Advertorial

Laku Keras di Pasar Indonesia, Ini Kelebihan yang Bikin Smartphone Mid-Range Begitu Diminati

Kompas.com - 31/05/2022, 16:54 WIB

KOMPAS.com – Keberadaan ponsel pintar atau smartphone kian berperan penting dalam menunjang aktivitas banyak orang. Karena itu, berbagai jenis smartphone hadir di pasaran untuk melengkapi kebutuhan pengguna.

Untuk pasar Indonesia, smartphone mid-range banyak diminati oleh masyarakat. Berdasarkan data IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker 2021, ponsel pintar kelas menengah dan low end menguasai 75 persen pangsa pasar di Indonesia.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Setidaknya, ada tiga alasan ponsel kelas tersebut laku keras di pasar Indonesia.

  1. Aman di kantong

Smartphone mid-range memiliki harga antara Rp 2 hingga 5 juta. Harga ini tergolong aman bagi kantong mayoritas masyarakat Indonesia sehingga terjangkau.

  1. Tidak mubazir

Smartphone pada kelas flagship umumnya menghadirkan berbagai teknologi baru yang belum pernah ada.

Meski dianggap menakjubkan, fitur terbaru tersebut belum tentu dibutuhkan. Oleh karena itu, keberadaan teknologi tersebut bisa jadi mubazir bagi sebagian orang.

Sementara pada kelas mid-range, umumnya teknologi yang disematkan dianggap sudah sesuai kebutuhan.

Hal tersebut kerap jadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan membeli smartphone.

  1. Spesifikasi berkualitas

Sebagian besar smartphone mid-range sudah menggunakan hardware dan software berkualitas.

Bahkan, beberapa smartphone kelas tersebut memiliki kualitas yang berbeda tipis dengan smartphone flagship. Misalnya, pada prosesor yang disematkan.

Tidak sedikit produsen smartphone membenamkan prosesor gahar dengan tambahan memori internal berkapasitas besar pada lini produk mid-range.

Selain itu, ada pula yang menyematkan sertifikasi tahan air dan pemindai wajah.

Bodi perangkat ponsel mid-range juga tak kalah dengan flagship. Sebagian besar ponsel kelas ini sudah didesain dengan model terkini, seperti bezel tipis.

Hal tersebut dapat mendukung segala kegiatan berponsel penggunanya, mulai dari aktivitas multitasking, hiburan, hingga gaming.

Itulah tiga alasan ponsel mid-range sehingga begitu diminati pasar Indonesia. Bila kamu tengah mencari smartphone mid-range, tak ada salahnya melirik Samsung Galaxy M52 5G, Samsung Galaxy A32 5G, atau Oppo A74 5G.

Dari segala aspek, ketiga produk tersebut tidak perlu diragukan karena sejumlah reviewer gadget mengakui kemampuannya.

Samsung Galaxy M52 5G sendiri merupakan smartphone keluaran Oktober 2021 dengan dimensi fisik 164,2 x 76,4 x 7,4 milimeter (mm). Ponsel ini memiliki harga di kisaran Rp 3.5 jutaan

 Meski berbadan besar, bobotnya terbilang ringan ketimbang ponsel lain di kelasnya, yakni 173 gram.

Layar Samsung Galaxy M52 5G berukuran 6,7 inci, dilengkapi dengan AMOLED dan refresh rate 120 Hz.

Untuk dapur pacu, ponsel tersebut ditenagai chip Snapdragon 778 5G dengan arsitektur 6 nm dan dikombinasikan dengan random access memory (RAM) 8 gigabita (GB) serta memori penyimpanan 128 GB.

Sementara dari segi kamera, Galaxy M52 5G memiliki tiga kamera, yaitu kamera utama beresolusi 64 megapiksel (MP) (f/1.8, 26 mm) PDAF, kamera ultrawide 12 MP (f/2.2, 123 derajat), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Sementara itu, pada Samsung Galaxy A32 5Gsmartphone dengan harga Rp 3 jutaan ini hadir dengan spesifikasi lebih segar.

Dari aspek software Galaxy A33 5G lebih mumpuni lantaran ponsel ini ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 720 5G berkecepatan 2,0 GHz.

Untuk aspek kamera, Galaxy A32 5G memiliki konfigurasi 48 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP bagian belakang dan 13 MP pada bagian depan.

Terakhir, Oppo A74 5G hadir sebagai alternatif smartphone mid-range dengan harga sekitar Rp 3 jutaan. Meski terbilang lebih terjangkau, spesifikasi yang dibawa sudah mumpuni. 

Oppo A74 5G menjadi smartphone mid-range pertama di Indonesia yang didukung chipset kelas menengah Snapdragon 480 yang memiliki konektivitas 5G. Di sektor grafis, ponsel ini didukung GPU Adreno 619.

Pada kapasitas daya, Oppo membenamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh pada Oppo A74 5G. Kegiatan berponsel pun semakin nyaman karena didukung oleh teknologi pengisian daya cepat dan serangkaian konfigurasi penghemat daya.

Di bagian belakang Oppo A74 5G, terdapat susunan empat kamera. Masing-masing lensa beresolusi 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro), dan 2 MP (depth).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com