Advertorial

Cuma Punya Bujet Rp 1 Juta-an buat Beli Ponsel? Berikut Rekomendasi Smartphone Keren untuk Main Game

Kompas.com - 31/05/2022, 09:14 WIB

KOMPAS.com – Di era serbadigital seperti saat ini, ponsel pintar atau smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi.

Hampir seluruh aktivitas harian pun dapat ditunjang oleh smartphone, mulai dari bekerja, mengabadikan momen, hingga bermain game.

Khusus untuk bermain game, pengguna smartphone membutuhkan perangkat dengan spesifikasi mumpuni. Dengan demikian, aktivitas bermain game bisa berjalan lancar tanpa lag.

Sejumlah orang menilai bahwa untuk mendapatkan smartphone tersebut, mereka perlu merogoh kocek lebih dalam.

Padahal, dengan bujet Rp 1 juta-an, kamu sudah bisa memiliki smartphone keren yang dapat mendukung aktivitas bermain game. Berikut rekomendasinya.

  1. Vivo Y12

Vivo Y12 memiliki RAM 3 gigabita (GB) dengan prosesor octa-core berkecepatan hingga 2 gigahertz (GHz). Dengan ruang penyimpanan internal sebesar 32 GB dan 64 GB, Vivo Y12 semakin memudahkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak aplikasi dan menjalankannya dengan lebih lancar.

Demi membantu pengguna menjalankan berbagai fitur dan aplikasi lebih mudah, Vivo juga menyematkan Funtouch OS 9 yang sudah disesuaikan dengan sistem operasi Android 9.0.

Seperti kebanyakan smartphone keluaran Vivo, Vivo Y12 memiliki AI Triple Camera yang dapat menghasilkan foto terbaik.

Kamera belakang ponsel itu terdiri dari 13 megapiksel (MP) main camera, 8 MP super wide-angle, dan 2 MP depth camera.

Vivo Y12 juga memiliki mode Ultra Game yang dirancang khusus untuk pencinta game. Ponsel ini juga punya fitur Competition Mode yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman bermain e-sport layaknya profesional. Smartphone ini juga menyediakan fitur Dual-Turbo untuk mendapatkan performa yang lebih cepat.

Pengguna tak perlu khawatir kehabisan baterai saat bermain game. Pasalnya, ponsel yang dibanderol dengan harga mulai Rp 1.619.000 ini memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dan menjadi yang terbesar di kelasnya. Smartphone ini juga dibekali dengan fitur penghemat daya.

  1. Vivo Y12s

Ponsel kedua adalah Vivo Y12s yang menawarkan Ultra All Screen Display 6,51 inci dengan rasio layar 20:9. Keunggulan ini diklaim dapat membuat pengalaman menonton video dan bermain game semakin maksimal. Selain itu, layar tersebut juga dapat membantu menyaring cahaya biru yang berbahaya bagi mata.

Vivo Y12s memiliki bodi berdesain ramping dengan ketebalan 8,4 milimeter (mm) sekalipun dibekali baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh.

Ponsel itu hadir dengan chip octa-core 2,3 Ghz dan RAM sebesar 3 GB dengan media internal 32 GB yang masih bisa diekspansi dengan kartu microSD hingga 256 GB.

Kemudian, ponsel tersebut juga dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP (f/2.2) dan kamera Super Bokeh 2 MP (f/2.4).

Sementara itu, kamera depan Vivo Y12s beresolusi 8 MP (f/1.8) dengan dukungan fitur AI Beauty. Kamera belakang dan depan Vivo Y12s sudah dilengkapi dengan modul LED flash.

Fitur lain yang juga disematkan Vivo pada seri itu adalah OS Android 10 dengan Funtouch OS 11, dukungan dual SIM, Ultra Game Mode, Multi-Turbo 3.0, WiFi 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS, dan audio jack 3.5mm.

Vivo Y12s yang tersedia dalam dua varian warna, yakni Phantom Black dan Glacier Blue, dibanderol dengan harga mulai Rp 1.750.000.

  1. Xiaomi Redmi 9C

Xiaomi Redmi 9C hadir dengan membawa fitur unggulan berupa baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas ini, Redmi 9C diklaim dapat bertahan 10 jam ketika digunakan untuk bermain game, 32 jam saat menelepon, dan 167 jam mendengarkan musik.

Untuk spesifikasi, Redmi 9C memiliki layar IPS seluas 6,53 inci yang sudah mendukung resolusi HD Plus. Pada bagian atasnya, terdapat lubang punch hole berbentuk seperti tetesan air tempat menampung kamera selfie 5 MP.

Sementara itu, pada punggung Redmi 9C terdapat tiga buah kamera yang tersusun di dalam sebuah modul berbentuk persegi, lengkap dengan LED flash. Ketiga kamera ini terdiri atas kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Di sektor jeroan, Redmi 9C dibekali dengan System-on-Chip (SoC) Helio G35. SoC ini juga didukung dengan teknologi HyperEngine terbaru yang disebut bisa memberikan pengalaman bermain game dengan lancar.

Redmi 9C tersedia dalam dua varian RAM dan storage, masing-masing 3 GB/32 GB serta 4 GB/64 GB. Jika dirasa kurang, pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan menggunakan slot microSD yang tersedia. Adapun slot microSD ini terpisah dari slot Dual SIM.

Fitur lain yang tersemat pada Redmi 9C adalah pemindai sidik jari konvensional di bagian punggung, sistem operasi Android 10, serta lapisan antarmuka MIUI 12 khas Xiaomi.

Di Indonesia, Redmi 9C tersedia dalam tiga varian warna, yakni Midnight Grey, Sunrise Orange, dan Twilight Blue. Harga Redmi 9C di Indonesia adalah Rp 1.399.000 untuk varian (3 GB/32 GB) dan Rp 1.599.000 (4 GB/64 GB).

Itulah tiga rekomendasi smartphone keren seharga Rp 1 juta-an yang bisa mendukung aktivitas bermain game. Ketiganya bisa didapatkan dengan mudah melalui marketplace, seperti Tokopedia.

Melalui marketplace tepercaya itu, kamu bisa membeli smartphone dari beragam merek, termasuk Vivo serta Xiaomi, dengan kualitas dan harga terbaik.

Yuk, segera cek aplikasi Tokopedia kamu dan temukan rekomendasi smartphone untuk menunjang aktivitas harianmu!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com