Advertorial

Program TASPEN EMAS – TAPERA Siap Bantu Aparatur Sipil Negara (ASN) Berinvestasi Logam Mulia Emas dan Pembiayaan Rumah

Kompas.com - 02/06/2022, 19:57 WIB

KOMPAS.com – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen berkomitmen menghadirkan berbagai inovasi program dan layanan. Salah satunya diwujudkan dengan menggandeng Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dan PT Gemilang Hartadinata Abadi.

Kerja sama itu diharapkan dapat membantu penyediaan rumah bagi dua juta aparatur sipil negara (ASN) di seluruh Indonesia dan memudahkan ASN dalam mendapatkan tabungan sejahtera kepemilikan emas dengan imbal hasil yang menguntungkan di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama TASPEN dalam acara Rakornas Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Tahun 2022 di hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Selasa (31/5/2022).

Untuk membantu menyejahterakan ASN, lanjut Kosasih, Taspen menghadirkan sejumlah program. Dua di antaranya adalah asuransi Taspen Life dan Bank Mandiri Taspen.

“Kami memulai sinergi program serta layanan dengan beberapa perusahaan, antara lain menghadirkan program perumahan untuk ASN bersama BP Tapera dan program investasi emas bersama PT Gemilang Hartadinata Abadi,” jelas Kosasih dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/6/2022)

Kosasih mengatakan, Taspen berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi para peserta melalui beragam program inovatif yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesejahteraan ASN, baik yang masih aktif bekerja maupun purnakarya.

Terkait kerja sama Taspen dan BP Tapera, Kosasih berharap, pihaknya dapat memudahkan ASN aktif dalam melakukan pembiayaan kredit rumah dengan tenor cicilan yang relatif panjang, bahkan hingga masa pensiun.

Pasalnya, tidak semua ASN yang memiliki tabungan perumahan memenuhi syarat untuk mendapatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

“Sementara itu, jika memilih rumah dengan harga yang lebih tinggi, biaya cicilan per bulan cenderung mahal,” ujar Kosasih. 

Oleh sebab itu, lanjut Kosasih, ASN bisa memilih Tapera yang commercially viable dan dapat diperpanjang hingga masa pensiun.

Sebagai ilustrasi, jika memulai kredit kepemilikan rumah menggunakan Tapera pada usia 25 tahun, ASN dapat mencicil hingga usia 65 tahun.

Untuk diketahui, proyek percontohan program kerja sama antara Taspen dan BP Tapera akan dilakukan di wilayah Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Program ini juga akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) setempat.

Dalam program tersebut, Pemerintah Kota Surakarta menyiapkan lahan seluas 5-10 hektare (ha). Sementara itu, Taspen akan memastikan kualitas bahan bangunan yang digunakan dalam proyek tersebut.

Dengan demikian, rumah yang dibangun menjadi layak huni, tahan lama, serta memiliki fasilitas pendukung dan infrastruktur, termasuk moda transportasi, yang memadai guna memudahkan mobilitas ASN dalam mengabdi kepada negara.

“Dengan permintaan rumah yang jelas, pembayaran yang mudah, penyediaan lahan oleh pemda, dan pembangunan oleh pengembang (developer) tepercaya, program tersebut diharapkan dapat berjalan secara optimal sehingga mempermudah kepemilikan rumah bagi ASN. Program ini juga diharapkan dapat berjalan di daerah lain dengan skala yang lebih besar,” jelas Kosasih.

Sementara itu, demi mempermudah kepemilikan logam mulia (LM), yakni emas bagi ASN. Taspen bekerja sama dengan PT Gemilang Hartadinata Abadi menghadirkan Tabungan Sejahtera Kepemilikan Emas (Taspen Emas).

Lewat program tersebut, ASN, baik aktif maupun purnakarya, dapat mencicil pembayaran kepemilikan emas melalui pemotongan gaji tiap bulan.

Adapun ASN bisa mendapatkan logam mulia itu dalam bentuk fisik. Hal ini diharapkan dapat membuat harga emas lebih kompetitif.

Terlebih, emas yang berasal dari holding PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) itu sudah tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA) dan berstandar PT Antam.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com