Advertorial

4 Rekomendasi Laptop Gaming Acer Berspesifikasi Gahar dengan Tampilan Sangar

Kompas.com - 23/05/2022, 13:45 WIB

KOMPAS.com – Produsen dan pengembang game terus memperbarui produk yang dimiliki dengan spesifikasi yang jauh lebih baik setiap tahun. Hal ini berimbas pada peningkatan standar spesifikasi personal computer (PC) demi mendapatkan pengalaman bermain game secara maksimal.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Acer. Baru-baru ini, Acer merilis empat laptop gaming dengan spesifikasi istimewa dan harga terjangkau. Berikut ulasannya.

  1. Nitro 5 Intel® Core™ i9 Processor RTX 3060

Acer Nitro 5 AN515-57 (Nitro 5) menggunakan 11th Gen Intel® Core™ i9 Processor dan NVIDIA® GeForce RTX™ 3060.

Prosesor yang diklaim sebagai mobile single thread tercepat di dunia itu memiliki frekuensi hingga 5 GHz serta mengusung arsitektur baru willow cove core 10 nm SuperFin dengan 19 persen gen-on-gen multithread peningkatan kinerja.

Dengan spesifikasi tersebut, pengguna Nitro 5 bisa memaksimalkan setiap fungsi, serta pengalaman yang lebih responsif dan tanpa lag.

Selain itu, Nitro 5 juga dilengkapi dengan PCIe Gen ke 4.0 bandwith yang memungkinkan laptop bekerja dua kali lebih cepat sehingga dapat menghasilkan frames per second (fps) yang lebih tinggi saat bermain game.

Demi mendukung kinerja yang lebih baik, Acer juga menyematkan teknologi Intel Turbo Boost Max Technology 3.0 yang membuat prosesor bekerja secara otomatis ke frekuensi tertinggi.

Sementara itu, software Intel Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel Speed Optimizer yang disematkan pada laptop itu dapat mendukung pengguna untuk melakukan overclocking agar kinerja laptop lebih maksimal.

Dengan layar QHD, refresh rate 165 Hz, serta 100 persen DCI-P3, Nitro 5 dapat mendukung berbagai aktivitas bermain game dan pekerjaan kreatif lain.

Guna meningkatkan efisiensi energi dan optimasi sistem dengan teknologi artificial intelligence (AI), Acer mengusung NVIDIA GeForce RTX 30 Series dengan dukungan arsitektur NVIDIA Ampere.

Kemampuan upgrade RAM hingga kapasitas 32 GB dengan dukungan dua channel, yakni dua slot SSD NVMe dan satu slot HDD SATA 2,5 inci, memungkinkan pengguna untuk mengembangkan penyimpanan hingga batas maksimal.

Selain itu, Acer juga memasang sistem pendingin kipas ganda dan empat ventilasi hawa panas untuk mendukung kinerja laptop. Adapun teknologi Acer CoolBoost yang dipadupadankan dengan aplikasi NitroSense juga dapat membantu meningkatkan kecepatan kipas dan pendingin hingga 10 persen.

Kemudian, untuk mendapatkan konektivitas terbaik dan menghasilkan audio video yang lebih jernih, Acer melengkapi Nitro 5 dengan discrete modul Intel® Killer™ WiFi 6/6E, Killer WLAN, Intel Wi-Fi 6 1650i (802.11ax), dan Intel® Killer™ Ethernet E2600.

Dengan spek mumpuni tersebut, Nitro 5 dibanderol dengan harga Rp 20.199.000. Harga ini termasuk bonus Free Office Home and Student 2021 dan upgradeable Windows 11.

  1. Nitro 5 Core Intel® Core™ i5 Processor RTX 3050 & 3050Ti

Opsi lain yang ditawarkan Acer untuk laptop gaming terbaik adalah Nitro 5 (AN515-57) atau Nitro 5 11th Gen Intel® Core™ i5 Processor RTX 30 Series. Dengan mengedepankan spek tinggi, laptop ini menonjolkan desain yang lebih garang dan harga terjangkau, yakni mulai Rp 14.339.000.

Nitro 5 seri tersebut dibekali dengan willow cover core 10 nm SuperFin, peningkatan kerja maksimal berfrekuensi 5 GHz, dan 19 persen gen-on-gen multithreaded.

Laptop itu juga mengusung PCIe Gen ke 4.0 untuk bandwith dua kali lebih cepat dan FPS tinggi. Tak hanya itu, hadir juga Thunderbolt 4.0 speed 40 GB/s yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data lebih cepat. Teknologi ini juga memungkinkan laptop dapat disambungkan pada dua monitor 4K berbeda.

Agar lebih leluasa saat bermain game, Nitro 5 menyematkan software Intel Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel Speed Optimizer. Spesifikasi ini juga memungkinkan overclocking dengan satu kali klik. Selain itu, Nitro 5 seri ini juga menyematkan 32EU/Xe Architecture untuk storage berkecepatan tinggi dengan bootable RAID 0.

