Advertorial

Anti-ribet, Berikut Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM secara Online

Kompas.com - 30/05/2022, 15:12 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan daerah air minum (PDAM) merupakan salah satu unit usaha yang dimiliki oleh suatu daerah. Sesuai namanya, PDAM bergerak di bidang penyediaan air bersih hingga proses distribusi ke masyarakat umum untuk keperluan sehari-hari.

PDAM berbentuk badan usaha milik daerah (BUMD) dan beroperasi di daerah bersangkutan saja. Hampir semua kabupaten dan kota di Indonesia terdapat PDAM yang bisa diakses oleh masyarakat.

Sebagai sarana penyedia air bersih untuk masyarakat, PDAM diawasi oleh pihak eksekutif ataupun legislatif. Oleh karena itu, pembayaran dan cek tagihan PDAM tiap daerah bisa saja memiliki prosedur berbeda.

Cara berlangganan air PDAM

Anda yang baru pertama kali melakukan pemasangan air PDAM pasti agak bingung untuk mengurus permohonan pengajuannya. Supaya jelas, berikut prosedur pemasangan atau berlangganan air PDAM.

  1. Calon pelanggan bisa mendatangi kantor PDAM terdekat dengan membawa persyaratan dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak dua lembar.
  2. Selanjutnya, Anda akan mengisi formulir permohonan untuk menjadi pelanggan PDAM serta membayar biaya pendaftaran (bila ada).
  3. Petugas dari PDAM akan mendatangi rumah Anda untuk melakukan survei pemasangan.
  4. Jika perencanaan anggaran biaya pemasangan telah selesai, pihak PDAM akan memanggil Anda untuk menyetujuinya.
  5. Selanjutnya, petugas teknis PDAM akan datang ke lokasi Anda untuk melakukan pemasangan pipa air minum dalam kurun waktu kurang lebih 15 hari kerja setelah pembayaran pemasangan baru diselesaikan.
  6. Air PDAM akan langsung mengalir dan bisa Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Untuk diketahui, prosedur pemasangan atau pendaftaran bisa berbeda, tergantung kebijakan kantor PDAM setempat.

Cara cek tagihan PDAM secara online di Tokopedia

Sekarang, pengguna layanan PDAM tidak perlu keluar rumah bila hendak mengecek atau membayar tagihan. Pasalnya, pengecekan tagihan PDAM juga dapat dilakukan secara daring melalui smartphone atau laptop. Salah satunya melalui Tokopedia.

Lewat Tokopedia, Anda dapat mengecek tagihan PDAM sesuai kota atau kabupaten domisili. Supaya lebih jelas, berikut cara cek tagihan PDAM di Tokopedia.

  1. Masuk ke halaman Tokopedia tagihan PDAM.
  2. Masukkan nomor meter atau nomor pelanggan.
  3. Pilih nama kota atau kabupaten tempat Anda berlangganan air.
  4. Klik tombol “Beli/Bayar”. Jika nomor pelanggan yang Anda masukkan benar, rincian tagihan rekening air PDAM akan muncul secara lengkap.

Cara bayar tagihan PDAM secara Online di Tokopedia

Selain mengecek tagihan, Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan PDAM secara online di Tokopedia. Berikut caranya.

  1. Buka laman website Tokopedia Tagihan Air PDAM.
  2. Pilih wilayah tempat tinggal, lalu masukkan nomor tagihan pelanggan pada kolom yang sudah disediakan oleh Tokopedia.
  3. Klik tombol Beli/Bayar. Selanjutnya, akan muncul detail tagihan PDAM yang harus dibayar. Kemudian klik tombol Lanjut.
  4. Terakhir, pilih metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan, seperti e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, dan Klik BCA. Selain itu, Anda juga bisa bayar tagihan PDAM di Tokopedia melalui Alfamart dan Indomaret.

Itulah cara cek tagihan air PDAM yang bisa Anda lakukan secara online. Sekarang, Anda dapat melakukan pembayaran tagihan PDAM secara cepat dan mudah di Tokopedia. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot pergi ke kantor PDAM atau bank untuk membayar tagihan. Melalui Tokopedia, cek tagihan PDAM dan membayarnya dapat dilakukan melalui satu platform.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com