Advertorial

Bantu UKM Bangkit Setelah Pandemi, Ninja Xpress Hadirkan Kemudahan dan Ketepatan Pengiriman

Kompas.com - 30/05/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan jasa pengiriman last-mile, Ninja Xpress, berkomitmen untuk mendorong kesuksesan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) lokal.

Maka dari itu, Ninja Xpress siap mendengar dan memahami berbagai tantangan serta harapan dari pelaku UKM lokal. Utamanya, bagi mereka yang terkena imbas pandemi Covid-19.

Untuk membantu pelaku UKM, Ninja Xpress telah melakukan sejumlah upaya. Salah satunya, menghadirkan berbagai program yang siap mendukung perkembangan bisnis pelaku UKM.

Selain itu, terdapat berbagai upaya lain dari Ninja Xpress. Upaya tersebut dirangkum dalam laporan “Suara UKM Negeri 2020”.

Sebagai informasi, laporan tersebut merupakan hasil survei terhadap 400 UKM yang diselenggarakan Ninja Xpress dan Markplus.

Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, berdasarkan survei Suara UKM Negeri, Ninja Xpress berhasil menjawab kebutuhan UKM dengan memberikan bantuan permodalan, pemasaran, pengembangan sumber daya manusia (SDA), serta kemudahan dan ketepatan pengiriman paket.

“Berkaca pada laporan Suara UKM Negeri, 50 persen responden mengaku menghadapi kendala finansial, seperti keterbatasan modal untuk menjalankan usaha dan pemasaran digital,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Terkait masalah pemasaran tersebut, lanjut Andi, sebanyak 57 persen UKM mengharapkan bantuan untuk melakukan promosi iklan melalui Facebook atau Instagram.

Sementara itu, 56 persen menginginkan bantuan penggunaan influencer untuk mempromosikan produknya. Kemudian, 51 persen UKM mengharapkan bantuan berupa tambahan modal atau pinjaman modal usaha.

Setelah mempelajari hal tersebut, Ninja Xpress langsung menginisiasi kerja sama dengan beberapa penyedia jasa keuangan pada awal 2021.

Adapun pihak yang turut bekerja sama dengan Ninja Xpress adalah Jenius, Pinjam Modal, dan Modal Rakyat. Semua pihak tersebut berperan dalam memberikan fasilitas permodalan yang aman dan tepercaya untuk memudahkan pelaku UKM dalam mengatasi keterbatasan modal.

“Fasilitas permodalan dapat dimanfaatkan pelaku UKM melalui program loyalitas Ninja Rewards. Ninja Rewards merupakan komitmen Ninja Xpress sebagai bentuk kepedulian kepada para pelaku UKM atau shipper yang setia menggunakan layanan Ninja Xpress. Kami mewujudkannya dalam berbagai program penghargaan,” kata Andi.

Andi menambahkan, program penghargaan tersebut, seperti Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Akselerasi, dan Pinjaman Modal, diharapkan dapat membantu shipper untuk bangkit lebih cepat.

Kurir Ninja Xpress siap untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Dok. Ninja Xpress Kurir Ninja Xpress siap untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Selain itu, dalam memahami upaya para pelaku UKM untuk mengoptimalkan transaksi bisnis secara online, Ninja Xpress juga melakukan peningkatan layanan dan menghadirkan beragam pilihan dan inovasi produk kepada konsumen akhir (end-consumer).

Salah satunya dengan menghadirkan solusi Respon Cepat melalui peningkatan layanan Konsumen Bebas Drama (customer care).

Tak hanya itu, Ninja Xpress juga telah menghadirkan lebih banyak creative hub di berbagai kota.

Untuk diketahui, creative hub adalah bagian dari creative business solutions berupa showroom untuk mendukung UKM dalam menghasilkan materi promosi produk yang menarik dan profesional.

Layanan tersebut, mulai dari pengambilan foto dan video produk, iklan di media sosial, kolaborasi bersama influencer, hingga manajemen konten media sosial yang disediakan secara gratis.

“Sebelumnya, perusahaan sudah membuka 10 creative hub, seperti di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Tasikmalaya, Garut, Kuningan, Malang, Pekalongan, dan Medan,” ucap Andi.

Lewat semua layanan tersebut, diharapkan semangat Ninja Xpress dapat membantu pelaku UKM untuk bangkit. Hal itu juga sesuai dengan semangat yang diusung perusahaan, yakni siap bantu sampai tujuan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com