Pada laptop tersebut, Acer menyematkan 11th Gen Intel® Core™ Processor seri terbaru dan kartu grafis GPU NVIDIA GeForce RTX. Keduanya dapat menghadirkan sensasi bermain game dengan kualitas dan kinerja terbaik, tanpa lag, serta efisiensi energi tinggi.

Layar 15,6 inci dengan refresh rate cepat 144 Hz juga memberikan pengalaman maksimal untuk para gamer memainkan permainan kesayangan mereka.

Fitur upgradeable pada Acer Nitro 5 untuk juga dapat membantu para gamer untuk meningkatkan kinerja laptop dengan lebih leluasa. Acer juga membebaskan penggunanya meningkatkan RAM dengan kapasitas hingga 32 GB yang mendukung dua channel, yakni dua slot NVMe SSD dan satu slot SATA SSD 2,5 inci.

Selain itu, ada pula modul Intel® Killer™ Wi-Fi 6/6E dan Killer Ethernet E2600 yang memastikan gamer bisa mendapatkan kinerja jaringan terbaik untuk gameplay yang nyaman dan stabilitas performa secara keseluruhan.

Selain itu, sistem pendingin kipas ganda dan teknologi Acer CoolBoost juga digunakan untuk mengatasi masalah termal sekaligus meningkatkan performa laptop secara keseluruhan. Kemudian, hadir pula Intel® Turbo Boots Max 3.0 yang dapat mengarahkan performa ke frekuensi tertinggi secara otomatis demi kinerja yang lebih baik.

Selain harga yang relatif terjangkau, laptop Acer Nitro 5 itu juga memberikan sejumlah bonus, mulai dari Office Home and Student 2021 yang bisa digunakan seumur hidup hingga cashback sebesar Rp 500.000.

  1. Predator Helios 300 Intel® Core™ i9 Processor RTX 3070

Predator Helios 300 Intel® Core™ i9 Processor yang didukung PCIe Gen ke 4.0 bandwidth menjadi jawaban Acer atas keinginan gamer untuk mendapatkan laptop gaming dengan FPS yang lebih baik dan cepat dalam pengalaman bermain game.

Layar QHD dengan panel Real IPS refresh rate 165 Hz dan color gamut 100 persen DCI-P3 dan DTS: X Ultra pada laptop tersebut menghadirkan sensasi tampilan yang lebih halus dan sound yang lebih menggelegar.

Adapun keunggulan utama dari produk tersebut adalah kehadiran 32EU/Xe Architecture yang bisa meningkatkan optimalisasi sistem dengan AI mutakhir dan mempercepat kinerja secara signifikan.

Spesifikasi itu juga dilengkapi dengan storage bootable RAID 0 yang memungkinkan laptop berperforma lebih baik menggunakan fitur canggih 32EU/Xe Architecture.

Selain itu, laptop tersebut juga dibekali dengan 19 persen gen-on-gen multithreaded yang memungkinkan performa laptop lebih cepat. Hal ini juga didukung oleh frekuensi yang dapat ditingkatkan hingga 5 GHz.

Demi mentransfer data dengan cepat, Acer juga memasang PCIe Gen ke 4.0 dengan bandwith dua kali lebih cepat, serta Thunderbolt 4.0 speed 40 GB/s.

Selain itu, Acer juga memasang fitur konektivitas modul Intel® Killer™ WiFi 6/6E untuk pengalaman bermain game tanpa lag dan lebih responsif.

Intel® Core™ i9 11900H Processor yang dipilih Acer sebagai otak dari laptop gaming itu tidak hanya memungkinkan pengguna untuk bermain berbagai game berat. Pengguna juga bisa melakukan aktivitas komputasi berat, seperti editing video dan multitasking lain.

Acer menyematkan RAM jenis DDR4 sebesar 16 GB dengan fitur upgradeable hingga 32GB pada laptop tersebut. Untuk penyimpanannya, Predator Helios 300 menggunakan SSD 512 GB yang memungkinkan perluasan kapasitas memori hingga 2 TB dengan menggunakan dual slot M.2 NVMe dan slot SATA HDD hingga kapasitas 2 TB.

Spesifikasi tersebut cocok bagi pecinta game sekaligus content creator. Terlebih, laptop ini juga mengusung fitur Intel Turbo Boost yang dapat meningkatkan performa laptop lebih baik.

Dengan spesifikasi hardware tingkat tinggi, Acer memasang sistem pendingin dua kipas 3D AeroBlade Generasi ke-5. Desain kipas ini terinspirasi dari sayap burung hantu. Kemudian, Acer juga mengusung teknologi Acer CoolBoost yang menjamin Predator Helios 300 tetap tenang dalam performa maksimal.

