nadin Amizah, Basboi, Nabrl, Noni, dan Riverlane. Adapun line up fase kedua akan segera diumumkan pada beberapa hari mendatang.

Selain penampilan musisi tersebut, Music Gallery juga akan menghadirkan pameran seni dan pertunjukan musik.

Untuk diketahui, tiket pertunjukan The 12th Music Gallery dijual dengan harga mulai dari Rp 195.000 melalui the-musicgallery.com/tickets atau aplikasi GoTix.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com