Pengguna juga akan memiliki kendali penuh atas kinerja laptop dengan kehadiran software pintar Intel Extreme Tuning Utilities (XTU). Software ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan kecepatan kipas, lighting effect, dan melakukan overclocking GPU untuk meningkatkan atau menurunkan kinerja laptop secara keseluruhan.

Dengan bonus Office Home and Students 2021, laptop tersebut bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 23.209.000 di toko retail, online platform, dan laman resmi Acer Indonesia.

  1. Predator Titon 500SE Intel® Core™ i7 Processor

Rekomendasi berikutnya adalah Titon 500SE Intel® Core™ i7 Processor. Sebagai laptop gaming serta creator, Titon 500SE dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi mumpuni.

Laptop yang memiliki desain tipis dengan fitur upgradeable itu mengusung layar IPS PolarBlack WQHD 240 Hz 100 persen DCI-P3 yang juga mendukung G-Sync pada laptop.

Demi menjaga kestabilan dan kinerja laptop tetap optimal, Acer memasang AeroBlade 3D generasi kelima dan teknologi penjaga suhu, Vortex Flow.

Kemudian, untuk memaksimalkan kinerjanya, laptop itu juga menyediakan port lengkap.

Kehadiran 11th Gen Intel® Core™ Processor pada laptop itu menghadirkan arsitektur willow cove core 10 nm SuperFin yang dilengkapi dengan 19 persen gen-on-gen multithreaded. Spesifikasi ini dapat meningkatkan performa laptop hingga mencapai frekuensi 5 GHz.

Selain itu, laptop tersebut juga dilengkapi dengan FPS lebih tinggi dan kinerja lebih cepat dengan hadirnya PCIe Gen ke 4.0 bandwidth.

Agar proses transfer data dapat dilakukan dalam waktu singkat, Acer menyematkan Thunderbolt 4.0 speed 40 GB/s pada laptop ini. Fitur tersebut juga mendukung connecting laptop ke dua monitor resolusi 4K berbeda.

Agar laptop dapat ngebut tanpa lag, hadir pula modul Intel® Killer™ WiFi 6/6E yang memungkinkan pengguna untuk bermain game dengan performa stabil. Sementara itu, kehadiran software Intel Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel Speed Optimizer dapat membantu overclocking laptop hanya dengan sekali klik.

Sebagai penyempurna, hadir pula teknologi 32EU/Xe Architecture dan Intel Turbo Boost yang memungkinkan laptop memiliki performa terbaik di kelasnya.

Itulah empat rekomendasi laptop gaming terbaik dan terbaru dari Acer yang dapat Anda jadikan referensi sebelum memilih untuk membeli.

Apabila dirangkum, Anda yang mencari laptop dengan performa terbaik dapat memilih Nitro 5 Intel® Core™ i9 Processor RTX 3060 dan Predator Helios 300 Intel® Core™ i9 Processor RTX 3070.

Jika harganya dirasa tidak mencukupi bujet, Nitro 5 Core Intel® Core™ i5 Processor RTX 3050 dan 3050Ti dapat jadi pilihan. Akan tetapi, apabila Anda mencari laptop multifungsi yang dapat digunakan oleh seorang kreator, Triton 500SE Intel® Core™ i7 Processor dan Predator Helios 300 Intel® Core™ i9 Processor RTX 3070 dapat Anda pertimbangkan.

Sebagai tambahan informasi, Anda dapat mengikuti program garansi atau layanan perlindungan premium, Acer Priority Care, saat membeli laptop gaming dari Acer.

Melalui program Acer Priority Care, gamer bisa mendapatkan kemudahan serta keamanan dan perlindungan produk dari kerusakan akibat kelalaian pengguna. Menariknya lagi, lini laptop gaming terbaik dari Acer, yakni Acer Nitro dan Predator, sudah otomatis bergabung dalam layanan ini, dengan catatan tertentu.

Program Acer Priority Care merupakan nilai tambah yang diberikan tanpa dikenakan biaya tambahan dan hanya dapat digunakan selama satu kali dalam satu tahun pertama. Layanan ini memiliki perlindungan maksimal. Pasalnya, biaya lainnya akan sepenuhnya ditanggung pihak Acer, mulai dari biaya jasa perbaikan hingga spare part atau suku cadang perangkat.

Acer Priority Care hanya berlaku pada produk yang dijual oleh distributor resmi Acer di Indonesia dan hanya bisa diklaim di service center resmi Acer di Indonesia.

Kunjungi https://www.acerid.com/acer-priority-care-dan-manfaatnya/ untuk mengetahui informasi detail dan syarat dan ketentuan lain.

Untuk informasi lebih lengkap dan detail terkait masing-masing produk, Anda dapat mengaksesnya melalui website resmi Acer Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com